Thursday , October 22 2020

Pengen Dapat Teman Saat Solo Traveling? Ini Caranya

Bertemu orang-orang baru merupakan manfaat dari solo traveling itu sendiri. Nggak hanya bertemu, kamu juga bisa mendapat teman atau bahkan sahabat. Kamu pun jadi nggak kesepian di tempat yang antah berantah itu. Nah, buat kamu yang masih pemula dalam solo traveling, sebenarnya banyak tempat atau acara yang memungkinkan kamu untuk berinteraksi dengan orang baru. Mau tahu? Simak paparan berikut ini!

1. Gunakan transportasi publik

Ketika menunggu jadwal bus/kereta/pesawat, kamu akan bertemu dengan banyak orang. Tak jarang, mereka akan mengajakmu bicara. Kamu juga bisa beranikanlah diri untuk mengajak bicara terlebih dahulu. Pembicaraan awalnya hanya seputar tujuan dan alasan pergi ke tempat tersebut. Lama kelamaan obrolan berlanjut dengan saling sharing kehidupan masing-masing.

2. Sebaiknya menginap di hostel

Kalau kamu menginap di hotel, ada space-space untuk bersama. Di situlah orang-orang dalan satu hotel dapat berjumpa. Bisa di restoran ketika sarapan, fasilitas dapur bersama, atau di lobi hotel. Siapa tahu kalian sama-sama sedang solo traveling dan bisa join trip. Lebih mudah lagi jika menginap di hostel. Karena satu kamar berisi lebih dari satu orang dan orang-orang di dalamnya bisa tak terduga olehmu.

3. Ikut festival

Berwisata ke suatu tempat nggak melulu tentang tempat wisata, ada acara atau festival yang bisa jadi alternatif seru lainnya. Di setiap daerah atau negara pasti ada festival-festival tertentu yang diadakan di setiap musim. Festival ini ada banyak ragamnya, kamu bisa memilih yang diinginkan. Nggak hanya festival kebudayaan setempat, tapi juga ada festival seni ataupun musik. Nah, hadirilah acara-acara festival seperti ini. Sebelumnya, cek dulu jadwal dan bagaimana cara membeli tiket masuk di internet. Kalau untuk festival musik, kamu juga bisa beli dulu sebelum datang. Nggak hanya bisa menikmati festival yang asik ini, kamu juga bisa dapat teman di sana.

4. Tempat wisata

Pergi ke tempat wisata memang tujuan pokok ketika solo traveling. Tak jarang, kamu akan menemui wisatawan lainnya yang berkunjung ke tempat wisata yang dituju itu. Berinteraksilah dengan mereka, siapa tahu kalian memiliki kesamaan yang membuat nyaman untuk keep contact. Atau ternyata kalian berasal dari satu daerah yang sama. Pertemanan mungkin sekali terjadi. Bahkan beberapa ada yang ujungnya bersahabat dengan wisatawan yang ditemui di tempat wisata itu, lho.

5. Jadi volunteer

Jalan-jalan ke luar daerah atau luar negeri nggak hanya dengan menikmati tempat wisata saja. Kamu bisa berbagi dengan penduduk lokal di sana dengan mengikuti voluntourism. Voluntourism sendiri adalah gabungan dari wisata dengan menjadi relawan. Selain berwisata, peserta akan diajak untuk membantu warga sekitar. Nggak hanya bisa berteman dengan sesama relawan, kamu juga bisa bersahabat dengan warga lokal.

6. Ambil kelas

Di hotel tempatmu menginap biasanya disediakan kelas-kelas yang bisa diambil siapa saja. Seperti misalnya di Bali, di beberapa hotel disajikan kelas melukis, membuat kerajinan khas daerah sampai kelas menari. Kamu bisa mendapat teman baru dari para wisatawan yang juga mengikuti kelas ini dan bahkan guru atau instruktur yang mengajar.

7. Pergi ke local market

Jangan lewatkan datang ke pasar lokal jika kamu ingin lebih banyak mengenal warga setempat. Apalagi kalau tempat wisata tujuanmu itu orang-orangnya terkenal ramah. Selagi berbelanja atau menikmati makanan, kamu bisa berinteraksi dengan mereka dan mengenal kultur dari daerah atau negara tersebut. Bila rentang waktu solo travelingmu lumayan lama, berteman dengan penduduk lokal di pasar sangat memungkinkan.

 

Itulah tadi tujuh cara mendapat teman di daerah yang menjadi destinasi. Solo traveling memang berwisata seorang diri, namun jangan lewatkan untuk berteman agar memiliki pemikiran yang lebih luas. Happy traveling!

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *