6 Cara Benar Mencuci Kaos Kaki Agar Tidak Melar

Mengapa setelah mencuci dan beberapa kali pemakaian kaos kaki berubah menjadi melar? Hal ini tentu akan membuat Anda semakin boros karena harus membeli kaos kaki yang baru menggantikan kaos kaki yang lama.

Tapi tenang, kini Anda tidak perlu boros lagi. Jika Anda sudah tahu 6 cara benar mencuci kaos kaki agar tidak melar, tentu Anda akan bisa lebih menghemat uang dan tetap bisa memakai kaos kaki kesayangan Anda untuk waktu yang lama. Yuk simak di bawah ini.

1. Rendam Kaos Kaki dengan Air Bersih

merendam kaos kaki dengan air
merendam kaos kaki (shinyhappyworld.com)

Sebelum mencuci kaos kaki, sebaiknya Anda rendam dahulu agar kotoran bisa terangkat dan memudahkan Anda dalam membersihkannya.

Terkadang orang merendam kaos kaki dengan air yang dicampur detergen, ini salah! Justru detergen akan membuat kaus kaki Anda melar karena kandungan detergent yang sifatnya panas.

Selain itu, usahakan merendam kaos kaki dengan air biasa karena air biasa akan mempertahankan tekstur dan ukurannya. Jangan gunakan air panas maupun hangat karena suhu yang panas akan membuat kaos kaki Anda cepat melar (molor).

Namun, jika ada kotoran yang membandel, terpaksa Anda harus merendam kaos kaki tersebut dengan menggunakan air hangat sampai kotoran terangkat.

2. Gunakan Sabun Batang

Umumnya orang akan menggunakan detergen atau sabun bubuk untuk mencuci kaos kaki. Tapi, ternyata cara itu adalah sebuah kesalahan.

Sebaiknya mencuci kaos kaki dengan sabun batang yang biasa Anda gunakan untuk mandi. Cukup menggosok kaos kaki dengan sabun batangan tersebut ke bagian yang kotor, kemudian kucek hingga terlihat lebih bersih lalu bilas dengan air yang mengalir.

3. Cuci Menggunakan Tangan

mengucek kaos kaki dengan tangan kita
kucek kaos kaki dengan tangan (videoblocks.com)

Sebaiknya dalam mencuci kaos kaki, lebih baik menggunakan tangan. Kenapa? Karena dengan mencuci menggunakan tangan, Anda bisa menentukan sendiri kekuatan dalam mengucek kaos kaki. Ini akan meminimalisir risiko kaos kaki menjadi melar.

Usahakan terus mengucek jangan menggunakan sikat untuk bahan kaos kaki yang lembut. Ini bisa merusak tekstur kaus kaki Anda.

Selain itu, jangan mencuci menggunakan mesin cuci karena akan menyebabkan kaos kaki saling terbelit dan tertarik. Ini membuat kaos kaki Anda lebih cepat melar.

4. Jangan Terpapar Sinar Matahari Secara Langsung

Proses menjemur juga mempengaruhi tekstur kaos kaki. Sebaiknya jangan menjemur kaos kaki di bawah sinar matahari secara langsung. Ini akan membuat kaos kaki Anda lebih cepat melar.

Ingatlah untuk selalu membalik kaos kaki di saat menjemur. Yaitu posisi luar di dalam, dan bagian dalam di luar. Hal ini juga akan membuat warna kaos kaki Anda tidak mudah pudar.

5. Jangan Pakai Setrika

Agar kaos kaki Anda tidak cepat melar, sebaiknya jangan sekali kali mengeringkan atau merapikan kaos kaki dengan setrika. Kaos kaki sangat sensitif terhadap suhu yang panas.

Itulah mengapa saat Anda menyetrika kaus kaki, tak lama setelah itu kaos kaki Anda pasti akan lebih cepat molor.

6. Kaos Kaki Jangan Digulung

jangan menggulung kaos kaki
menggulung kaos kaki

Setelah kering, terkadang kita menggulung kaos kaki lalu memasukkan nya ke dalam lemari. Cara itu terbukti kurang benar, karena kaoskaki yang digulung akan merusak karet yang ada di pergelangan kaki.

Jadi sebaiknya setelah mengambil dari jemuran, kauskaki segera Anda lipat dengan rapi lalu masukkan ke dalam lemari.

Itulah 6 cara benar mencuci kaos kaki agar tidak melar yang bisa Anda terapkan di rumah. Mudah sekali bukan? Jangan terpancing untuk menggunakan mesin cuci jika Anda hanya mencuci sepasang kaos kaki kesayangan. Pantau artikel selanjutnya ya.

Penulis: Megsaroh

Artikel Terkait:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *