Saturday , October 24 2020

Cara Benar Membuat Anak Cerdas dan Pintar

Tips Mendidik Anak Anda Supaya Cerdas dan Pintar

 

Bagaimana caranya ?

Simak tips kecil berikut ini :

Pola Makan

 

Ibarat sebuah Komputer yang membutuhkan sumber energi untuk dapat bekerja secara maksimal, Otak anak anak juga membutuhkan asupan makanan yang cukup agar otak dapat bekerja secara maksimal. Makanan seperti Ikan, Telur, Brokoli dll sangat baik bagi perkembangan otak anak agar menjadi cerdas dan pintar.

Jaga Kesehatan

Apa yang bisa dilakukan oleh anak yang sedang sakit ?

Anak Anda akan malas untuk beraktivitas dan tentu saja banyak hal hal baru yang seharusnya bisa dipelajari anak anak akan tertunda.

Harus seimbang antara waktu bermain dan istirahat, kebersihan tubuh anak dan makanan.

Ajari Tanggung Jawab

Tanggung jawab bukan hanya tugas orang dewasa. Anak Anda juga perlu sejak dini untuk diajari bagaimana cara untuk bertanggung jawab karena kelak anak anda juga akan tumbuh menjadi orang dewasa.

Contoh kecil yang mungkin bisa anda terapkan adalah mendidik anak untuk mengembalikan mainan anak pada tempatnya setelah anak selesai bermain.

Orang yang bertanggung jawab selalu akan belajar bagaimana caranya agar menyelesaikan pekerjaannya dengan benar dan terencana.

Beri Contoh

Anak kecil mudah meniru apa yang dilakukan oleh orang lain yang dilihat dan didengarkannya. Jika Anda selaku orang tua anak memberikan contoh yang cerdas dan pintar maka Anak Anda juga akan meniru cara cara Anda untuk menjadi cerdas dan pintar.

Jika Anda sering membaca, menulis, bercerita dll  maka Anak Anda juga akan meniru kebiasaan Anda sebagai orang terdekatnya.

Beri contoh bahwa Anda adalah seorang yang aktif, tidak malas dan tidak pernah menunda nunda pekerjaan.

Banyak memberi contoh Anak terhadap hal hal yang positif, akan membuat Anak Anda kelak menjadi orang yang cerdas dan pintar.

Kesabaran

 

Mendidik anak dengan kesabaran merupakan hal yang cukup sulit oleh kebanyakan Orang Tua. Karena memang masa kanak kanak adalah masa dimana seseorang akan lebih banyak bermain untuk kesenangan mereka sendiri.

Namun kesabaran harus terus anda pupuk sedikit demi sedikit agar anak anda kelak menjadi orang yang cerdas dan pintar dengan jalur yang benar. Banyak orang yang telah tumbuh dewasa tidak lantas menajadikan mereka cerdas dan pintar karena tidak memiliki kesabaran.

Anak yang demikian di masa depan hanya akan menjadi orang yang suka mencari jalan pintas tanpa mau banyak belajar. Dan akhirnya mereka akan berjalan mundur, mereka akan belajar lagi hal hal lama yang seharusnya sudah mereka kuasai.

Kejujuran

Banyak orang pintar tapi tidak cerdas, dan akhirnya hidupnya berakhir di penjara seperti kebanyakan para Koruptor. Mereka mungkin tidak diajarkan kejujuran sejak dini. mereka pintar berbohong, pintar mencuri, pintar mengelabui orang lain dengan ketidak jujuran tapi mereka tidak cerdas dan akhirnya hanya akan membawa masa depan mereka ke jalur yang tidak semestinya.

Tanamkanlah Kejujuran kepada anak Anda sejak dini karena hal itu akan membuat anak Anda pintar dan cerdas di masa depan.

Keberanian / Percaya Diri

 

Ciri ciri anak yang cerdas dan pintar adalah anak yang selalu ingin tampil menjadi yang terdepan. Anak yang mempunyai keberanian dan kepercayaan diri yang tinggi akan selalu berusaha mempelajari hal hal yang baru yang belum diketahuinya agar tidak ketinggalan informasi dari teman temannya.

Memasukkan anak ke sekolah PAUD merupakan salah satu jalan meningkatkan kepercayaan diri dan keberanian anak. Para Guru sekolah PAUD memang mempersiapkan diri dengan bekal yang dibutuhkan oleh anak anak didiknya. Melatih anak anak agar berani tampil percaya diri dengan metode yang menyenangkan tanpa meninggalkan kebiasaan anak anak usia dini yang masih suka bermain dan bersenang senang.

Rasional

Jika anak Anda bertanya mengapa harus mencuci tangan sebelum makan ? Seharusnya beri jawaban yang masuk akal.

contoh : karena tangan kamu nak habis kamu gunakan bermain dan hal itu berarti akan banyak kuman yang menempel pada tangan kamu, dengan mencuci tangan sebelum kamu makan maka akan membersihkan kuman kuman yang menempel pada tangan kamu sehingga akan menghindarkan kamu dari penyakit yang mungkin terbawa dari makanan kamu.

Hal tersebut akan membuat anak Anda bisa berpikir dengan positif dan mudah dimengerti daripada jika anda memberikan jawaban yang irasional semisal, biar makananmu tidak dimakan sama Hantu dll yang justru membuat pola pikir anak anda tidak akan menemukan jawaban yang sebenarnya.

Pergaulan

 

Terlalu membatasi pergaulan anak bukan pilihan yang bagus, namun membiarkan anak bergaul dengan orang yang tidak tepat justru lebih tidak bagus lagi.

Coba bayangkan bila anak anda bergaul dengan orang yang pemalas, pencuri, suka mabuk mabukan dll.

Arahkanlah anak anda supaya bergaul dengan orang yang tepat agar kebiasaan anak anda sehari hari selalu berhubungan dengan hal hal yang positif yang dapat membuat anak Anda semakin Cerdas dan semakin Pintar.

About Bas