Sunday , October 25 2020

Cara Anak yang Sudah Menikah Membahagiakan Orang Tua

Membahagiakan orang tua merupakan kewajiban dan sekaligus cita-cita setiap anak. Orang tua telah sekian lama berjuang dari saat kita lahir hingga saat kita dewasa. Jasa orang tua dalam membesarkan, mendidik, dan mengantarkan kita menjadi orang sukses merupakan jasa tak akan dapat tertebus oleh apa pun. Oleh karena itu, kita wajib berbakti dan membahagiakan orang tua kita.

Lalu jika kita sudah menikah, bagaimanakah cara terbaik untuk membahagiakan mereka? Berikut cara anak yang sudah menikah membahagiakan orang tua:

1. Sering Berkunjung

Terkadang kesibukan bekerja dan mengurus rumah tangga dapat menyebabkan orang tua terkesampingkan. Cobalah untuk mengingat jasa besar orang tua kepada kita. Kunjungi mereka, karena sejatinya kebahagiaan terbesar orang tua adalah saat dikunjungi oleh anak dan cucunya.

2. Bicara dengan Sopan

Berbicara dengan sopan kepada orang tua merupakan salah satu cara untuk membahagiakan mereka. Seandainya orang tua melakukan hal yang salah, jangan langsung membantah. Sampaikan pendapat secara santun agar tidak menyinggung perasaan mereka.

3. Hargai Prinsip Orang Tua

Setiap orang tua tentu memiliki prinsip hidup masing-masing.  Terkadang prinsip hidup orang tua berbeda dan tidak sejalan dengan prinsip hidup anaknya yang tumbuh dan berkembang di era yang berbeda. Jika Anda tidak setuju dengan prinsip orang tua, jangan membantah, diam dan hargai prinsip mereka.

4. Lakukan Kegiatan yang Meringankan Orang Tua

Saat berkunjung ke rumah orang tua, lakukan hal-hal yang dapat meringankan mereka. Anda bisa membantu menguras kamar mandi, menyiram bunga, atau memasak untuk mereka. Melihat anak-anaknya yang telah dewasa melakukan hal-hal seperti ini dapat membuat orang tua bahagia.

5. Berterima kasih

Berterima kasihlah kepada orang tua. Kelihatannya sepele, tetapi hal ini dapat membahagiakan orang tua. Anda bisa mengucapkan terima kasih saat mereka berulang tahun atau di hari-hari istimewa lainnya. Apalagi jika ditambah dengan Kado sebagai bentuk ucapan terima kasih.

6. Dengarkan Mereka

Orang tua biasanya suka sekali menceritakan tentang kejayaan mereka di kala muda atau kisah mereka bersama kawan-kawannya. Dengarkan cerita mereka dengan saksama. Nikmatilah. Seandainya mereka mengulang cerita yang sama, biarkan dan dengarkan. Menyela atau menghentikan cerita dapat melukai perasaan mereka.

7. Berikan Hadiah

Anda dapat memberikan hadiah untuk sedikit membalas jasa orang tua dan membahagiakan mereka. Hadiah ini dapat berupa bingkisan makanan saat Anda berkunjung ke rumah orang tua, kado saat mereka berulang tahun, atau bingkisan Parsel saat hari raya. Bingkisan seperti ini terbukti membuat orang tua bahagia karena merasa diperhatikan dan disayangi oleh anaknya.

8. Ajak Liburan

Mengajak berlibur merupakan cara lain untuk membahagiakan orang tua. Pilih tujuan wisata yang sekiranya mudah dijangkau oleh orang tua. Pilih objek wisata yang tidak terlalu melelahkan bagi orang tua. Ingat tujuan utama mengajak mereka berlibur adalah untuk membahagiakan mereka, bukan untuk membuat mereka lelah yang dapat berujung pada kondisi sakit.

9. Hubungi Mereka Setiap Hari

Hubungi orang tua setiap hari. Anda bisa berkirim SMS, bertelepon atau video call untuk menanyakan kabar mereka. Orang tua tentu sangat bangga dan merasa diperhatikan.

10. Jangan Pernah Berbohong pada Orang Tua

Seandainya Anda mengalami kesulitan, jangan pernah berbohong pada orang tua. Kebohongan yang dilakukan oleh anak dapat membuat mereka sakit hati jika mengetahuinya. Sebaiknya katakan dengan jujur tentang apa pun kepada orang tua.

Demikian beberapa cara agar anak yang sudah menikah membahagiakan orang tua. Semoga bermanfaat dan selamat membahagiakan orang tua.

About Bas