Friday , October 23 2020

Cara Aman Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Bahan Alami

Ramuan Alami Penghilang Flek Hitam Bekas Jerawat

 

Munculnya jerawat di wajah adalah kondisi yang cukup mengerikan bagi wanita. Bukan sekedar harus menyingkirkan jerawat tersebut, namun Anda juga harus mengkhawatirkan tentang bekasnya. Terkadang jerawat yang mengering tidak benar-benar sembuh total. Melainkan menyisakan jaringan parut pada permukaan kulit.

Kondisi ini tentu bikin gak percaya diri. Pasalnya tekstur wajah jadi tidak rata, berlubang dan disertai warna merah kehitaman.

Lalu adakah tips untuk mengatasinya? Of course. Don’t be sad girls, kamu bisa mencoba beberapa bahan alami di bawah ini untuk menghilangkan bekas jerawat. Dijamin aman dan gak nimbulin efek samping loh.

1. Oleskan Lidah Buaya Setiap Hari

Tips pertama untuk menghilangkan bekas jerawat secara efektif adalah menggunakan lidah buaya. Kenapa harus lidah buaya? Karena lidah buaya ini kaya nutrisi, gengs. Di dalamnya terkandung vitamin A, niacin, thiamin, riboflavin, dan vitamin C yang bagus untuk mengatasi jerawat serta agar kulit lebih sehat.

Kamu bisa ambil daun lidah buaya di taman rumah kamu atau boleh minta tetangga. Jika memang tidak ada, kamu bisa membeli produk berbasis lidah buaya. Pilih yang kemurniannya tinggi, misalnya saja The Saem 99% Jeju Fresh Aloe Vera Shooting Gel.

 2. Bikin Ramuan Baking Soda dan Minyak Zaitun

Cara kedua untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan membuat ramuan baking soda dan minyak zaitun. Baking soda memiliki kandungan utama natrium bikarbonat yang dapat memudarkan flek hitam dan bekas jerawat, serta mengangkat sel-sel kulit mati. Sedangkan minyak zaitun kaya antioksidan. Fungsinya untuk memperbaiki kerusakan tekstur kulit dan melembabkan.

Untuk membuat ramuan ini, caranya kamu campurkan 1-2 sdm baking soda dalam seperempat cangkir air. Aduk-aduk rata, lalu tambahkan 2 sdt minyak zaitun. Aduk kembali. Kemudian oleskan pada bekas jerawat di wajah. Tunggu kira-kira 20 menit. Terakhir cuci bersih wajah dengan air.

3. Coba Ramuan Lemon dan Madu

Lemon kaya vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan sekaligus antibakteri, sehingga mampu mengatasi jerawat dan juga mencerahkan. Begitupun dengan madu yang berperan sebagai antiseptik. Kedua bahan ini benar-benar ampuh menuntaskan masalah jerawat, flek hitam dan warna kulit yang tidak merata.

Untuk cara membuatnya, kamu campurkan 2 sdt air perasan lemon dengan 1 sdm madu. Lalu aduk sampai merata. Setelah itu, oleskan pada bagian wajah yang ada bekas jerawatnya, Diamkan sampai mengering. Kemudian bilas dengan air dingin sampai bersih.

4. Kunyit Juga Bisa Menyamarkan Bekas Jerawat

Kalau menurut kamu bahan-bahan diatas terlalu ribet dan kamu gak punya persediaannya di rumah, alternatif lain kamu bisa mencoba kunyit. Pastinya kamu simpan kunyit di dapur, kan? Soalnya rempah ini emang sering banget digunain sebagai penyedap makanan. Jadi mencarinya pun juga gak sulit.

Nah, kunyit ini mengandung zat kurkumin yang berperan sebagai anti bakteri kuat. Dengan mengoleskan bubuk kunyit pada bekas jerawat secara rutin, maka perlahan kulitmu pasti bakal normal kembali. Kunyit juga memiliki khasiat sampingan sebagai pencerah kulit.

5. Putih Telur

Putih telur adalah makanan sumber protein yang dapat meningkatkan energi tubuh dan menjaga kesehatan. Dalam putih telur juga terkandung zat albumin yang bisa memperbaiki kerusakan pada jaringan kulit.

Kamu bisa mengoleskan putih telur pada bekas jerawat secara rutin. Atau cara lain, konsumsi putih telur secara langsung. Kamu boleh mengkonsumsinya hingga 2-3 butir sehari. Namun sebaiknya sisihkan bagian kuningnya ya, sebab kuning telur mengandung tinggi kolesterol. Jadi tidak baik dikonsumsi berlebihan.

Demikianlah beberapa tips menghilangkan flek hitam bekas jerawat secara efektif dengan bahan alami. Untuk hasil optimal, lakukan perawatan-perawatan sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.  Dan apabila kulit kamu menunjukkan alergi pada bahan tertentu maka jangan diteruskan pemakaiannya ya. Semoga bermanfaat.

About Bas