Saturday , October 24 2020

Bursa Efek Somalia (Somalia Stock Exchange)

Bursa Efek Somalia

Bursa Efek Somalia didirikan pada tahun 2012 oleh diplomat Somalia Idd Mohamed, Duta Besar yang luar biasa dan wakil tetap perwakilan untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa. Ini didirikan untuk menarik investasi dari kedua perusahaan milik Somalia dan perusahaan global untuk mempercepat proses rekonstruksi pasca konflik yang sedang berlangsung di Somalia.

Pada bulan Agustus 2012, SSE (Somalia Stock Exchange) menandatangani Memorandum of Understanding dengan Nairobi Securities Exchange (NSE) untuk membantu pengembangan teknis. Kesepakatan tersebut mencakup identifikasi keahlian dan dukungan yang sesuai. Obligasi sukuk yang sesuai dengan syariah dan ekuitas halal juga dibayangkan sebagai bagian dari kesepakatan tersebut karena pasar saham baru Somalia berkembang.

Pada November 2014, Somalia Stock Exchange telah mendirikan kantor administrasi di Mogadishu, Kismayo, dan pusat-pusat perkotaan lainnya di Somalia. Ini juga mengelola sebuah biro di luar negeri di Nairobi, di mana pialang saham dan staf Somalia yang kompeten dilatih.

Menurut Ketua SSE Mohamed, bursa tersebut dijadwalkan dibuka secara resmi pada tahun 2015. Awalnya, tujuh perusahaan milik pemerintah Somalia dari sektor jasa keuangan, telekomunikasi dan transportasi diperkirakan akan mencatatkan saham mereka di sana untuk investasi global prospektif.

Sumber: wikipedia

About Bas