Sebenarnya, menjaga kebersihan dari ibu hamil sendiri bukan suatu hal yang sulit untuk dilakukan. Namun, banyak hal praktis yang biasanya dilupakan oleh ibu hamil yang sebenarnya malah bisa menjadi masalah untuk kesehatan janin ketika diabaikan.

Ada begitu banyak faktor yang bisa saja menyebabkan kekhawatiran yang dimulai dari takut keguguran, takut ketika akan melahirkan, sampai khawatir pada masa depan sang bayi dan juga beberapa ketakutan lainnya yang bisa saja terjadi.

Menjadi kewajaran memang jika kekhawatiran tersebut akan sangat banyak menyelimuti banyak perempuan yang masih sering dirundung keraguan mengenai kehamilannya.

Seorang ibu hamil juga harus tetap menjaga kebersihannya. Berikut ada 10 cara sederhana yang bisa digunakan untuk memastikan kebersihan selama kehamilan berlangsung:

1. Menjaga Kebersihan Pada Daerah Kepala dan Juga Wajah

Sering kali ibu hamil bertanya perihal mengecat rambut apakah boleh dilakukan ketika sedang hamil. Jawabannya adalah sebaiknya untuk menundanya terlebih dahulu.

Ini dikarenakan obat yang digunakan untuk mengecat dan juga untuk mengeriting rambut mempunyai sifat zat toksik (beracun).

Tetapi ada juga berbagai keluhan ketika rambut rontok dan juga tumbuhnya rambut halus yang berada disekitar pelipis yang menjadi sebuah masalah bagi ibu hamil.

Untuk kebersihan rambut dan juga kepala dapat dilakukan dengan keramas yang dilakukan secara teratur. Selain itu, ibu hamil juga dapat melakukan beberapa pijatan yang ringan pada wajah dan juga kepala untuk relaksasi.

2. Hirup Udara yang Bersih

Peringatan untuk ibu hamil sebaiknya memang pintar dalam memilih tempat untuk sekedar jalan pagi. Sehingga sebaiknya tidak boleh terlalu lama membiarkan hidup menghirup polusi yang ada di pinggir jalan apalagi ketika sedang padatnya kendaraan.

Ketika dilakukan pembersihan rumah juga sebaiknya menghindari berbagai penggunaan bahan yang mengandung zat aerosol, formalin, racun serangga dan juga kamfer yang berupa semprot maupun bakar.

3. Kesehatan Mulut

Kesehatan mulut ini sangat penting untuk ibu hamil apalagi pada kebersihan gusi dan juga gigi. Ketika hamil memang sering kali timbul berbagai gangguan pada gusi dan juga gigi.

Karena adanya hormon kehamilan yang menyebabkan gusi menjadi lebih lunak dan sangat mudah berdarah.

4. Kebersihan Tubuh dan Juga Payudara

Sebenarnya, menjaga kebersihan tubuh dan juga payudara menjadi sangat penting.

Tetapi khusus untuk Ibu hamil yang mempunyai riwayat keguguran yang berulang sebaiknya memang mengurangi stimulasi menarik-narik puting payudara ketika hamil muda, hal ini berdampak pada hormon oksitosin yang bisa dirangsang dan juga dapat menyebabkan kontraksi pada rahim.

Sebisa mungkin untuk tetap memperhatikan kebersihan payudara dan juga tubuh dengan cara mandi secara teratur tiga kali sehari.

5. Kebersihan Tangan

Ibu hamil juga harus menjaga kebersihan tangan dan juga kuku. Setiap selesai melakukan pekerjaan atau sebelum makan dianjurkan untuk selalu mencuci tangan.

Ketika mempunyai hobi menanam bunga sebaiknya tetap menggunakan sarung agar tidak mudah terkontaminasi dengan adanya pupuk maupun kotoran hewan.

6. Selalu Perhatikan Daerah Perut

Jika semakin hari perut semakin membesar ini berarti merupakan sebuah pertanda yang bagus karena janin dalam perut berhasil tumbuh dengan sempurna.

Oleh karena itu harus menyiapkan baju khusus hamil, dan sudah mulai menghindari penggunaan pakaian yang ketat. Tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak baju hamil yang modis, nyaman dan juga tidak menekan perut.

7. Kebersihan Pada Daerah Alat Kelamin

Selama keadaan hamil memang harus berhati-hati apalagi untuk menjaga kebersihan pada alat kelamin. Tentu saja berbagai kuman bisa masuk melalui alat kelamin yang sudah terinfeksi.

Oleh karena itu biasakan untuk selalu membersihkan pada daerah alat kelamin dengan baik dan benar. Selalu cebok dengan menggunakan air yang bersih dengan cara dari arah depan alat kelamin kemudian ke bagian belakang daerah dubur.

8. Rutin Melakukan Latihan Fisik dan Juga Olahraga

Apabila tidak mendapatkan larangan dari dokter atau bidan yang menangani untuk melakukan senam hamil, sangat penting untuk melakukan senam hamil.

Hal ini bertujuan untuk memperkuat otot dasar panggul, dan juga meningkatkan daya tahan tubuh, memperlancar peredaran darah dan juga untuk melatih pernafasan.

Tetapi jika mendapatkan larangan untuk tidak melakukan senam hamil bisa juga menggantinya dengan melakukan latihan jalan kaki setiap hari selama tiga puluh menit.

9. Berikan Perhatian Khusus Pada Daerah Kaki

Sebisa mungkin untuk menghindari penggunaan sepatu yang mempunyai tumit yang tinggi. Karena sebaiknya ibu hamil memang disarankan menggunakan sepatu yang tidak bertumit tinggi sehingga nantinya tidak akan terjadi pembendungan pembuluh darah yang ada di daerah kaki.

Namun, ketika ada tuntutan pekerjaan yang mengharuskan menggunakan sepatu dengan tumit yang tinggi maka harus berhati-hati karena jika sampai jatuh akan sangat berakibat fatal

10. Lakukan Relaksasi

Ibu hamil memang sering kali mengeluarkan energi yang ekstra yang digunakan untuk proses metabolisme pada tubuh. Oleh sebab itu, secara alami tubuh nantinya akan mengadakan pergantian sel tubuh yang sudah rusak.

Regenerasi sel baru akan berlangsung ketika tubuh dalam keadaan rileks dan juga tidur. Waktu yang baik untuk istirahat memang pada siang hari cukup dengan satu atau dua jam saja sedangkan untuk malam hari sekitar enam hingga tujuh jam lamanya.

Demikian beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memastikan kebersihan ketika hamil. Apalagi ibu hamil memang sangat rentan, sehingga harus dijaga dengan baik.

Sehingga tidak boleh malam untuk membersihkan diri ketika hamil, karena apapun yang dilakukan akan sangat berdampak pada janin yang sedang dikandung.