Saturday , October 24 2020

Bisnis Sampingan Apa yang Cocok untuk PNS?

PNS Berbisnis?

 

Tak bisa dimungkiri bahwa PNS (Pegawai Negeri Sipil) adalah profesi paling diminati oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Gaji tetap, tunjungan, dan dana pensiun menjadi daya tawar yang sangat memikat dari profesi abdi negara ini. Hanya saja, jika dilihat dari kacamata ekonomi, profesi ini hanya menjanjikan kemapanan yang stagnan. Dalam artian, profesi ini hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, tidak bisa mencapai sebuah kebebasan finansial.

Karenanya, banyak PNS yang memilih untuk memiliki usaha sampingan demi mewujudkan kemapanan ekonomi di masa depan—tentunya tanpa mengabaikan tugas utama melayani kepentingan rakyat. Bahkan, saking banyaknya PNS yang juga berbisnis, hal ini pun diatur secara khusus dalam Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 1974 tentang pedoman pegawai negeri sipil (PNS) yang berbisnis.

Nah, bagi Anda para PNS yang juga tertarik untuk menekuni bisnis, tentunya harus memilih bisnis yang tepat agar tidak mengganggu pekerjaan utama. Berikut beberapa ide bisnis sampingan yang cocok untuk PNS.

Usaha Sampingan di Bidang Niaga/Perdagangan

Di bidang perdagangan, ada beberapa pilihan jenis usaha yang direkomendasikan, di antaranya:

  • Berdagang Busana

Salah satu usaha perdagangan yang tidak pernah sepi adalah usaha di bidang sandang/pakaian. Bahkan, usaha ini bisa jadi sangat menguntungkan di musim-musim tertentu, seperti musim lebaran, kenaikan kelas, dan lainnya. Anda bisa fokus pada satu jenis pakaian tertentu, misalnya pakaian anak, pakaian orang dewasa, busana muslim, kaos distro, atau yang lainnya.

Adapun pengelolaannya cukup fleksibel. Anda bisa membuka toko di rumah, di ruko, atau di pusat perbelanjaan, dengan jam buka yang disesuaikan dengan kesibukan Anda. Atau, Anda bisa merekrut karyawan untuk menjaga toko selama bekerja di kantor.  Alternatif lainnya, Anda juga bisa menjualnya secara online.

  • Toko Kebutuhan Sehari-hari

Anda bisa membuka usaha toko sederhana di rumah, yang menjual kebutuhan sehari-hari termasuk pulsa dan token listrik. Anda pun bisa menjadi agen dari penjualan LPG 3kg, galon air minum, tiket pesawat dan kereta api, produk fashion dan kecantikan, atau yang lainnya.

Jika Anda berniat untuk menekuni bisnis dagang yang lebih besar, cobalah untuk membuka usaha franchise minimarket seperti Indomaret, Alfamart, Yomart, Circle K, atau sejenisnya. Tentunya, bisnis seperti ini, segala bentuk pengelolaan sudah di-setting oleh manajemen pusat. Anda hanya perlu mengawasi dan mendapatkan keuntungan di setiap bulannya.

Untuk urusan modal, bisnis waralaba memang membutuhkan modal yang besar. Alternatifnya, bisa Anda menggunakan uang tabungan atau meminjam modal usaha di bank dengan jaminan SK PNS atau lainnya.

Usaha di Bidang Jasa

Selain di bidang perdagangan, bisnis sampingan yang cocok untuk PNS adalah bidang jasa. Ada beberapa ide jasa rental atau sewa yang bisa Anda pilih, di antaranya:

  • Jasa rental Playstation (PS)
  • Jasa rental motor/mobil
  • Jasa sewa kamera
  • Jasa sewa tarub/tenda
  • Jasa sewa sound system
  • Jasa rental peralatan dan perlengkapan pesta pernikahan
  • Jasa laundry, dan lain sebagainya.

Usaha di Bidang Pendidikan dan Pengajaran

Usaha yang tak kalah potensial untuk ditekuni oleh para PNS adalah bisnis kursus dan bimbingan belajar. Bagi yang memiliki kemampuan akademik yang baik, Anda bisa membuka usaha bimbingan belajar untuk anak-anak sekolah. Atau, jika memiliki keahlian khusus seperti menjahit dan bermain musik, Anda pun bisa memanfaatkannya untuk membuka kursus. Bahkan, kemampuan menyetir mobil pun bisa Anda gunakan untuk membuka lembaga kursus setir mobil.

Jika modal yang ada mencukupi, Anda bisa berinvestasi di usaha waralaba bidang pendidikan yang sudah mapan, seperti Primagama, Ganesha Operation, English First, LP3i, dan lainnya.

Bisnis Online

Di zaman yang serba digital ini, bisnis online bisa menjadi salah satu usaha sampingan yang sangat potensial. Apalagi, jika Anda memiliki keahlian di bidang IT, kepenulisan, desain grafis, dan sejenisnya. Beberapa pilihan bisnis online yang bisa Anda tekuni adalah;

  • Menjadi blogger atau penulis lepas/konten.
  • Menjadi affiliate marketer dan publisher iklan.
  • Membuka jasa desain template/website.
  • Membuka jasa pembuatan logo dan banner.
  • Menjual produk secara online (online shop).

Nah, itulah beberapa bisnis sampingan yang cocok untuk PNS. Kira-kira, mana yang paling cocok dengan Anda?

About Bas