Thursday , October 22 2020

4 Bisnis Rumahan Menjanjikan Untuk Ibu Rumah Tangga

Para ibu rumah tangga yang sehari-hari di rumah mengurus anak juga dapat membantu menambah penghasilan keluarga dengan menjalankan bisnis rumahan. Dengan menjalankan bisnis tersebut, para ibu rumah tangga tetap dapat menjalankan bisnis tanpa meninggalkan kewajibannya dan masih tetap memperhatikan buah hati tercinta.

Saat ini ada banyak sekali pilihan bisnis rumahan yang menawarkan pemasukan menggiurkan. Hal tersebut tentunya membuat banyak ibu rumah tangga tertarik untuk menggeluti bisnis tersebut. Apalagi kebanyakan bisnis rumahan juga tidak memerlukan modal yang besar bahkan ada juga yang dapat dijalankan tanpa modal.

Lantas apa saja bisnis tersebut?

1. Catering/Berjualan Makanan

Apakah Anda memiliki hobi memasak dan senang beraktivitas di dapur? Jika ya, bisnis rumahan yang satu ini mungkin dapat menjadi pilihan yang bagus. Peluang usaha di bidang kuliner saat ini sangatlah banyak. Anda dapat membuka usaha catering rumahan yang melayani teman atau tetangga sekitar yang sedang membutuhkan. Untuk menarik perhatian mereka, Anda dapat membuat sampel dan membagikannya untuk teman maupun tetangga. Jika rasanya enak, tentu mereka tidak akan segan untuk memesannya kepada Anda. Anda dapat mengkhususkan diri untuk membuat pastry/aneka roti, snack, atau khusus makanan pokok.

Namun jika Anda menguasai semua bidang tersebut juga tidak ada salahnya. Alternatif lainnya, Anda dapat membuat aneka camilan atau jajanan yang dititipkan di kantin – kantin sehingga Anda tidak harus menunggu pesanan. Jika Anda berminat, Anda juga dapat menawarkan catering untuk makan siang kantor atau makan siang anak-anak sekolah. Bila Anda memiliki tempat tinggal yang berdekatan dengan kampus atau perkantoran, menjalankan bisnis warung makan akan sangat menjanjikan.

2. Membuat Kerajinan Tangan

Ibu rumah tangga yang kreatif dan memiliki kemampuan membuat kerajinan tangan dapat menyalurkan bakatnya ini dengan membuat kerajinan tangan yang sesuai dengan bakatnya. Bisnis kerajinan tangan saat ini sangat potensial, khususnya jika tempat tinggal Anda berdekatan dengan daerah wisata. Kerajinan tangan yang unik akan mempunyai nilai jual yang tinggi.

Dengan menjalankan usaha ini, selain dapat membantu mempromosikan budaya daerah melalui kerajinan yang dibuat, Anda juga dapat memperoleh penghasilan dari penjualan produk kerajinan tangan yang dibuat. Kerajinan tersebut dapat bermacam-macam seperti tas dari kain perca, gantungan kunci dari kain flanel, gelang batok kelapa, kaleng hias, dan masih banyak lagi.

3. Bisnis Hantaran Pernikahan

Bagi para ibu rumah tangga yang senang bereksplorasi dan membuat bentuk-bentuk yang unik, mengapa Anda tidak mencoba bisnis hantaran. Saat ini bisnis tersebut sangat menjanjikan dan tidak ada matinya. Tidak semua orang pandai dalam membuat hantaran yang cantik dan kreatif. Jika Anda memiliki kemampuan tersebut, maka bisnis ini merupakan pilihan yang bagus. Menariknya, bisnis ini juga tidak memerlukan modal karena biasanya pihak pemesan sudah menyiapkan semua yang dibutuhkan dan Anda hanya tinggal menatanya dengan bentuk dan desain yang semenarik mungkin.

4. Les Privat

Bisnis yang satu ini termasuk mudah dijalankan dan tidak memerlukan modal yang besar. Modal yang paling penting dalam menjalankan bisnis ini adalah kemampuan atau ilmu yang dapat diajarkan kepada murid les. Tawarkan jasa les privat yang sesuai dengan bidang kemampuan yang dimiliki seperti matematika, fisika, bahasa inggris, atau lainnya. Bahkan jika Anda memiliki bakat bermusik seperti bermain piano atau biola, Anda dapat membuka les musik di rumah. Untuk memasarkan jasa les privat ini, Anda dapat mempromosikan kepada teman – teman, di sekolah, atau tempat lainnya melalui iklan atau selebaran.

About Bas