Monday , October 26 2020

Bisnis Oriflame Kosmetik Sebagai Penghasilan Tambahan

Oriflame merupakan salah satu bisnis yang banyak digeluti remaja Indonesia saat ini, khususnya para mahasiswa dan ibu rumah tangga. Oriflame cenderung dinimanti sebab  bisnis ini memang fleksibel. Bahkan bisa dikerjakan dari rumah hanya berbekal handphone dan jaringan internet. Maka itu, tak jarang orang menjadikan Oriflame sebagai pekerjaan sampingan.

Lalu sebenarnya apa sih Oriflame itu? Bagaimana cara kerjanya dan kira-kira berapa keuntungan yang diperoleh? Simak ulasannya di bawah ini!

Apa itu Oriflame?

Oriflame merupakan nama dari sebuah perusahaan kosmetik Internasional yang berpusat di Swedia. Oriflame didirikan oleh dua bersaudara yakni Jonas Af Jochnick dan Robert pada tahun 1967. Produk yang dijual oleh Oriflame meliputi produk kosmetik, seperti skincare, make-up, aksesoris, parfum, sabun dan sebagainya. Saat ini jaringan Oriflame telah meluas di lebih dari 60 negara di dunia, salah satunya Indonesia.

Oriflame masuk ke Indonesia pada tahun 1986 dan berdiri di bawah perusahaan PT. Orindo Alam Ayu. Sistem pemasaran Oriflame sendiri menggunakan metode Network Marketing atau biasa disebut MLM (Multi Level Marketing).  Jadi selain menjual produk dengan katalog atau secara online, member Oriflame juga harus merekrut anggota baru untuk membangun jaringan. Nah, sebutan untuk komunitas anggota Oriflame (para konsultan) dikenal sebagai d’BC Network atau (D’Business Chain Network).

Cara Pendaftaran Oriflame

Cara bergabung di Oriflame terbilang cukup simpel. Anda diharuskan membayar uang pendaftaran sebesar Rp.49.900. Nantinya Anda akan mendapatkan buku panduan (starter pack) yang berisi informasi cara kerja, sistem pemasaran, promosi dan penjelasan tentang produk-produk Oriflame.

Di samping itu, diharuskan juga memberikan fotokopi KTP. Serta berbelanja di Oriflame dengan harga tertentu.

Sistem Kerja Oriflame

Dalam menjalankan sistem kerja di Oriflame terdapat 3 poin penting yang harus Anda pahami. Diantaranya menjual produk, merekrut anggota dan membentuk jaringan. Berikut penjelasan lengkapnya!

  1. Berjualan Produk Oriflame Secara Langsung

Produk-produk Oriflame tidak dipasarkan di toko ataupun swalayan. Member Oriflame harus menjual produk tersebut secara langsung ke masyarakat. Baik melalui sistem face to face, lewat katalog, ataupun internet.

  • Pertama, untuk menjual produk di Oriflame, Anda harus membeli katalog Oriflame (ini wajib). Harga katalognya Rp.1700 persatuan. Disarankan untuk membeli katalog sebanyak mungkin agar sistem pemasaran lebih optimal.
  • Setiap menjual satu produk di katalog, Anda langsung mendapatkan keuntungan 23-30%
  • Penjualan produk juga harus sesuai dengan target penjualan, yakni 100 poin per bulan atau berbelanja sekitar Rp.700-800 ribu/bulan.
  • Dengan mengumpulkan 100 poin setiap bulan di 3 bulan pertama, maka Anda akan memperoleh hadiah produk dari Oriflame.
  • Apabila Anda tidak berhasil memenuhi 100 poin, maka keanggotaan Anda tetap aktif. Namun website Oriflame pribadi Anda akan ter-suspend dan tidak bisa digunakan. Ini berarti Anda hanya bisa menjalankan bisnis secara offline.
  1. Merekrut Anggota Baru

Pada dasarnya, MLM adalah bisnis yang menggunakan sistem pemasaran berantai. Dimana anggotanya wajib merekrut orang sebanyak mungkin. Nantinya orang-orang yang baru bergabung tersebut akan di training tentang tata cara bisnis Oriflame. Sehingga kedepannya mereka bisa memasarkan dan merekrut orang baru lagi.

Hal itu terus dan terus dilakukan hingga terbentuk jaringan yang sangat luas. Namun untuk langkah awal, paling tidak Anda harus bisa mengajak minimal 4 orang. Dengan demikian, poin-poin akan terkumpul lebih mudah.

Oiya, Sebutan untuk si perekrut adalah Upline. Sedangkan orang yang direkrut adalah Downline.

Bagaimana Penghasilan di Oriflame?

Penghasilan yang diperoleh oleh anggota Oriflame berasal dari hasil jualan dan merekrut member baru.

  • Untuk penjualan produk, Anda akan mendapatkan keuntungan 23-30% secara langsung dari terjualnya satu barang di katalog.
  • Dari hasil perekrutan anggota, poin yang diperoleh downline-downline Anda akan otomati terakumulasi ke dalam poin bulanan Anda. Jadi semisal, di bulan Januari Anda mengumpulkan 100 poin. Downline 1= 100 poin, Downline 2= 100 poin, Downline 3= 100 poin, Downline 4= 100 poin. Maka berarti total poin Anda di bulan Januari 500 poin. Semakin banyak poin yang dikumpulkan maka penghasilan yang diperoleh juga semakin tinggi.
  • Anggota juga memiliki peluang mendapatkan bonus, hadiah, hingga jalan-jalan ke luar negeri apabila karirnya berjalan baik.

Jenjang Karir di Oriflame

Dalam dunia bisnis Oriflame adalah istilah jenjang karir. Jadi, bagi anggota yang berhasil mengumpulkan banyak poin maka ia berkesempatan naik level dan status karirnya juga meningkat.

  • 200 poin = level 3% = Konsultan = Bonus Rp.22-50 ribu
  • 600 poin = Level 6%  = Konsultan = Bonus Rp.150 ribu
  • 200 poin = Level 9% = Konsultan = Bonus Rp.350 ribu
  • 400 poin = Level 12% = Manager = Bonus Rp.750 ribu
  • 000 poin = Level 15% = Manager = Bonus Rp. 1-1,5 juta
  • 600 poin = Level 18% = Manager = Bonus Rp.2–3 juta
  • 000 poin = Level 21% = Senior Manager = Bonus Rp.4–7 juta

Selain dari itu, juga ada beberapa reward yang diperoleh dari kenaikan level. Diantaranya:

  • Level Director = mendapatkan cash reward.
  • Level Gold Director = mendapatkan hadiah traveling ke luar negeri.
  • Level Diamond Director = mendapatkan hadiah mobil gratis.
  • Apabila si pemiliki member Oriflame meninggal, maka ia bisa menurunka kememberannya pada orang lain.

Jadi itulah penjelasan tentang bisnis Oriflame sebagai penghasilan tambahan. Oiya, sekedar informasi, hukum syar’i bisnis MLM ini masih menuai kontroversi di kalangan ulama antara halal dan haram. Maka itu, jangan lupa untuk mempelajarinya secara mendalam jika ingin bergabung, baik dari sisi cara kerja ataupun agama.

About Bas