Baru Pensiun? Jangan Khawatir

Coba Bisnis Online Ini! Siapa Tahu Cocok

Kata pensiun bisa menjadi momok yang menakutkan untuk sebagian orang. Ya, pensiunan sering dianggap tidak berdaya, tidak punya yang, tidak ada sesuatu yang bisa dibanggakan bahkan tidak ada lagi aktivitas yang bermanfaat. Padahal masa pensiun bisa menjadi masa yang indah dalam hidup seseorang, jika tahu cara memanfaatkannya.

Pensiunan punya waktu luang lebih banyak, dibandingkan saat masih bekerja. Salah satunya adalah belajar berbisnis online. Lalu, bisnis online yang cocok dijalankan bagi para pensiunan? Temukan jawabannya disini, ya!

Pay to

Ada tiga jenis bisnis online yang masuk ke kategori ini, yaitu:

1. PTC

Pay to click adalah jenis bisnis online yang bisa dilakukan para pensiunan dengan waktu luang mereka. Dibutuhkan ketelitian dan kesabaran untuk melakukannya karena pebisnis dibayar setiap kali mengeklik suatu informasi berupa iklan yang ditunjukkan penyedia layanannya.

Semakin sering mengeklik, maka uang yang didapat semakin besar. Uang yang didapat berdasarkan jumlah klik per harinya. Menurut beberapa situs mengenai bisnis online, salah satu situs penyedia PTC terbaik adalah Neobux. Tertarik? Coba cek segera dari komputer atau laptop.

Anda tinggal mendaftar menjadi anggota di situs tersebut. Biasanya tidak dipungut biaya untuk mendaftar. Namun, sediakan waktu sesuai syarat yang diajukan penyedia layanan agar jumlah klik semakin banyak setiap harinya. Sudah terbayang keuntungan yang kelak didapatkan?

2. PPD

Pay per download termasuk jenis bisnis online dengan rutinitas pekerjaan seperti PTC. Bedanya, pebisnis akan dibayar sesuai jumlah pengunduhan. Penyedia layanan membayar untuk membuat orang mengunduh file yang mereka sediakan.

Tugas Anda mengakses file tersebut, mengunggahnya lalu menyebarkan link mengenai hal tersebut di akun media sosial, blog, atau website lainnya. Bisa menggunakan milik pribadi atau bekerja sama dengan orang lain yang tertarik menayangkannya.

Semakin banyak orang yang mengunduh file, semakin besar uang yang bisa didapatkan. Contoh situs penyedia layanan ini yaitu Tusfiles. Mulai tertarik? Segera cek situsnya dan mendaftar dulu, ya.

3. PPC

Pay per click cara kerjanya hampir sama dengan pay to click (PTC). Bedanya Anda harus membuat orang lain tertarik untuk mengeklik informasi yang kebanyakan berupa iklan tersebut.

Bagaimana caranya agar orang lain mau mengeklik informasi yang ditaruh di link yang Anda sebarkan? Belajar dari pengalaman mereka yang sukses, pilih waktu tepat ketika orang baru mulai mengakses informasi di internet atau jam istirahat. Lalu gunakan kalimat pembuka yang menarik minat agar mereka mau mengklik.

Contoh situs penyedia layanan PPC yang sudah dikenal luas dan kredibel adalah Google Adsense. Sama seperti PTC dan PPD, semakin banyak orang yang mengklik iklan, maka uang semakin deras mengalir ke kantong Anda.

Afiliasi

Bisnis Afiliasi online (affiliate) adalah pekerjaan mempromosikan barang dan jasa secara online lewat internet, dan Anda akan memperoleh komisi jika ada orang yang membeli barang dan jasa tersebut lewat link afiliasi yang kita pasang. Besarnya komisi tergantung dari kesepakatan yang telah ditentukan oleh sang pembuat program afiliasi, bisa 4% sampai 6% dari harga barang yang terjual.

Misal ada orang yang membeli barang lewat link afiliasi kita. Jika barang yang terjual seharga Rp 1.000.000 maka kita akan memperoleh komisi 40 ribu sampai 60 ribu rupiah dikali berapa barang yang berhasil terjual.

Program afiliasi yang sangat terkenal adalah Afiliasi Amazon. Di toko online terbesar di dunia ini menjual jutaan barang yang bisa kita promosikan secara online.

Di Indonesia Marketplace dan toko online besar juga banyak yang menyelenggarakan program Afiliasi diantaranya: Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Elevenia, Lazada dll.

Caranyapun cukup mudah, namun tergantung dari keahlian Anda masing2. Syaratnya kita harus mempunyai Blog dan membuat artikel yang mengulas barang dan jasa yang dijual di toko online tersebut. Jika blog Anda sudah dapat pengunjung dari internet, Anda bisa mendaftarkan Blog Anda dan setelah diterima Anda bisa memasang Link Afiliasi di Blog/Website Anda.

 

Membuka toko online

Selain bisnis online seperti pay to, ada pula yang idenya umum tapi menghasilkan keuntungan. Ini termasuk bisnis online yang cocok bagi pensiunan, seperti:

1. Menjual sayuran organik via toko online

Para pensiunan biasanya memiliki hubungan pertemanan yang telah dibina sejak lama. Meski tidak semua berusia lanjut, kebanyakan pensiunan telah berusia di atas 50 tahun. Gaya hidup sehat menjadi kebutuhan, sehingga makanan organik pun dapat menjadi peluang usaha. Coba deh, berjualan sayuran organik di toko online Anda.

2. Memasarkan bibit tanaman seperti bunga dari toko online

Waktu luang yang banyak membuat pensiunan memiliki waktu menjalani hobi yang sempat terlupakan. Misalnya bercocok tanam. Nah, mengapa tidak menjadikan hobi tersebut menjadi lahan bisnis? Coba pasarkan bibit tanaman dari kebun Anda di toko online. Berikan informasi gratis cara menanam bunga agar tumbuh lebat.

3. Menjual ayam potong dan telur

Jika hobi Anda tidak berhubungan dengan tanaman, pilih usaha lain seperti beternak. Kemudian hasilnya bisa dijual melalui toko online milik sendiri. Pasarkan ayam potong atau telur segar dari peternakan kecil-kecilan di rumah. Atau cari teman yang memiliki usaha tersebut dan bantu dia menjualnya dari toko online Anda.

Itulah contoh bisnis online yang cocok untuk pensiunan. Setelah memutuskan berbisnis apa, memiliki mentor serta komunitas yang mendukung bisnis online juga bisa membantu. Terutama bagi pensiunan yang sebelumnya buta dengan dunia internet. Ada teman untuk bertanya dan berbagi tentu menyenangkan, bukan? Semoga sukses!