Thursday , October 22 2020

Simak! Inilah Bisnis Online yang Cocok Dikerjakan di Rumah

Contoh Bisnis Mudah Dijalankan Secara Online Dari Rumah

Barangkali tidak semua orang yang senang berbisnis punya kesempatan menjalankan usahanya secara online pula. Padahal, tidak dipungkiri bahwa era digital sekarang ini membuka peluang bisnis online untuk siapa saja. Dan asiknya, bisa dilakukan dari rumah Anda. Lalu kira-kira bisnis online yang cocok dikerjakan di rumah itu seperti apa sih? Bagaimana caranya? Agar tidak penasaran, segera simak artikel ini yuk.

1. Membuka toko online

E-commerce atau penjualan melalui internet mengalami perkembangan signifikan beberapa tahun belakangan. Sekarang, membuka toko tidak harus memiliki lahan dan bangunan, cukup secara online saja.

Banyak cara bisa dilakukan untuk membuka toko online. Bahkan Anda tidak perlu memiliki produk sendiri, bisa dengan menjadi reseller. Buka Lapak, Tokopedia, dan situs belanja online lain menyediakan tempat pula untuk berjualan. Misalnya toko online seperti di bawah ini:

  • Toko online yang menjual kebutuhan sehari-hari seperti layaknya toko kelontong

Meski terlihat remeh, banyak orang tidak punya waktu untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Maka tidak ada salahnya membuka toko online yang menyediakan kebutuhan konsumsi seperti gula, beras, kopi, sabun mandi, sabun cuci, dan sebagainya yang dibutuhkan rumah tangga.

Harga harus menjadi perhatian. Berikan harga yang lebih rendah dibanding pasar swalayan atau diskon khusus jika membeli beberapa item produk. Promosikan di kalangan pekerja di kota-kota besar. Jaringan keluarga juga bisa diberdayakan untuk membantu promosi.

  • Toko online yang menjual keperluan hobi

Manusia butuh hobi atau kesukaan pada sesuatu. Ada yang senang membaca, berolahraga, bercocok tanam, kerajinan tangan, dan lain-lain. Coba tangkap peluang tersebut dan jual beragam keperluan untuk menunjang hobi. Misalnya alat olahraga, buku dengan tema tertentu yang banyak diminati, atau benang dengan beragam warna.

Bergabung dalam komunitas hobi tertentu bisa pula membantu mempromosikan produk yang Anda jual. Rajinlah membuat review tentang produk,  atau membuat testimoni setelah mencoba menggunakan sendiri produk yang ditawarkan.

2. Menyediakan jasa tertentu

Banyak jasa yang bisa dijual secara online, lo. Intinya menjual keahlian melalui internet. Berikut ini di antaranya:

  • Membuka katering online

Jika Anda suka memasak, kenapa tidak membuka katering online saja? Jasa tersebut bisa dipromosikan dengan bantuan internet. Bagi pemula, tidak perlu mengambil order katering dengan jumlah besar. Untuk awal, cukup menerima order berjumlah terbatas, tapi perhatikan kualitas masakan, ya.

  • Menawarkan jasa perawatan kecantikan seperti rias pengantin

Apabila keahlian Anda adalah merias wajah atau senang mendandani orang, cobalah menawarkan jasa perawatan kecantikan melalui internet. Undang beberapa teman untuk menjadi model, pamerkan foto sebelum dan sesudah didandani melalui media sosial seperti Instagram atau Path. Simpel, bukan?

  • Membuatkan desain buku, layout, atau menulis artikel online

Jago mendisain buku atau halaman di website, layout, serta menulis artikel online? Coba promosikan keahlian ini melalui jejaring sosial di internet. Bisa pula mendaftar di situs seperti Freelancer atau Sribulancer sambil mempromosikan kelebihan Anda dengan kalimat yang persuasif.

3. Menjadi dropshipper

Ide bisnis online yang cocok untuk dikerjakan di rumah berikutnya adalah menjadi dropshipper. Dropship berbeda dengan menjadi reseller.  Modalnya pun lebih kecil. Aktivitas utamanya adalah membantu promosi produk tertentu pada calon pembeli potensial. Bisa pula menyediakan informasi pada sang penjual bahwa produknya sedang dibutuhkan dan mereka bisa langsung mengirimkan ke pembeli tersebut.

  • Contoh dropship dan alur kerjanya

Contoh dropship produk kain. Alur kerjanya seperti ini, pertama calon pembeli potensial membuat order bahan kain yang dia butuhkan. Pembeli tersebut memberikan sejumlah uang bagi dropshipper.  Anda sebagai dropshipper menerima uang tersebut dan mulai menghubungi penyuplai kain dan memberi uang yang telah diterima. Namun, uang tersebut telah dipotong untuk keuntungan dropshipper. Penyuplai menerima order dan langsung mengirimkan kain tersebut ke alamat pembelinya.

  • Langkah-langkah yang harus dilakukan

Jika tertarik memulai bisnis online ini, lakukan langkah-langkah seperti riset pasar yang sedang membutuhkan produk tertentu, cek alamat penyuplai dan memastikan syarat dari mereka, pilih produk yang berkualitas, dan cermati kesepakatan awal yang dilakukan.

Itulah 3 ide bisnis online yang cocok dikerjakan di rumah. Tertarik? Semoga sukses dan selamat berbisnis online dari rumah, ya.

About Bas