Thursday , October 22 2020

Bisnis Online Yang Cocok Untuk Pelajar Tanpa / Dengan Modal Kecil

Buat Pelajar, Intip Ide Bisnis Online Ini dengan Modal Kecil

Pelajar jaman sekarang lebih paham teknologi digital. Internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi generasi millenial ini. Nah, sebagai pelajar tentu Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari internet bukan? Buat apa seharian ‘bergaul’ dengan internet tanpa menghasilkan sesuatu terutama uang. Tidak rumit, kok. Penasaran? Intip yuk, ide bisnis online yang cocok untuk pelajar dengan modal kecil.

Bisnis ini bisa dijalankan nyaris tanpa modal, tapi saya lebih suka menyebutnya dengan bisnis online dengan modal kecil, karena kita masih memerlukan biaya untuk akses internet untuk melakukan pekerjaan ini.

Barangkali di benak pelajar terpampang pertanyaan seperti ini, “Masa sih, ada bisnis online yang dilakukan dengan modal kecil?” Jawabannya pasti ada. Asal mau mencari tahu informasi yang tepat dan tekad yang kuat, bisnis ini bisa dilakukan.

Seperti apa ya bisnis online tersebut? Ini beberapa ide di antaranya:

 

1. Membantu promosi via media sosial atau blog

Beberapa perusahaan sering menggunakan jasa blogger untuk membantu mempromosikan bidang usaha dan jasa. Bisa pula melalui media sosial kekinian seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Dapat pula menggunakan channel YouTube jika ada.

Dibayar? Ya. Meski tidak semua perusahaan tersebut membayar dengan uang tunai. Ada pula yang memberikan tanda balas jasa berupa produk gratis atau jika usahanya di bidang jasa seperti perhotelan, memberikan voucher potongan harga atau menginap gratis di hotelnya.

Idenya memang simpel, tapi memerlukan beberapa trik khusus. Dan sayangnya tidak semua pelajar bisa mengikuti bisnis online tersebut. Mereka yang sesuai kriteria perusahaan dan dihargai promosinya biasanya harus memiliki jumlah pengikut atau follower yang banyak. Untuk blog, berarti blognya harus dikunjungi minimal sejumlah pengunjung per harinya.

Pelajar tersebut juga memiliki keahlian khusus seperti menulis, memotret, mengolah kata agar banyak orang tertarik membaca serta melihat status, blog atau posting tersebut.

 

2. Menjawab atau mengisi survei online

Jika menjawab atau mengisi survei di internet, apakah dibayar? Eits, jangan salah. Banyak situs online yang menawarkan jasa tersebut dan dibayar, lo. Tapi Anda harus teliti memilihnya, karena ada situs yang menjanjikan pembayaran dengan waktu terlalu singkat dan syarat sulit lainnya.

Beberapa situs survei online yang terpercaya contohnya Global Test Market, iPanel Online Indonesia, Nusaresearch, Toluna Indonesia, dan Viewfruit.Kelima situs penyedia layanan survei online berbayar tersebut memiliki syarat dan ketentuan khusus. Coba pelajari lebih lanjut ke situs-situs tersebut, ya.

 

3. Menjadi freelance atau tenaga lepas

 

Nah, berbisnis online tidak melulu produk bukan? Bisnis online yang cocok untuk pelajar dengan modal kecil berikut ini contohnya. Pelajar juga dapat menjual keahlian mereka melalui berbagai situs pencari kerja di internet. Misalnya sribulancer, freelance.com, atau projects.id. Ketiga situs pencari kerja atau market place tersebut menghubungkan antara pencari kerja dan pemilik order atau pekerjaan.

Di marketplace itu tersedia banyak pekerjaan bagi mereka yang memiliki keahlian mendesain, menulis, memasukkan data dan sebagainya. Caranya cukup membuat akun dan mengisi keterangan di sana. Lalu, mulailah mencari pekerjaan yang cocok dengan keahlian Anda. Tidak ada batasan profesi, semua orang boleh mendaftar termasuk pelajar.

Menarik, ya. Segera meluncur ke marketplace yang tadi disebutkan atau cari di internet untuk informasi lebih detail.

 

4. Membantu memasarkan produk sebagai reseller

Menjual produk tidak melulu harus punya modal besar. Dengan modal seadanya bahkan minim, pelajar pun dapat membantu memasarkan produk. Biasanya disebut sebagai reseller. Coba perhatikan lingkungan di sekitar. Bila ada teman, keluarga atau kenalan yang membuat produk tawarkan untuk membantu menjual.

Cukup dengan modal seadanya, seperti pulsa untuk akses internet dari telepon seluler atau jaringan internet gratis melalui Wi-Fi di taman, cari pembeli potensial yang kebetulan sedang membutuhkan produk tersebut.

Percaya diri dan networking yang luas bisa membuat bisnis online sebagai reseller ini berhasil, lo. Pundi-pundi uang pun bertambah.

Itulah empat ide bisnis online bagi mereka yang masih berstatus sebagai pelajar. Tentu hasilnya tidak bisa instan. Nominal uangnya pun barangkali tidak sebanyak yang diidamkan. Tapi setidaknya para pelajar bisa mencoba peluang yang ada untuk belajar berbisnis online.

Kira-kira dari empat ide di atas, Anda tertarik yang mana? Tidak sulit bukan memulai bisnis online yang cocok untuk pelajar dengan modal kecil? Jangan lupa untuk senantiasa mengutamakan sekolah, ya.

About Bas