Thursday , October 22 2020

Bisnis Online Apa Yang Cocok Dikerjakan Ibu Rumah Tangga?

Cari Penghasilan Tambahan?

Ini Dia Bisnis Online Bagi Ibu Rumah Tangga

Sibuk mengurus keluarga di rumah tidak membuat ibu rumah tangga kehilangan kesempatan memiliki penghasilan tambahan. Seperti kata pepatah, banyak jalan menuju Roma. Begitu pula dengan peluang bisnis untuk menambah uang belanja. Salah satu peluang yang bisa dilakukan adalah berbisnis online. Apakah ada bisnis online yang cocok untuk ibu rumah tangga? Temukan jawabannya disini, ya.

Berbisnis secara online tidak serumit yang dibayangkan. Anda tinggal mencari ide dan menjalankan bisnis online tersebut dari rumah. Berikut ini beberapa contohnya, antara lain:

 

1. Membuka usaha katering online

 

Jika Anda senang memasak dan menyajikannya untuk banyak orang, mengapa tidak membuka usaha katering via online? Anda bisa membuat website untuk usaha katering tersebut atau mempromosikannya melalui media sosial juga blog.

Klien dapat menghubungi melalui akun media sosial atau ponsel. Beragam menu makanan dan minuman dapat ditampilkan fotonya di instagram, sekilas penjelasan mengenai menu favorit di katering Anda dapat juga dibuat tweet-nya via twitter. Usahakan menampilkannya dengan sesuatu yang baru dan menarik sehingga calon pelanggan tertarik.

2. Memiliki toko hasil kerajinan tangan online

 

Punya hobi membuat kerajinan tangan seperti clay, lukisan renda, atau origami yang bisa dijual? Coba buka toko hasil kerajinan tangan tersebut dan memasarkannya ke seluruh Indonesia via online.

Apabila Anda tergabung dengan komunitas pembuat kerajinan tangan, coba pasarkan pula produk mereka. Semakin banyak jenis kerajinan tangan yang dijual maka target pembelinya pun semakin luas.

3. Menjual kue kering dan camilan lain secara online

 

Siapa sih yang tidak suka camilan? Setiap anggota keluarga bahkan punya jenis camilan favorit, ya. Belum lagi jika hari raya tiba seperti lebaran dan natal. Konsumsi kue kering biasanya meningkat pesat. Ini peluang bisnis yang tepat bagi ibu rumah tangga.

Mereka yang piawai membuat kue kering dan camilan lain seperti keripik pisang, permen, cokelat atau kue basah, dapat menjajakannya melalui internet. Bisa membuka toko online sendiri, membuat grup Facebook khusus jualan, di blog atau media sosial lainnya.

4. Membuka jasa pembayaran online

 

Biasanya ibu rumah tangga agak malas meninggalkan kediamannya akibat banyak pekerjaan yang harus diselesaikan dulu. Apalagi jika punya anak balita. Padahal tagihan bulanan seperti listrik, telepon, TV berlangganan harus tetap dibayarkan.

Salah satu cara menyiasatinya adalah membayar melalui aplikasi online. Anda bisa menangkap peluang usaha ini dengan bergabung menjadi agen aplikasi jasa pembayaran online yang sudah mulai banyak tersedia. Promosikan jasa tersebut melalui media sosial dan grup whatsapp, line atau blackberry messenger dari ponsel.

5. Menjual pakaian anak, bayi dan balita via online

 

Bisnis online yang cocok untuk ibu rumah tangga lainnya adalah menjual pakaian anak, bayi dan balita. Sama seperti ide bisnis di atas, promosi dan pemasangan foto pakaian-pakaian tersebut bisa melalui media sosial. Instagram, facebook, twitter, atau path.

Usahakan agar tampilan foto, desain, dan untaian kalimat yang dipakai untuk mempromosikan produk menarik minat orang untuk melihat toko online Anda. Buat informasi yang detail mengenai produk, seperti harga dan deskripsi bahan pakaiannya.

6. Memasarkan kerudung dan pakaian muslimah online

 

Pekerja kantoran kadang tidak sempat membeli pakaian dan kerudung dari toko konvensional karena kesibukan atau malas terjebak kemacetan di jalan. Peluang ini pun dapat dimanfaatkan oleh ibu rumah tangga yang ingin berbisnis online.

Jual kerudung dan pakaian yang cocok untuk muslimah melalui toko online, blog, serta media sosial. Pilih motif, warna, ukuran pakaian dan kerudung yang umum dan banyak diminati orang. Buat diskon khusus bagi pelanggan yang membeli dengan jumlah minimal tertentu.

7. Menjual kosmetik buatan dalam dan luar negeri online

 

Kebanyakan perempuan senang memperhatikan penampilan. Maka berdandan adalah aktivitas yang identik dengan kaum hawa ini. Nah, hal tersebut bisa dijadikan peluang juga. Menjual kosmetik merek dalam dan luar negeri di blog, media sosial seperti instagram, atau membuat website khusus.

Pilih produk kosmetik yang sering dipakai sehari-hari seperti bedak, lipstik atau pensil alis dari merek terpercaya. Kosmetik yang dijual harus aman untuk kulit perempuan Indonesia dan dibuat dari bahan berkualitas. Seperti biasa, promosinya harus dibuat semenarik mungkin agar produk laku.

Itulah 7 ide bisnis online yang cocok untuk ibu rumah tangga. Sebenarnya ide bisnis bisa diperoleh dari mana saja. Asalkan Anda senang melakukannya dan tidak mengganggu aktivitas di rumah, mengapa tidak mencoba? Semoga sukses, ya.

About Bas