Saturday , October 31 2020

Bisnis Apa yang Lagi Trend Buat Anak Muda?

Selagi muda, jangan cuma santai-santai saja. Membangun bisnis dan menjadi pengusaha di usia muda? Kenapa tidak. Yuk, simak artikel tentang bisnis apa yang lagi trend buat anak muda berikut ini. Semoga bisa menjadi referensi dan inspirasi buat teman-teman pembaca. Contoh bisnis tersebut di antaranya adalah:

  1. Online Shop

Bagi kamu yang ingin mulai menekuni bisnis, membuka online shop bisa jadi langkah awal yang paling mudah. Saat ini banyak anak muda yang sudah mulai merintis bisnis berbasis online. Yang dijual dalam online shop pun sangat beragam, mulai dari pakaian, gadget, beragam aksesoris, buku, camilan, sampai produk kecantikan.

Kebanyakan online shop tidak memproduksi barangnya sendiri, tapi mengambil produk dari produsen, grosir, importir, bahkan dari online shop lainnya. Sistem penjualan yang terakhir ini disebut dropship. Untuk pemasaran, kita dapat memanfaatkan beragam platform media sosial, seperti Facebook, BBM, Line, dan Instagram.

  1. Kuliner dan Jajanan

Dari dulu sampai sekarang, yang namanya bisnis kuliner bisa dibilang tidak ada matinya. Selalu saja ada yang baru dan unik. Untuk menekuni bisnis ini pun sebenarnya bisa dikatakan gampang-gampang susah. Kunci di bisnis ini adalah kamu harus punya produk olahan kuliner yang orisinal, unik, enak, dan hanya bisa dibeli di tempat kamu. Sekarang, banyak juga lo anak muda yang berkreasi dan membangun bisnis dengan aneka produk kuliner, seperti keripik, kue, minuman, abon jamur, rendang, dan masih banyak lagi.

  1. Kafe

Seiring perubahan gaya hidup, anak muda doyan banget yang namanya nongkrong di kafe. Tujuannya bukan hanya untuk mencicipi makanan dan minuman, tetapi juga suasana yang nyaman. Bayangkan saja, untuk segelas kopi, banyak orang rela merogoh uang jajannya sampai puluhan ribu rupiah. Bisa dibayangkan dong, keuntungan yang bisa kamu dapatkan kalau membuka kafe? Namun, jangan lupa ya, bikin kafemu super nyaman dan keren.

  1. Industri Kreatif

Bisnis apa yang lagi trend buat anak muda selanjutnya? Oh iya, kamu pasti sudah tahu kan, kalau pemerintah kita sekarang ini sedang giat-giatnya mengembangkan industri kreatif dalam negeri. Kalau kamu punya keahlian di bidang desain, fotografi, atau multimedia, ini nih saatnya kamu membangun dirimu untuk menjadi entrepreneur di bidang industri kreatif!

Kalau kamu merasa kurang dengan kemampuan digital, kamu bisa mengembangkan usaha UKM kreatif. Saat ini banyak juga lo anak muda yang dengan kreatif mendaur ulang sampah menjadi produk-produk keren dan cantik untuk dekorasi interior ruangan, yang tentunya punya keuntungan yang cukup menjanjikan!

  1. Software Developer

Sampai beberapa tahun ke depan, software developer akan jadi profesi yang paling dicari di dunia. Hal ini tentu diimbangi dengan penghasilan yang menggiurkan. Contohnya nih, ada seorang remaja berusia 15 tahun yang diperebutkan oleh Facebook dan Google karena dia membuat sebuah aplikasi game Impossible Rush. Dari game tersebut, remaja ini menghasilkan ribuan dollar setiap hari. Luar biasa, kan? Nah, kalau kamu jago coding dan programming, jangan ragu untuk memulai bisnis kamu sendiri.

  1. Event Organizer

Ada yang bilang, ini zamannya orang malas. Bahkan saat membuat acara, banyak orang tidak mau direpotkan. Akhirnya, mereka memilih memakai jasa Event Organizer. Kalo kamu siap berkolaborasi dengan temanmu, bisnis EO cukup menjanjikan lo! Terutama di musim pernikahan.

  1. Fashion Designer

Kalau kamu senang sama yang namanya fashion, jangan ragu deh untuk membuka brand clothing line kamu sendiri. Selain mendatangkan keuntungan yang cukup menjanjikan, kamu juga bisa menyebarkan style-mu yang keren ke masyarakat.

Nah, itu dia beberapa contoh mengenai bisnis apa yang lagi trend buat anak muda. Bagaimana, tertarik membangun usaha sendiri selagi muda?