Jika di zaman modern ini tayangan televisi didominasi oleh sinetron. Berbeda dengan era 90an hingga awal 2000an, dimana film-film kartun bikinan Jepang atau anime masih berjaya di pertelevisian. Bahkan menjadi tontonan favorit bagi kids jaman old.

Untuk sejenak, yuk kita nostalgia ke zaman dulu, ketika gadget belum mengambil kesenangan anak-anak. So, berikut ini film kartun yang menjadi legenda di era 90an. Simak yuk!

1. Chibi Maruko Chan

Hayoo, siapa sih yang nggak tahu dengan serial kartun berjudul Chibi Maruko Chan ini? Pastinya generasi 90an pernah menontonnya! Adapun kisahnya tentang kehidupan sehari-hari gadis cilik bernama Maruko dan keluarganya, serta teman-teman sekolahnya.

Anime asal Jepang ini kabarnya diangkat dari sebuah manga berjudul Momoko Sakura, yang tak lain merupakan kisah dari si penulis saat masih kecil.

2. Doraemon

Kalau Doraemon ini adalah film kartuh yang legend banget! Bahkan hingga sekarang masih eksis di televisi dan digemari oleh anak-anak dari berbagai generasi. Anime yang diangkat dari komik karya Fujiko ini mengangkat cerita tentang pertualangan bocah SD bernama Nobita dengan robot kucing yang berasal dari abad 22, dialah Doraemon yang menyimpan alat-alat ajaib di kantongnya.

Selain itu, ada juga Shizuka, Giant dan Suneo yang menjadi teman Nobita.

3. Sailormoon

Kartun yang satu ini merupakan favoritnya anak cewek-cewek jaman dulu. Ceritanya tentang pasukan cantik yang berjuang pembela kebenaran dengan menggunakan kekuatan magis. Adapun nama-nama mereka mengambil dari nama planet, diantaranya Venus, Yupiter, Uranus, Neptunus, Pluto dan terakhir Sailor Moon Yang memiliki kekuatan tak terbatas.

Salah satu hal yang paling mengenang dari serial Sailormonn ini yakni jargon mereka yang udah melekat di telinga. “Sailoormon…dengan kekuatan bulan akan menghukummu!” Hayo, masih ingat, nggak?

4. Inuyasha

Generasi 90an pastinya nggak pernah melewatkan serial kartun yang satun ini! Inuyasha, ceritanya seru banget! Tentang sosok setengah siluman bernama Inuyasha yang melakukan perjalanan bersama teman-temannya untuk mengumpulkan serpihan-serpihan permata yang nantinya digunakan untuk melawan siluman jahat bernama Naraku.

Kartun ini juga dibumbui oleh kisah cinta antara Inuyasha dengan manusia cantik bernama Kagome. Sayangnya, keduanya tinggal di alam yang berbeda. Untuk bisa menemui Inuyasha, Kagome harus melompat ke dalam sumur yang berada di halaman rumahnya.

5. Detective Conan

Nggak kalah menarik dari sebelumnya, serial Detective Conan juga masuk dalam film kartun populer di era 90an. Film ini selalu sukse membuat penontonnya penasaran dan ketagihan karena kisah-kisahnya yang mendebarkan. Yakni tentang seorang detektif remaja bernama Sinichi Kudo yang pandai memecahkan kasus misterius. Sayangnya, Kudo tanpa sengaja meminum racun sehingga membuat dirinya kembali menjadi anak kecil dan diberi nama ‘Conan Edogawa’.

Sejak saat itu, Kudo tak memiliki pilihan lain selain mengikuti detektif Kogoro Mouri untuk menyelesaikan kasus-kasus kriminal. Dimana Kogoro ini tak lain adalah ayah dari kekasih Kudo, Ran Mouri.

6. Dragon Ball

Berkisah tentang pertualangan Sun Goku dalam mengumpulkan bola naga, serial kartun Dragon Ball ini juga sukses memikat hati para anak era 90an. Khususnya para cowok nih!

Dragon Ball sendiri memiliki episode yang sangat banyak. Namun begitu ceritanya tetap selalu menarik untuk diikuti dan pastinya bikin tegang. Oiya, jika Kamu pecinta film ini, harusnya Kamu tahu dengan jurus andalannya Sun Goku, yakni KAMEHAMEHA.

7. Crayon Shinchan

Selain Doraemon, Crayon Shinchan juga menjadi kartun populer di era 90an hingga saat ini. Kisahnya yang kocak dan ringan, membuat film ini banyak disukai oleh anak-anak.

Adapun ceritanya yakni tentang keluarga Nohara yang terdiri dari pasangan suami istri yaitu Misae dan Hiroshi, serta 2 anak bernama Sinchan dan Himawari. Selain itu, diceritakan juga kehidupan Sinchan di sekolahan TK-nya yang nggak kalah lucu. Dijamin akan membuatmu tertawa.

8. Ninja Hatori

Terakhir nih, ada Ninja Hatori yang menceritakan tentang kehidupan anak SD bernama Kenichi Mitsuba dengan ninja baik hari ‘Hattori’. Film ini juga nggak kalah seru dari daftar film sebelumnya. Terlebih lagi soundtracknya, rasanya udah sangat melekat di telinga. Kira-kira Kamu hafal, tidak?

Yaudah Guys, jadi itulah beberapa film kartun yang populer di era 90an sampai awal 2000an. Jadi mana nih yang paling Kamu favoritkan?