Thursday , October 22 2020

Berstatus Negara Maju, 8 Mitos Ini Masih Dipercaya Orang Korea Loh!

Jika selama ini Kamu menganggap hanya orang Indonesia yang percaya mitos, maka Kamu salah! Faktanya, beberapa negara maju di dunia pun masih ada yang meyakini mitos-mitos kuno. Sebut saja, Korea Selatan. Negara penghasil ponsel samsung ini memiliki banyak mitos yang terbilang cukup aneh, bahkan mengerikan!

Kamu mau tau apa aja? Berikut ulasan lengkapnya. Simak yuk!

  1. Bersiul atau Bernyanyi di Malam Hari akan Mendatangkan Hantu

Di Korea Selatan ada mitos yang mengatakan bahwa bersiul, bernyanyi atau memainkan alat musik di malam hari bisa mendatangkan hantu.

Mitos ini memang belum dibuktikkan kebenarannya secara pasti. Tapi memang sih, bersiul saat malam kesannya cukup mengerikan. Selain itu, dampak buruknya lagi juga berisik dan menganggu orang lain yang sedang beristirahat.

  1. Menulis nama orang dengan tinta merah menyebabkan kematian

Pulpen, sepidol, atau alat tulis lain yang menggunakan tinta merah dianggap sebagai ‘pembawa sial’ di Korea Selatan. Masyarakat disana percaya bahwa menuliskan nama seseorang dengan tinta merah bisa menyebabkan kematian.

Maka itu, jangan pernah coba-coba nulis dengan tinta merah saat traveling ke Korea, ya!

  1. Menghidupkan Kipas Angin di Ruang Tertutup Bisa Menyebabkan Kematian

Selain menulis dengan tinta merah, menyalakan kipas angin di ruang tertutup juga diyakini bisa menyebabkan kematian. Entah bagaimana asal-usul mitos ini. Namun faktanya tak sedikit masyarakat Korea yang mempercayainya.

Sebagai antisipasi, para produsen kipas angin pun memasang timer yang bisa men-set kipas untuk berhenti sendiri. Dengan begitu, setidaknya kegundahan masyarakat bisa sedikit berkurang.

  1. Memberikan Sayap Ayam Goreng ke Pasangan Menyebabkan Hubungan jadi Putus

Kalau mitos yang satu ini terdengar agak lucu ya! Pasalnya, masyarakat Korea percaya bahwa memberikan sayap ayam goreng ke pasangan bisa mengakibatkan hubungan jadi retak alias putus.

Tentunya mitos ini tak bisa dinalar secara logika. Namun menurut mereka, jika kebanyakan makan sayap, maka bisa-bisa Kamu jadi ‘terbang’ meninggalkan sang kekasih.

  1. Mimpi Bertemu Babi, Tandanya Akan Kehilangan Uang

Kebanyakan masyarakat Indonesia percaya bahwa setiap mimpi memiliki arti. Begitupun dengan rakyat Korea Selatan, mereka juga yakni bahwa mimpi bukan sekedar bunga tidur.

Terdapat mimpi-mimpi khusus yang memiliki makna. Misalnya saja, bermimpi bertemu babi, mimpi ini menandakan orang tersebut bakal kehilangan uang dalam jumlah yang banyak.

  1. Memberikan Kado Sepatu ke Pasangan Bikin Hubungan Putus

Tahu nggak, salah satu kebiasaan unik dari orang Korea Selatan, mereka jarang sekali membelikan kado sepatu ke pasangannya. Bukan karena takut nggak cukup, tapi karena mereka percaya mitos bahwa memberikan sepatu kepada kekasih bikin hubungan jadi putus.

Entah bagaimana bisa begitu, yang jelas mitos ini terdengar cukup aneh ya!

  1. Melompati Bayi Menyebabkan Bayi Gak Bisa Tumbuh

Masyarakat Korea sangat melarang seseorang melompati tubuh bayi. Selain karena takut keinjak, mereka juga mempercayai mitos yang mengatakan bahwa melompati bayi bisa bikin tubuhnya nggak berkembang.

Oleh karena itu, melangkahi tubuh bayi di Korea dianggap perbuatan buruk.

  1. Angka 4 Dianggap Pembawa Simbol Kematian

Jika Kamu jalan-jalan ke Korea, cobalah naik lift dan perhatikan apakah ada angka ‘4’ di dalam lift tersebut. Kebanyakan sih, lift disana tidak mencantumkan lantai 4. Hal itu dikarenakan orang Korea mempercayai bahwa 4 merupakan simbol kematian, dan bisa membawa kesialan. Oleh karenanya, biasanya angka 4 diganti dengan huruf F.

Adapun asal mitos ini bukan dari Korea, tapi China. Pelafalan angka 4 dalam bahasa mandarin yakni ‘Si’ yang mirip dengan kata kematian ‘Siwang’.

So, itulah tadi Gengs, beberapa mitos-mitos di Korea Selatan yang paling populer. Bagaimana menurutmu?

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *