Monday , October 19 2020

Berapa Rp Penghasilan Blog Kamu dari Adsense ?

Rumus Penghasilan Blog Dari Google Adsense

 

Jika pengunjung Blog kamu 2000 orang per hari, berapa Juta Rupiah potensi penghasilan Blog Kamu dalam 1 bulan dari Google Adsense ?

Langsung saja ya mari sama sama kita hitung :

Rp = pv x ctr x cpc

Rp = Penghasilan blog dalam Rupiah.

pv ( page view ) = jumlah halaman blog yang dilihat pengunjung / visitor.

ctr ( click throught rate ) = persentase klik iklan pada blog.

cpc ( cost per click ) = biaya per 1 klik iklan yang akan dibayarkan ke kamu.

Contoh :

Rp = ?

vis = 2000 orang pengunjung perhari.

pv = 3000 halaman.

ctr = 1%.

cpc = Rp 500.

 

Rp = pv x ctr x cpc

Rp = 3000 x 1% x 500

Rp = 15.000

Jadi penghasilan blog kamu dalam sehari adalah Rp 15.000 x 30 hari = Rp 450.000 per bulan.

Agar bisa Payout tiap bulan dari adsense maka minimal Blog Kamu harus mendapatkan $ 100 per bulan. Maka untuk mendapatkan $ 100 tiap bulan maka ada yang harus diperbaiki dari Blog Kamu.

1. Tambah visitor Blog

Mengapa Blog atau Website besar memiliki pengunjung yang sangat besar ? karena Blog blog besar mempunyai jumlah artikel yang sangat banyak.

Jadi buatlah Blog Kamu mempunyai artikel yang banyak supaya makin banyak orang yang akan bekunjung ke Blog Kamu.

Jika jumlah artikel di Blog kamu saat ini berjumlah 1000 artikel dan mendapatkan 2000 pengunjung per hari maka jika kamu menmbah jumlah artikel lebih dari 1000 maka besar kemungkinan jumlah visitor Blog kamu akan lebih besar dari 2000 pengunjung per hari.

Tentu saja faktor faktor lain yang menyebabkan bertambahnya jumlah pengunjung juga harus Anda perhatikan, seperti SEO, promosi Blog dan lain sebagainya.

2. Naikan Page View Blog

Semakin menarik kualitas Artikel di Blog Anda, maka semakin betah pengunjung berlama lama di Blog Anda dan seakin banyak kemungkinan pengunjung untuk membuka halaman lain di Blog Anda tersebut, sehingga page view blog Anda akan bertambah.

Penambahan Gambar yang berkualitas dan juga Video akan menambah kualitas dari Blog Anda.

Blog Niche lebih memungkinkan mendapatkan page view yang lebih banyak dibandingkan Blog campuran atau Blog gado gado, karena artikel terkait yang saling berhubungan akan menarik pengunjung untuk membuka halaman yang lainya di Blog Anda.

3. Naikan CTR

Pengunjung Blog banyak namun ctr sedikit ? Mungkin ada yang salah dari penayangan Iklan di Blog Anda.

Pelajarilah bagaimana penempatan Iklan yang paling menarik untuk diklik pengunjung. Jika Anda berhasil maka ctr akan bertamabh, jika ctr bertambah maka pendapatan dari Google Adsense Blog Anda juga akan bertambah.

Jika Anda adalah pengusaha mainan anak anak maka tentunya akan lebih suka beriklan di blog yang membahas mainan anak dari pada di web yang membahas bermacam 2 topik bukan ? Sekali lagi Blog Niche adalah pilihan yang tepat untuk menaikkan CTR.

4. Naikan CPC

Mengapa Blog berbahasa Inggris lebih besar pandapatanya dari Blog berbahasa Indonesia ?

Karena Blog berbahasa Inggris mempunyai pengunjung dari negara luar yang memiliki pendapatan tinggi dan banyak pengiklan dari perusahaan besar yang berani masarkan produk produk mereka dengan biaya periklanan yang sangat besar.

Membuat Blog dengan bahasa Inggris adalah pilihan yang tepat untuk menaikan nilai CPC Blog Anda, Namun tidak semua Blogger Indonesia pandai berbahasa Inggris bukan ? Bagaimana dengan Anda ?

Besar mana keuntungan penjual Mobil dibanding keuntungan penjual sepada ?

Jika Anda mampu membuat Blog yang menarik para Advertiser untuk mengiklankan produk mereka di Blog Anda, maka semakin besar CPC Blog Anda.

Semakin Besar CPC Blog Anda maka semakin besar juga pundi pundi Rupiah yang akan anda dapatkan dari Bisnis Google Adsense.

Nah jika rumus 2 menaikkan penghasilan Google Adsense telah Anda kuasai, mari coba kita terapkan rumus tersebut di bawah ini :

Contoh :

Rp = ?

vis = 4000 orang pengunjung perhari.

pv = 8000 halaman.

ctr = 1,5%.

cpc = Rp 1000.

maka :

Rp = pv x ctr x cpc

Rp = 8000 x 1,5% x 1000

Rp = 120.000

Jadi penghasilan blog kamu dalam sehari adalah Rp 120.000 x 30 hari = Rp 3.600.000 per bulan.

 

Bagaimana jika Anda adalah Pemilik Blog / Web besar seperti kaskus.coid, detik.com, kompas.com dengan jumlah pengunjung dan Page view jutaan halaman per hari ? dengan rumus diatas kira 2 berapakah potensi penghasilan yang bisa Anda dapatkan ?

About Bas