Tuesday , October 20 2020

Benarkah Pembalut Dapat Menyebabkan Kanker Serviks ?

Banyak penyakit kewanitaan yang meresahkan, salah satunya adalah Kanker Serviks. Pasalnya, organ kewanitaan bisa menyimpan berbagai macam resiko, seperti pembalut. Tapi, apakah benar, pembalut bisa menjadi masalah bagi organ intim wanita? Yuk, simak beberapa infonya berikut ini!

Menurut Dr. Nina Amelia Gunawan, Kanker Serviks disebabkan oleh Human Papillomavirus (HPV) yang dapat menyebar melalui hubungan seksual. Beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya Kanker Serviks, beberapa diantaranya adalah merokok, HIV, penggunaan KB hormonal dalam jangka waktu lama, melahirkan 3 anak atau lebih ataupun memiliki partner seksual lebih dari satu. Namun, hingga saat ini belum ada kaitannya antara penggunaan pembalut dengan resiko Kanker Serviks.

Tapi, Anda harus tetap berhati-hati. Sebagai wanita, perlu memahami penggunaan pembalut yang tidak sesuai dapat meningkatkan resiko infeksi pada bagian kewanitaan Anda. Ketika sedang menstruasi dan menggunakan pembalut, area kewanitaan Anda akan menjadi lembab. Hal tersebut bisa menyebabkan bakteri berkembang biak. Pasalnya, pertumbuhan bakteri yang terdapat pada pembalut konvensional dapat menyebabkan perubahan pH pada vagina akibat dari reaksi bahan kimia seperti serat sintetik, materi plastik, zat pengikat penyerapan.

Ketika sedang mestruasi, pasti Anda pernah merasakan perih atau tidak nyamannya area kewanitaan akibat gesekan berlebih antara kulit dan pembalut. Kuman yang dapat menyebabkan infeksi tersebut bernama Staphylococcus Aureus. Pada saat vagina sedikit terluka, bakteri memiliki peluang untuk masuk ke dalam tubuh sehingga menimbulkan infeksi. Apabila area kewanitaan terinfeksi oleh bakteri tersebut bisa menyebabkan komplikasi berat berupa Toxic Shock Syndrome.

Mulai sekarang, jangan pernah menganggap remeh pembalut. Pembalut memang belum terbukti dapat menyebabkan Kanker Serviks. Namun, pembalut bisa membuat organ intim Anda terinfeksi. Pedulilah terhadap kesehatan Anda sendiri dan tetap perhatikan penggunaan pembalut.

About Bas