Tuesday , October 20 2020

Ciri Ciri Rumah Sehat dan Nyaman Untuk Dibeli

Kriteria Rumah Layak Huni, Sehat dan Nyaman

Sebelum memutuskan untuk membei rumah, sebaiknya Anda selaku pembeli memperhatikan beberapa faktor penting sebelum Anda kecewa dikemudian hari.

Selain faktor harga rumah yang murah sesuai dengan kualitas rumah dan tentu saja ketersediaan uang di kantong Anda dan juga untuk keuntungan investasi jangka panjang, Rumah Sehat dan Nyaman adalah hal dasar dan mutlak yang harus Anda ketahui dari rumah yang akan Anda beli.

Berikut adalah ciri ciri rumah sehat dan nyaman yang cocok untuk Anda beli :

1. Fasilitas Rumah

Air

Air adalah kebutuhan dasar manusia. Tak ada manusia yang bisa bertahan hidup tanpa Air, jadi ini sangat penting sekali dan hal pertama yang harus anda perhatikan sebelum membeli rumah.

Pastikan instalasi air dirumah yang akan Anda beli sudah terpasang, dan tanyakan sumber air berasal dari mana. Apakah air lancar mengalir dan tidak sering mati ? Tanyakan juga tentang kualitas air apakah layak minum.

Jangan sampai Anda dibuat tidak nyaman karena air tidak tersedia disaat Anda dan keluarga sangat membutuhkan air.

Listrik

Ketersediaan Listrik tidak bisa ditawar tawar lagi, karena ini adalah kebutuhan dasar setiap orang. Pastikan Instalasi Listrik sudah mendapatkan SLO ( Sertifikat Laik Operasi ) yang dikeluarkan oleh KONSUIL PLN.

Dengan adanya SLO maka Anda tidak perlu lagi memeriksa keamanan instalasi listrik di rumah yang akan Anda beli, karena Standart instalasi Listrik dirumah tersebut sudah pasti aman karena sudah diperiksa oleh lembaga resmi yang ditunjuk pemerintah.

Sanitasi

Periksa betul betul Sanitsai dirumah yang akan Anda beli, kemana limbah rumah tangga akan dibuang. Jangan sampai Anda kecewa dan repot dikemudian hari karena limbah rumah tangga Anda sering terjadi masalah misalnya Septictank buntu, penuh atau terbuang ditempat yang tidak semestinya yang akan menyebabkan rumah anda menjadi tidak sehat karena bau limbah keluarga.

Hemat

Beberapa desain rumah dirancang dengan tidak hemat sehingga menyebabkan biaya tambahan yang harus Anda keluarkan untu membuat rumah menjadi nyaman ditinggali. Sirkulasi udara yang tidak leluasa menyebabkan temperatur rumah Anda akan menjadi panas dan diperlukan biaya tambahan untuk mendinginkan rumah yang panas tersebut dan tentunya Anda harus mengeluarkan biaya tambahan misal membeli kipas angin atau AC yang lebih dari satu.

Jendela rumah yang terlalu kecil dan sedikit akan menyebabkan gelapnya ruangan rumah Anda dan tentunya Anda akan memerukan penerangan yang lebih dengan memasang lampu yang lebih besar. Semakin besar daya lampu maka pemakaian listrik akan membutuhkan biaya yang banyak. Perhatiakn juga warna cat ruangan yang menyebabkan rumah Anda menjadi Gelap.

Halaman Rumah

Rumah yang tidak memiliki halaman rumah akan terasa gersang. Taman / kebun kecil di depan rumah akan membuat suasana rumah Anda menjadi segar, sejuk dan indah dipandang mata di saat panas.

Debu yang tersapu angin juga dapat di minimalisir denga adanya taman rumah yang ditanami rumput hias, bunga dan pepohonan yang rindang.

Arah Rumah

Sulit memang kecuali jika Anda beruntung, Rumah yang menghadap ke arah Timur adalah pilihan kebanyakan orang. Berjemur di saat matahari pagi bersinar di teras rumah tentunya lebih sehat, nyaman dan menyenangkan.

 

2. Lingkungan Sekitar Rumah

Bebas Banjir

Tentunya banjir akan membuat Anda sekeluarga merasa tidak nyaman dan repot menempati rumah Anda kelak. Pastikan daerah rumah yang akan anda beli bebas dari banjir. Tanyakan kepada orang orang disekitar rumah apakah daerah sekitar rumah anda sebelumnya bebas dari banjir.

Jangan membeli rumah yang tinggi pondasi dan lantai rumahnya rata atau bahkan lebih rendah dari badan jalan, Saluran air yang tersumbat pada saat hujan bisa menyebabkan rumah Anda terendam air hujan walaupun daerah tempat tinggal Anda sebenarnya bebas banjir.

Aman

Keamanan menjadi faktor yang penting dalam berkeluarga. Bayangkan kalau Anda dan keluarga Anda tinggal dilingkungan yang rawan pencurian, perampokan dan kejahatan lainya.

Pastikan bahwa lingkungan rumah tinggal Anda dijaga oleh pihak keamanan semisal poskamling dan Satpam.

Bersih

Tinggal di lingkungan yang bersih sama dengan menjauhkan diri dari potensi gangguan kesehatan. Pastikan dilingkungan tempat tinggal Anda jauh dari TPS ( Tempat Pembuangan Sampah ) atau TPA ( Tempat Pembuangan Akhir ). Bau sampah dan banyaknya kuman penyakit disekitar TPA bisa menggaggu kenyamanan dan kesehatan keluarga Anda. Pastikan juga di tempat tinggal Anda ada petugas kebersihan yang selalu siap membuang samah di Rumah Anda.

Bebas Polusi

Tinggal di rumah yang tidak terlalu dekat dengan jalan raya adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang menginginkan suasana tenang jauh dari suara bising kendaraan bermotor.

Lokasi Rumah yang terlalu dekat dengan Pabrik juga dapat menggaggu kenyamanan Anda sekelurga. Kemungkinan besar Anda akan terganggu oleh aktifitas Pabrik berupa suara dan bau yang menyengat.

Hindari Rumah yang dekat dengan pembuangan sampah yang dapat menimbulkan bau tidak sedap.

3. Lokasi Rumah

Tapi jangan lupa tujuan utama orang membeli rumah tentunya berbeda beda. Mungkin Anda tidak akan mendapatkan semua kriteria rumah idaman yang menjadi impian Anda seperti contoh diatas, karena beberapa Faktor utama sebagai berikut :

Tempat Kerja atau Bisnis

Jika tempat kerja atau usaha Anda berada di desa tentu tidak menjadi masalah. Namun bila Anda tinggal di kota besar yang hampir tiap hari terjebak kemacetan tentu menjadi pertimbangan dalam menentukan lokasi rumah yang akan Anda beli.

Sekolah Anak

Anak pergi ke Sekolah hapir tiap hari seperti orang bekerja. Tentu sangat tersiksa bila rumah yang Anda beli jauh dari sekolah anak anak Anda. Selain ongkos transport yang lebih banyak juga waktu yang lama dan melelahkan selama perjalanan ke tempat sekolah anak Anda.

Memilih lokasi rumah yang dekat dengan aktifitas yang sering Anda sekeluarga lakukan akan membuat Anda merasa nyaman di kemudian hari.

 

membeli rumah sehat dan nyaman, dilut.com

About Bas