Belanja Hemat Selama Lebaran? Lakukan 7 Tips Ini

Menjelang Lebaran sebagian orang sudah mulai sibuk mulai dari belanja makanan hingga baju baru. Namun kamu pasti menginginkan agar finansial kamu tetap terjaga bukan? Karena dengan hemat, kamu bisa mengalihkan uangmu untuk investasi. Nah, Agar kamu tetap hemat belanja untuk keperluan lebaran nanti. Yuk lakukan 7 tips ini guys!.

1. Pakai OVO

Bagi kamu yang tidak terbiasa untuk membawa sejumlah uang di dompet dengan jumlah yang banyak, OVO bisa menjadi solusinya untuk transaksi kamu. Selain memudahkan kamu untuk transaksi tanpa menggunakan uang cash, namun juga akan memanjakan kamu dengan beragam promo yang menarik.

Mulai dari transfer bank tanpa terkena biaya layanan atau admin hingga kemudahan bayar online. OVO yang dikeluarkan oleh bank nobu ini sangat menarik. Yuk segera miliki aplikasi OVO untuk bisa mendapatkan kemudahan dalam penawaran bertransaksi lainnya.

2. Jastip Terpercaya

Ingin belanja barang-barang impian tapi jauh dari tempat tinggal? Tenang, saat ini sudah banyak jasa titip beli terpercaya atau biasanya sering disebut Jastiper. Seperti Namanya Jastiper  merupakan jasa yang memberikan barang sesuai permintaan pelanggan.

Biasanya jastip memanfaatkan teknologi berupa media sosial sebagai tempat untuk menawarkan jasa pembelian barang tersebut. Untuk kamu yang masih ragu atau belum pernah menggunakan jasa ini, lebih baik untuk mencari tahu reputasi terlebih dahulu. Kamu bisa mengecek testimoni yang pernah memakai jasa mereka.

3. Manfaatkan Promo

Ketika berbelanja untuk persiapan lebaran, pastinya kamu suka gelap mata untuk memborong semua yang ada di depan mata. Akibatnya, kamu akan membeli barang-barang yang sebenarnya kurang berguna.  Atau kalau tidak, kamu pasti suka malas jika harus membaca detail promo dari masing-masing produk. Akhirnya bukannya bisa belanja puas, tetapi malah jadi tekor sendiri.

Nah, maka dari itu kamu perlu sekali untuk memanfaatkan promo produk yang akan kamu beli. Karena, ketika menjelang puasa pastinya banyak sekali promo-promo menarik yang dihadirkan, baik dari mulai toko online hingga offline. Namun dari banyaknya promo belanja, kamu harus lebih cermat lagi dalam berbelanja agar kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih dan tak jadi kebablasan.

4. Bandingkan Harga Sale

Ketika berbelanja, kamu mungkin sering lupa mengecek harga-harga sale yang ada. Sehingga pengeluaranmu akan menjadi semakin banyak akibat kamu tak pandai memilih-milih mana yang murah, mana yang mahal. Untuk mengurangi pengeluaran memang sangat sulit. Namun dengan membandingkan harga sale adalah salah satu pendukung untuk menghemat pengeluaran kamu.

Jika kamu  pada akhirnya kamu memang harus membeli suatu barang, Pastikan kamu bisa untuk mendapatkan harga barang yang lebih murah untuk jenis produk yang sama. Caranya adalah dengan membandingkan harga normal dengan harga  setelah sale. Dengan begini kamu akan lebih menghemat biaya pengeluaran dengan adanya sale.

5. Gabung Arisan

Arisan bisa dibilang salah satu bentuk tabungan namun dalam jangka panjang. Kegiatan seperti ini biasanya sering dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga, dan setiap anggota biasanya menyetorkan sejumlah uang yang telah disepakati sebelumnya dalam setiap periode tertentu. Jika kamu merasa kesulitan untuk menabung, dengan mengikuti arisan ini bisa dijadikan salah satu solusi.

Karena dalam perspektif agama, kegiatan arisan ini tidak haram. Karena dalam arisan memang tidak ada peserta yang dirugikan secara finansial, serta semua peserta juga dikenakan jumlah setoran yang sama dan mendapatkan jumlah tabungan yang sama juga.

6. Jadi Reseller

Bagi kalian yang gemar atau hobi berbelanja online, pasti sudah tak asing lagi dengan istilah Reseller. Reseller adalah orang yang menjual kembali barang atau produk dari supplier kepada konsumen. Namun bedanya ketika menjadi reseler kamu tidak perlu untuk menyetok barang dagangan. Kamu cukup mempromosikan barang daganganmu ke sosial media kemudian jika ada yang ingin membeli, cukup teruskan pesanan ke supplier.

Lalu supplier akan mengirimkan barang pesanan pelanggan kamu langsung ke alamat mereka dengan atas nama olshop kamu. Di zaman yang sudah modern saat ini semakin banyak bermunculan marketplace yang telah menyediakan berbagai macam produk serta tawaran menarik untuk kerjasama menjadi resseler. Namun untuk menjadi seorang reseller kamu harus benar-benar mengetahui target pasar dan memiliki mental pebisnis.

7. Manfaatkan Bonus “Beli Banyak Gratis Produk”

Di jaman millennial saat ini, mana ada yang gratisan, semuanya harus pakai uang. Mau buang air saja juga harus membayar toilet umum. Iya bukan?

Namun, Jika ingin mendapatkan barang gratisan tentu saja saat ini selalu ada syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Kamu bisa memanfaatkan dari beli banyak gratis produk. Karena saat ini sudah banyak sekali produk-produk atau penjual yang menawarkan tawaran yang menarik untuk kebutuhan kamu.

Dengan memanfaatkan promo beli banyak gratis produk, kamu bisa menghemat pengeluaranmu dan bisa mendapatkan barang yang lebih banyak dengan harga murah. Jadi tidak ada salahnya jika kamu mempertimbangkan untuk membelinya jika ada promo tersebut.

Nah, itulah 7 tips agar kamu tetap hemat belanja untuk keperluan lebaran nanti. Selain menghemat tentunya kamu juga akan semakin pintar dalam memperhatikan produk-produk dengan harga yang miring serta memanfaatkan promo yang ada. Tak hanya itu, kamu juga bisa menabung dari bisnis resellermu itu atau memanfaatkan arisan untuk keperluanmu nanti. Setidaknya kamu bisa menghemat dan membuat tabunganmu lebih sehat.

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *