6 Barang Unik yang Bisa Dibuat Dari Kain Flanel

Siapa sih yang nggak tahu kain flanel? Kain bermaterial lembut, berserat dan tebal ini sering banget dijadikan bahan pembuatan kerajinan tangan. Pasalnya, kain flanel memang mudah dikreasikan. Corak warnanya juga beragam. Selain itu, untuk mendapatkan kain flanel juga tidaklah sulit. Kamu bisa membelinya di pasar, toko ataupun online shop.

Nah, berikut ini inspirasi barang-barang unik yang bisa dibuat dari kain flanel. Simak yuk!

1. Tas

Kerajinan tangan yang bisa Kamu buat dari kain flanel pertama adalah tas. Sebenarnya ngebikin tas itu enggak sulit kok. Terutama bila Kamu bisa menggunakan mesin jahit. Kamu bisa berlatih sebentar dengan orang yang sudah jago menjahit.

Untuk jenis tas sendiri, biar nggak ribet sebaiknya bikin handbag untuk anak kecil saja. Kamu bisa menggunakan 2-3 macam warna biar tidak monoton. Kemudian jangan lupa menambah detail-detail lucu, seperti karakter kartun, tulisan, atau simbol-simbol yang unik.

2. Bandobando 1

https://ecs7.tokopedia.net

Kain flanel juga bisa Kamu kreasikan menjadi aksesoris yang cantik, seperti ­­­­­­­­bahan yang perlu Kamu sediakan adalah bando polos (bisa beli di toko), kain flanel warna-warni, alat jahit, dan lem kain (glue gum).

Nah, untuk langkah pertama, Kamu bisa melapisi dasar bando dengan kain flanel. Kemudian bikin pola lucu seperti bunga atau pita dari kain flanel berwarna-warni, lalu tempelkan di atas bando. Udah deh! Jika ingin mempelajari lebih lanjut, Kamu bisa mencari tutorialnya di Youtube.

3. Dompet Hape

Guys, selanjutnya Kamu bisa coba bikin dompet atau casing hape dari kain flanel. Biasanya barang ini digemari banyak cewek-cewek loh! Soalnya bentuknya memang lucu dan unik. Jadi jika Kamu ngebuat dan menjualnya maka insyaAllah bakal laris.

Untuk bahan-bahan yang perlu disiapkan yakni beberapa lembar kain flanel warna-warni, kancing, lem castol, dan alat jahit (jarum dan benang). Kemudian untuk cara pembuatannya, pertama bikin dulu 2 pola berbentuk persegi panjang menggunakan kain flanel. Sesuaikan ukurannya dengan ukuran casing hape kamu. Kemudian, gunting kedua pola tersebut dan jahit sehingga berbentuk dompet.

Jika sudah selesai, buatlah pola karakter lucu sesuai keinginan, misalnya hello kitty, kupu-kupu, burung hantu, atau lainnya. Lalu terakhir, tempelkan karakter tersebut di sarung hape dengan lem castol atau dijahit. Selesai! Kamu dapat menggunakan dompet lucu itu sebagai wadah hape kamu.

4. Tempat Pensil

Benda unik yang bisa dibuat dari kain flanel berikutnya adalah tempat pensil. Sebenarnya pembuatan benda ini mirip pembuatan dompet hape. Kamu hanya perlu kreatif dalam memadukan warna dan ngebikin karakter yang imut serta cute. Dijamin deh, bila Kamu menjualnya pasti banyak orang yang ingin membelinya. Namun pastikan jahitanmu rapi ya.

5. Bros

Bros adalah salah satu aksesoris yang digemari para cewek, khususnya bagi yang berhijab. Nah, Kamu bisa membuat kreasi bros dari kain flanel. Caranya mudah kok dan enggak butuh keahlian khusus. Kamu hanya perlu menyediakan bahan-bahan sederhana, seperti beberapa buah kain flanel, alat jahit, jepit bros, lem, gunting, serta beberapa pernak-pernik (bila diperlukan).

Untuk cara pembuatannya, Kamu tentukan dulu ingin membuat bros berbentuk apa? Kamu bisa ngebuat bros kupu-kupu, bunga, pita, atau lainnya. Baiknya Kamu melihat tutorial di Youtube agar tidak salah dalam pembuatannya.

6. Tempat Tisu

Tempat Tisu 1

http://4.bp.blogspot.com

Benda selanjutnya yang bisa Kamu buat dari kain flanel adalah tempat tisu. Pembuatan benda ini juga sangat mudah. Pertama, pastikan Kamu membeli wadah tisu yang polos. Untuk bentuknya sih bebas, boleh berbentuk kotak ataupun bulat. Kemudian sediakan juga bahan lain, seperti alat jahit, gunting, dan lem.

Bila bahan sudah siap, Kamu bisa langsung membuat pola, mengguntingnya lalu menempelkannya pada wadah tisu dengan cara dijahit. Jangan lupa menambahkan hiasan lucu lainnya agar tampilan semakin menarik.

Sebenarnya masih banyak kerajinan tangan kain flanel lain yang bisa Kamu bikin, misalnya hiasan dinding, sepatu bayi, mainan anak, pocket bunga, dan sebagainya. Kamu bisa searching dan melihat tutorialnya di Youtube. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *