Wednesday , October 28 2020

5 Benda Dalam Rumah yang Harus Sering Diganti

Untuk menjaga kebersihan rumah, ternyata nggak cukup hanya dengan menyapu dan mengepel lantai. Kamu juga perlu memperhatikan benda-benda di sekitar kamu. Sebab faktanya ada beberapa jenis benda yang rentan dijadikan media perkembangan bakteri ataupun kuman. Benda yang seperti itu tentunya nggak bisa dibiarkan lama. Kamu harus sering menggantinya agar tidak mengganggu kesehatan.

Nah, berikut ini beberapa benda / barang di rumah yang harus sering diganti.

Simak ya!

 

  1. Shower Puff

Benda pertama di rumah yang harus sering diganti adalah shower puff. Benda ini biasanya dimanfaatkan untuk mandi. Fungsinya untuk alat menggosok tubuh dengan sabun cair agar lebih merata dan optimal.

Nah, menurut pakar kesehatan, shower puff harus sering diganti sebab rentan dijadikan sarang perkembangan bakteri. Saat Kamu mandi, kotoran dan kuman yang berasal dari tubuh bisa saja menempel di shower puff. Selain itu, kondisi shower puff yang cenderung lembab menjadikannya mudah dihinggapi jamur.

Apabila Kamu juga menggunakan shower puff, sebaiknya jemur di bawah sinar matahari setelah digunakan mandi. Tujuannya untuk menghambat pertumbuhan kuman ataupun bakteri. Kemudian jangan lupa menggantinya dengan yang baru setelah 3 minggu pemakaian.

  1. Sprei

Benda dalam rumah berikutnya yang harus sering diganti adalah sprei. Baik itu sprei kasur, bantal ataupun guling. Sprei ini juga menjadi media yang rentan ditempeli bakteri. Dimana asal bakteri tersebut bisa dari keringat, air liur, atau benda-benda yang Kamu letakkan di atas kasur.

Untuk mengganti sprei, Kamu nggak perlu membeli yang baru. Cukup mencuci sprei yang lama secara rutin. Paling tidak ganti sprei setiap seminggu sekali. Kemudian jangan lupa untuk menjemur bantal dan guling di bawah sinar matahari setiap hari. Dengan begitu sprei bisa lebih bersih dan Kamu terhindarkan dari risiko penyakit kulit, seperti jerawat atau gatal-gatal.

  1. Sponge Pencuci Piring

Benda lain yang harus Kamu perhatikan adalah sponge pencuci piring. Kebanyakan orang cenderung menggunakan sponge pencuci piring sampai benar-benar rusak, kira-kira 2-3 bulan. Padahal sponge ini merupakan media yang rentan jadi tempat pertumbuhan bakteri, jamur, kuman dan sejenisnya.

Bakteri tersebut umumnya berasal dari peralatan makan. Biasanya jenis bakteri Salmonella atau bisa jenis lain seperti coliform. Oleh sebab itu, Kamu harus sering-sering mengganti sponge pencuci piring. Setidaknya 2-3 minggu sekali. Selain itu usahakan mengeringkan sponge setelah digunakan ya! Dengan begitu spongenya juga enggak lembab.

  1. Sikat Gigi

Selanjutnya ada sikat gigi yang masuk dalam daftar benda yang harus sering diganti. Sikat gigi rentan dijadikan pertumbuhan bakteri yang berasal dari mulut. Dengan meletakkannya di tempat lembab, hal itu semakin memicu perkembangan kuman dan jamur.

Oleh sebab itu sikat gigi harus rutin diganti, paling tidak 3 bulan sekali. Ini sangat penting tujuannya untuk menghindari penumpukan bakteri. Dengan begitu aktivitas gogok gigimu juga nggak menimbulkan efek samping apapun.

  1. Handuk

Tahukah Kamu, ternyata pemakaian handuk enggak cukup hanya dicuci loh! Handuk merupakan media yang rentan ditumbuhi bakteri. Serat di handuk yang tebal menjadikannya lembab dan mudah dikembangi jamur. Maka itu, disarankan mengganti handuk setidaknya 4 bulan sekali.

Di samping itu, Kamu juga jangan lupa untuk selalu menjemur handuk setelah digunakan. Cuci dengan sabun 3 hari sekali. Dengan demikian, handuk kamu jadi lebih bersih dan Kamu terhindar dari penyakit.

Demikianlah beberapa benda dalam rumah yang harus sering diganti. Semoga info ini bermanfaat ya!

About Bas