Tuesday , October 27 2020

Barang Apa Saja yg Wajib Dibawa Saat Perjalanan Umroh?

Mendapatkan kesempatan untuk menjalankan umroh ke tanah suci tentunya menjadi hal menyenangkan bagi setiap umat muslim. Pasalnya, umroh merupakan salah satu ritual ibadah yang bernilai pahala tinggi. Selain itu juga bisa memberikan kedamain hati serta pengalaman yang indah. Dimana Kamu bisa melihat ka’bah, berkunjung ke Masjidil Haram, bukit Shafa dan Marwah, serta masih banyak lainnya.

Nah, jika saat ini Kamu telah mendaftar untuk perjalanan umroh, maka terdapat beberapa hal yang harus Kamu persiapkan dari jauh-jauh hari. Pertama, kesehatan fisik dan rohani kamu. Kemudian pastikan Kamu telah membooking tiket pesawat dan hotel. Lalu yang terakhir, siapkan segala perlengkapan dengan matang.

Berikut ini beberapa barang yang wajib dibawa saat perjalanan umroh. Simak yuk!

1. Dokumen Perjalanan

Benda yang wajib dibawa saat perjalanan umroh pertama adalah dokumen perjalanan. Diantaranya:

  • Tiket pesawat.
  • Bukti booking hotel atau lainnya.
  • Passport.
  • Visa.
  • Id card.

Benda-benda tersebut sebenarnya dibutuhkan untuk segala macam perjalanan ke luar negeri. Misalnya saja, tiket pesawat untuk syarat naik pesawat, passport sebagai tanda pengenal saat menyeberangi negara, dan sebagainya.

2. Dompet dan Isinya

Benda berikutnya yang wajib dibawa saat umroh adalah dompet beserta isinya. Kamu harus membawa uang cash, usahakan dalam bentuk mata uang riyal untuk mempermudah proses transaksi. Kemudian jangan lupakan kartu-kartu penting, seperti kartu kredit, Atm, Ktp, dan sebagainya.

3. Perlengkapan Ibadah

Benda yang nggak kalah penting untuk dibawa saat perjalanan umroh adalah perlengkapan ibadah. Ya, sebab tujuan utama umroh adalah ibadah kepada Allah Ta’ala. Jadi pastinya wajib bawa alat-alat ibadah, dimana meliputi:

  • Buku panduan umroh.
  • Buku doa.
  • Al-Quran.
  • Pakaian ihram (usahakan membawa lebih dari 1 set).
  • Alat sholat (mukenah, sajadah, dan sarung).
  • Audio umroh (bisa Anda download di ponsel).
  • Tasbih.

 4. Alat Navigasi

Selanjutnya, usahakan pula untuk membawa alat-alat navigasi seperti kompas atau map kota Mekkah dan Madinah. Alat ini bisa Kamu gunakan sebagai penunjuk arah serta penentu kiblat disaat darurat. Anda juga bisa mengaktifkan GPS lewat handphone.

5. Perlengkapan Mandi

Sebuah aktivitas umroh tentunya membutuhkan waktu berhari-hari. Maka itu, Anda wajib membawa perlengkapan mandi. Diantaranya sabun air, pasta gigi, sikat gigi, facial wash, handuk dan sebagainya.

6. Pakaian

Selain perlengkapan mandi, Kamu juga wajib bawa pakaian cadangan. Karena nggak mungkin juga Kamu mengenakan pakaian yang sama selama berhari-hari. Bawalah pakaian secukupnya. Dan pastikan pakaianmu berupa busana muslim yang sopan.

7. Botol Air

Oiya, saat perjalanan umroh Kamu jangan sampai lupa bawa botol air ya. Kamu nggak harus mengisinya dengan air kok! Biarpun kosong tak masalah. Botol itu nantinya bisa Kamu manfaatkan untuk mengambil air zam-zam gratis yang tersedia di sekitar masjid.

 8. Makanan Ringan

Makanan ringan menjadi salah satu barang yang wajib dibawa saat berpergian jarak jauh. Tujuannya supaya Kamu bisa mengganjal perut lapar di tengah perjalanan. Selain itu, makanan ringan juga dapat mengusir kebosanan.

9. Emergency Kit

Sediakan pula emergency kit atau kotak obat-obatan di dalam tasmu saat melakukan perjalanan umroh. Karena di Makkah, obat yang dijual di apotik belum tentu cocok untukmu. Selain itu, harganya pasti juga mahal. Nah, jadi biar nggak ribet, bawa saja obat-obatan dari rumah.

10. Alat Komunikasi

Benda terakhir yang wajib Kamu bawa alat komunikasi. Alat ini sama pentingnya seperti uang. Selain bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga di rumah, juga bisa dimanfaatkan untuk memesan kendaraan dan melihat GPS. Atau buat jaga-jaga kalau Kamu tersesat, Kamu pun bisa menghubungi rombonganmu.

Alat komunikasi yang dimaksud disini tentunya adalah handphone. Jangan lupa membawa chargernya sekalian. Powerbank dan travel adaptor.

Demikianlah beberapa barang yang wajib dibawa saat perjalanan umroh. Semoga bermanfaat dan bisa membantu.

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *