Thursday , October 22 2020

Barang Apa Saja yang Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung?

Apakah Kamu termasuk orang yang gemar mendaki gunung? Jika iya, tentunya Kamu sudah tahu dong bahwa mendaki itu aktivitas yang lumayan sulit. Selain harus menyiapkan fisik dan mental, Kamu juga perlu ngepacking barang-barang dengan lengkap. Mulai dari perlengkapan bikin tenda, masak, obat-obatan, pakaian dan sebagainya. Semua itu harus bisa masuk ke dalam tas carrier kamu.

Tapi ingat juga ya, jangan bawa barang terlalu banyak. Sebab itu justru akan memberatkanmu, sehingga efeknya Kamu bakal cepat kelelahan saat mendaki. Baiknya bawalah barang secukupnya saja, dan pastikan perlengkapan tersebut memang benar-benar penting.

Nah, berikut ini beberapa barang yang wajib dibawa saat mendaki.

Simak yuk!

1. Tas Carrier

Ketika Kamu hendak mendaki gunung, maka sebaiknya Kamu bawa tas ransel atau carrier. Jenis tas ini sangat cocok digunakan untuk perjalanan jauh sebab ruang tasnya luas. Sehingga muat untuk dimasuki banyak barang.

 2. Tenda dan Kelengkapannya

Benda lain yang tak boleh dilupakan saat mendaki gunung adalah tenda dan kelengkapannya. Dengan membawa tenda, Kamu bisa menggelar tempat peristirahatan setelah capek mendaki.

Adapun beberapa perlengkapan kemah, yakni:

  • Tenda.
  • Matras.
  • Sleeping bag.
  • Korek api dan pemantiknya, untuk bikin api unggun.

Tentunya berkemah di gunung itu menyenangkan, loh! Kamu bisa melihat keindahan langit malam, sekaligus merasakan sensasi alam secara langsung. Oiya, untuk mendapatkan perlengkapan tenda Kamu nggak perlu beli, kok! Cukup menyewa saja. Sekarang ini ada banyak tempat penyewaan alat camping.

3. Kompas dan Peta

Selanjutnya, benda yang wajib Kamu bawa adalah peralatan navigasi atau petunjuk arah, yakni kompas dan peta. Ini diperlukan untuk berjaga-jaga bila Kamu tersesat atau bingung mencari lokasi. Sebab bagaimanapun juga, ketika di pegunungan biasanya sinyal sudah didapat. Jadi Kamu nggak boleh terlalu mengandalkan GPS di ponsel.

4. Senter

Peralatan berikutnya yang harus dibawa saat mendaki adalah senter. Benda kecil ini berguna sebagai penerang jalan di malam hari agar Kamu enggak kegelapan. Kamu bisa membawa senter tangan atau headlamp, apapun itu yang penting sediakan baterai cadangan.

5. Sepatu Gunung atau Hiking

Demi keselamatan, sebaiknya Kamu menggunakan sepatu gunung saat mendaki. Sepatu gunung tersebut sangat aman bagi para pendaki, sebab memang telah dirancang khusus untuk bertahan melewati medan terjal.

6. Makanan Ringan

Supaya nggak kelaparan saat mendaki, Kamu juga jangan lupa membawa makanan ringan, seperti snack serta air mineral. Kamu bisa mengkonsumsinya ketika beristirahat di tengah perjalanan. Dengan begitu, tenagamu bisa pulih kembali dan lebih bersemangat untuk mendaki.

7. Pakaian

Benda berikutnya yang harus dibawa saat mendaki adalah pakaian. Kamu nggak perlu bawa pakaian banyak. Secukupnya saja, yang penting ada cadangan. Jika Kamu berniat menginap sehari untuk berkemah, Kamu bisa bawa 2 baju cadangan. Kemudian jangan lupa bawa jacket, selimut, kaos kaki, sarung tangan, syal dan topi.

8. Jas Hujan

Untuk berjaga-jaga barangkali hujan turun mendadak, maka Kamu perlu membawa jas hujan. Sebab saat mendaki, Kamu berada di alam terbuka. Enggak ada tempat berteduh. Oleh karena itu, Kamu wajib bawa jas hujan supaya nggak kehujanan dan sakit.

9. Set Perlengkapan Masak

Apabila Kamu berencana menginap saat mendaki maka sebaiknya bawalah set perlengkapan masak. Kamu nggak perlu bawa barang-barang dari dapurmu ya! Tapi belilah cooking set khusus camping. Misalnya Trangia. Biasanya cooking set tersebut sudah meliputi kompor mini, panci dan sebagainya. Kamu hanya perlu membeli tabung gas dan bahan bakar spiritusnya aja.

 10. Perlengkapan Mandi

Entah Kamu berencana mandi atau tidak, tapi Kamu tetap harus membawa perlengkapan mandi. Karena bagaimanapun juga Kamu butuh menggosok gigi dan cuci muka supaya nggak terlihat lusuh serta kotor. Nah, perlengkapan mandi yang sebaiknya Kamu bawa yakni sabun cair, facial wash, pasta dan sikat gigi, serta handuk mini.

 11. Kotak P3K

Benda yang wajib dibawa saat mendaki terakhir adalah kotak P3K, termasuk obat merah (betadine), handyplast, kasa pembalut, serta obat-obatan oral (misalnya obat diare, obat panas, dan sejenisnya). Ini sangat penting sebab di tengah gunung enggak ada apotek. 

Demikianlah beberapa barang yang wajib dibawa saat mendaki. Semoga info ini bermanfaat dan bisa membantu.

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *