Wednesday , October 28 2020

Bahaya Rokok Dapat Menyebabkan Otak Mengecil

Sekumpulan peneliti  di Montreal Neurologic at Institute di Mc Giil University dan University Edinburgh mengungkapkan fakta baru yang mengerikan dimana rokok tak hanya mampu menghambat pertumbuhan fisik, melainkan pada bagian otak. Penelitian tersebut diungkapkan bahwa merokok dalam jangka panjang bisa membuat bagian yang terpenting dalam otak mengecil. Bagian yang akan mengalami  pengecilan adalah lapisan Cortex. Cortex adalah bagian paling luar dari otak yang memiliki fungsi untuk kognitif penting seperti penyimpanan ingatan, kemampuan berbahasa, dan persepsi.

Menurut penelitian tersebut dengan berhentinya aktifitas merokok maka akan membantu mengembalikan keadaan lapisan cortex namun tidaklah terlalu persis dengan keadaan seperti semula seperi dilansir Science Daily (10/02).

Dr. Sherif Karama dari Mc Gill University mengungkapkan bahwa mantan perokok dan perokok dalam usianya yang ke-73 tahun memiliki lapisan cortex lebih tipis dibandingkan dengan  yang tidak pernah merokok. Beliau membenarkan bahwa kebiasaan merokok akan membuat lapisan cortex otak perokok menipis sekaligus mengurangi kemampuan kognitif yang signifikan.

Berhentilah merokok dari sekarang. Bukan  hal yang sulit bukan ? untuk melindungi kesehatan Anda. Tak hanya kesehatan paru-paru atau tubuh, melainkan kesehatan otak serta kognitif Anda.