Thursday , October 22 2020

5 Bahasa yang Diklaim Tersulit di Dunia, Mana yang Kamu Bisa?

Belajar bahasa tentu menjadi hal yang cukup menyenangkan. Namun sayangnya, tidak semua bahasa bisa dipelajari dengan mudah. Terdapat beberapa negara yang memiliki bahasa cukup susah dimengerti. Antara penulisan, pengucapan dan intonasi berbeda. Bahkan kosakatanya mencapai ribuan. Huih, pasti pusing kan?

Nah, berikut ini beberapa bahasa yang diklaim sebagai bahasa tersulit di dunia. Apa aja ya? Langsung simak kuy!

 

1. Bahasa Rusia

1.     Rusia diklaim memiliki bahasa yang paling sulit dipelajari di dunia. Cukup melihat bentuk huruf saja dijamin Kamu bakal merasa pusing. Abjad Rusia ini dikenal sebagai alfabet Kiril. Jumlahnya memang tidak banyak, hanya 33 huruf. Namun demikian pola alfabetnya sangat jauh berbeda dari alfabet umum. Bisa dikatakan mirip kata sandi.

Yang lebih membingungkan lagi, pelafalan abjad juga berbeda dari tulisannya. Ini bisa berubah-ubah bergantung pada konteks kalimat. Kamu juga harus menyediakan waktu lebih untuk memahami masalah intonasi. Sebab dalam bahasa Rusia, tidak pola yang jelas untuk pemberian tekanan pada setiap suku kata.

2. Bahasa Mandarin

Kamu fasih berbahasa mandarin? Berbanggalah, karena bahasa Negara China ini termasuk bahasa tersulit di dunia. Kamu harus menghafalkan sekitar 3500 karakter dari total 80.000 karakter untuk bisa melakukan percakapan sehari-hari.

Selain itu, makna dari kata yang diucapkan juga bisa berubah-ubah, bergantung pada struktur kalimat (grammar) dan intonasi. Uniknya lagi, intonasi bahasa mandarin terbagi menjadi 5 nada berbeda. Jadi Kamu wajib mempelajari masing-masing penekanan ucapan agar bisa benar-benar fasih berbahasa chinese.

3. Bahasa Arabic

Bahasa yang kerap digunakan oleh masyarakat Timur Tengah ini juga dianggap sebagai bahasa yang susah dikuasai. Pasalnya alfabet bahasa arab jauh berbeda dari alfabet pada umumnya. Dikenal dengan sebutan huruf Hijaiyah, jumlahnya abjadnya ada 28 . Selain itu juga memerlukan ‘tanda baca’ untuk menuliskan kata atau kalimat.

Uniknya lagi, bahasa arab juga memiliki tata bahasa yang cukup kompleks. Antara perempuan dan laki-laki, tunggal dan jamak, nominal dan verbal, semua itu ada aturannya masing-masing. Selain itu,  gaya penulisannya juga cukup berbeda dari umumnya. Bahasa Arab ditulis dari kanan ke kiri seperti huruf dalam Al-Quran.

Biarpun dianggap sulit, sebenarnya mempelajari bahasa Arab adalah hal yang menyenangkan. Kamu hanya perlu membiasakannya maka segalanya akan terasa mudah.

4. Bahasa Jepang

Negeri Sakura ini juga masuk dalam kategori negara yang memiliki bahasa tersulit. Disana terdapat 3 jenis abjad yang harus dipelajari, diantaranya hiragana (46 karakter), katakana (51 karakter) dan kanji (lebih dari 50.000). 

Struktur abjad huruf Jepang sangat berbeda dari pengucapannya. Jadi Kamu harus menghafalnya berkali-kali. Terlebih lagi untuk karakter kanji yang terbilang “njelimet”, ini cukup susah dipelajari. Namun demikian Kamu hanya perlu menghafal sekitar 2000 karakter kanji untuk melakukan percakapan sehari-hari. Oiya, untuk penggunaan ketiga jenis abjad tersebut (Hiragana, Katakana dan Kanji) biasanya  disesuaikan dengan kondisi dan jenis kalimat. Kamu harus mempelajari lebih dalam untuk mengetahuinya.

5. Bahasa Korea

Siapa sangka, ternyata bahasa Korea juga termasuk bahasa tersulit di dunia loh! Negeri Ginseng ini memiliki alfabet yang dikenal sebagai huruf hangul. Jumlah totalnya ada 40 huruf, dengan pembagian 21 vokal dan 19 konsonan.

Kesulitan bahasa Korea terletak pada pengucapan yang sangat berbeda dari struktur huruf. Selain itu, tata bahasa juga memiliki aturan-aturan kompleks. Misalnya saja untuk berbicara dengan orang tua dan sesama usia maka kata yang dipilih juga berbeda.

Well, walau dianggap sulit nyatanya banyak juga orang Indonesia yang berhasil menghafal bahasa Korea. Ya mungkin dikarenakan sering menonton drama-dramanya ya, hehe.

Nah, dari kelima bahasa diatas menurutmu mana nih yang paling sulit, Guys? Atau mungkin Kamu jago salah satu bahasa tersebut? Share yuk!

About Bas