Wednesday , October 28 2020

Bagaimana Cara Menghemat Uang? 11 Tips Berikut Juga Ramah Lingkungan Lho

Kamu yang care dengan keadaan bumi saat ini, tidak perlu deh repot-repot bergabung dengan klub atau yayasan peduli lingkungan tertentu. Kamu bisa kok ‘menyelamatkan’ bumi dari rumah.

Selain dengan membuang sampah pada tempatnya, ada 11 cara lain yang bisa diterapkan. Bonusnya, semua tips di bawah ini juga dapat menurunkan jumlah pengeluaran lho. Asyik kan?!

1.Buat ‘taman’ versimu

Untung-untung kalau ada lahan lebih, jadi bisa bikin kebun/ taman sendiri. Tapi bagaimana bila tidak?! Tenang, walau cuma tersisa bingkai jendela saja di rumah, itu sudah cukup kok.

Dalam pot-pot kecil, tanamlah lobak, bayam, ceri, tomat, basil, atau bawang putih. Selain bisa dipanen, rumah jadi lebih sejuk dan kaya oksigen pula.

2.Daur ulang yuk

Jika punya waktu, kamu juga dapat mengembangkan kreativitas dengan mendaur ulang sampah atau barang bekas. Contoh, gunakan botol bekas air mineral sebagai pot bunga. Dengan begitu, kamu tidak perlu merogoh kocek lebih untuk membeli pot baru.

3.Naik sepeda

Jika jarak rumah dan kantor tergolong dekat, tapi terlalu jauh bila ditempuh melalui jalan kaki, maka kamu tinggal berdayakan alat transportasi umum atau sepeda pancal. Tubuh tak hanya sehat karena bisa sekalian olahraga sebelum kerja, namun polusi udara juga berkurang.

4.Matikan gadget

Meski dalam sleep mode, gadget seperti komputer, TV, dan lainnya tetap menggunakan energi. Jadi sebaiknya, cabut atau matikan alat elektronik ketika tidak dipakai.

5.Belanja di pasar lokal

Mungkin tak pernah terpikirkan bahwa untuk memindahkan sayuran dan buah segar dari 1 daerah ke lainnya, diperlukan energi yang besar, apakah itu bensin atau lainnya. Karena itu, sedapat mungkin belanjalah di pasar lokal. Selain harganya biasanya lebih murah, produknya juga lebih segar kan?!

6.Baca buku online

Hampir sebagian besar buku sudah ada versi online-nya belakangan ini. Oleh karenanya, ketimbang membeli buku secara fisik, bacalah dalam versi ebook saja. Dengan begitu, jumlah batang pohon yang ditebang untuk bahan kertas berkurang.

7.Minimalkan penggunaan tisu

Habis cuci tangan, keringkan pakai tisu. Berkeringat, ambil tisu lagi. Dari kamar mandi, pakai tisu lagi. Entah berapa banyak lembar tisu (atau batang pohon) yang sudah ‘terbuang’ setiap harinya.

Daripada boros begitu, lebih baik gunakan kaos bekas dan handuk sebagai penggantinya.

8.Hidup preloved!

Memang sih kawan, tips satu ini agak susah diterapkan. Tapi faktanya, salah satu upaya untuk menyelamatkan lingkungan adalah dengan tidak membeli barang baru. Oleh karenanya, kalau perlu sesuatu, jangan malu cari yang preloved (bekas pakai). Siapa tahu temanmu punya apa yang kamu cari, dan begitu pula sebaliknya, kan lumayan jika barter. Di samping itu, dibanding yang baru, harga produk preloved juga jauh lebih murah.

9.Gunakan mesin pencuci piring

Dibanding metode cuci piring biasa, mesin cuci piring jauh lebih ramah lingkungan karena lebih hemat air.

10.Kurang frekuensi cuci baju

Tips di sini bukan artinya kamu tidak boleh sering ganti baju. Ya bila memang sudah kotor, pakaian tetap perlu diganti.
Hanya saja, hindari sedikit-sedikit nyuci.

Sebaiknya kumpulkan dulu, lalu cuci sekaligus sehingga kadar energi dan air yang dipakai berkurang. Dan bila memungkinkan, keringkan dengan cara menjemur (ketimbang pakai mesin pengering).

11.Beli botol minum berkualitas

Nah tips yang terakhir ini juga yang mungkin sering terlewatkan. Dalam rangka penghematan dan wujud kepedulian lingkungan, mulai sekarang beli dan bawalah air minum sendiri. Hindari menghamburkan uang, meski cuma beberapa ribu rupiah untuk membeli air mineral. Dengan demikian, jumlah sampah plastik dapat berkurang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *