Sunday , October 25 2020

Bagaimana Cara Kurangi Berat Badan Tanpa Korbankan Makanan Favorit?!

Diet biasanya identik dengan kesan tersiksa. Bayangkan saja, apa yang kita sukai umumnya tidak boleh dimakan. Tapi itu dulu!

Berkat hasil dari beberapa studi, para ahli menyatakan bahwa berat badan dapat tetap turun tanpa perlu mengorbankan makanan kesukaan. Bagaimana caranya? Baca dan terapkan tips yang mau lewat berikut.

1.Gigit sepotong kecil lalu kunyah pelan-pelan

Hasil penelitian membuktikan butuh waktu bagi otak untuk memproses informasi bahwa perut sudah kenyang dan kamu tidak lapar lagi. Oleh karenanya, memperlambat proses pengunyahan dianggap mampu menurunkan jumlah makanan yang disantap – artinya kamu tanpa sadar jadi makan lebih sedikit. Jadi mulai sekarang, gigit makanan sedikit demi sedikit, dan kunyah itu sebanyak 10-20 kali hitungan.

2.Buat makananmu menarik

Apakah menurutmu sayuran itu membosankan sehingga malas rasanya mengonsumsinya? Jika demikian, sajikan dengan cara kreatif, misalnya dengan membentuk wajah tersenyum, bintang, bunga, atau lainnya.

3.Jangan lewatkan sarapan

Tak peduli seburu-buru apapun, sempatkan untuk tetap sarapan setiap pagi, atau kemas dan bawa itu ke tempat kerja. Pilih menu tinggi serat dan protein seperti bubur whole grain dan yogurt, dengan begitu kebutuhan energi terpenuhi dan kamu takkan mudah kelaparan.

4.Lebih aktif bergerak

Keinginan untuk jadi lebih langsing tak mungkin hanya diperoleh dari diet saja, melainkan ditentukan juga dari apa yang kamu lakukan di sela-sela jam makan.

Karenanya, bergeraklah lebih banyak dari biasanya. Gunakan tangga ketimbang lift, berjalanlah ketika ingin pergi ke minimarket ketimbang pakai mobil/ motor, parkir kendaraan di lokasi yang agak jauh, atau sering-seringlah naik sepeda.

5.Makan bersama keluarga

Para ahli menyatakan makan bersama seluruh keluarga mendatangkan beberapa keuntungan. Pertama, membuatmu makan lebih lambat dan sedikit sebab perut jadi lebih cepat kenyang. Berikutnya, masakan rumahan umumnya jauh lebih sehat. Terakhir, hubungan antara anggota keluarga jadi lebih baik.

6.Foto dan upload dulu sebelum makan

Beberapa psikolog menyarankan agar kamu mengabadikan lebih dulu setiap menu makan atau cemilan sebelum mengonsumsinya. Ya lakukan setiap hari, supaya kamu ingat apa saja yang sudah masuk dalam tubuhmu seharian itu. Ya biar kamu nggak makan berlebihan juga.

7.Sesekali manjakan dirimu

Menjauhi makanan manis sama sekali memang bagian paling menyiksa dari program diet. Untungnya kamu tak perlu melakukan itu.

Hasil studi terkini menunjukkan kamu boleh sedikit memanjakan diri. Batasannya sebenarnya pada nafsu makannya. Karena itu sebelum makan, tanyai diri sendiri dulu soal apakah kamu benar-benar menginginkan itu. Jika ya, makanlah, tapi bila tak terlalu, maka batasi porsinya.

8.Cukup tidur

Faktanya memang ada kaitan erat antara kurang tidur dengan obesitas. Oleh sebab itu, jangan tidur terlalu malam agar tak ada kesempatan untuk makan di malam hari. Selain itu ingat kalau tubuh lelah akan mengalami perubahan hormon yang memicu rasa lapar.

9.Atasi stres segera

Stres juga bisa memicu kenaikan berat badan karena efek hormon kortisol yang menyebabkan makan berlebihan. Oleh sebab itu, jangan abaikan stres. Segera cari cara efektif untuk mengatasinya.

10.Minum air secukupnya

Otak kadang menyalah-artikan haus dengan lapar. Oleh sebab itu, seseorang cenderung makan berlebihan ketika haus. Untuk menghindarinya, minumlah air secukupnya.

11.Hindari godaan

Tidak membeli, otomatis tidak bisa makan kan?! Jadi daripada membuang uang untuk membeli snack berkalori tinggi, sebaiknya berinvestasilah pada buah-buahan saja.

Dan bila kamu suka ngemil sambil nonton TV, bawalah seporsi kecil snack saja. Selain itu, putuskan untuk mengonsumsi hanya 1 porsi dessert sehingga kalori yang masuk dalam tubuh tak terlalu banyak. Dengan begitu, otak takkan mengirimkan sinyal ‘tersiksa’ karena tidak bisa makan enak.

12.Kurangi porsinya 10% saja

Para ilmuwan memastikan, tubuh takkan tahu bila kamu mengurangi porsi makan 5-10% saja. Metode ini lebih baik ketimbang menghindari sama sekali makanan favorit. Jadi kalau memang ingin makan sesuatu, ambil piring yang lebih kecil saja.

So, sudah siap praktek kawan?!

About megsaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *