Bagaimana Cara Duduk yang Baik Saat Bekerja Depan Komputer?

Bagaimana cara duduk yang baik saat bekerja dengan komputer bukanlah pertanyaan yang sulit dijawab. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan berkenaan dengan hal ini.

Anda juga tidak perlu terlalu ekstrim dalam melangkah, seperti resign dari pekerjaan. Cukup lakukan beberapa saran berikut agar karir tidak sampai merusak kesehatan dan postur tubuh:

1. Gunakan kursi yang memadai

Saat bekerja dengan komputer, Anda disarankan duduk di atas kursi yang memadai. Konteks memadai di sini berarti kursi tersebut harus:

  • Mampu menopang punggung dengan baik, khususnya punggung bagian bawah.
  • Dapat di setel ulang, baik dari segi tinggi, sudut sandaran, serta kemiringannya.
  • Membuat posisi lutut sedikit lebih rendah dari pinggul.

Secara gampangnya, sedapat mungkin belilah kursi ergonomik.

2. Sesuaikan kursinya

Setelah memastikan kursinya sudah memadai, langkah berikutnya adalah mengatur ketinggiannya. Saat duduk di atasnya, pastikan Anda dapat menggunakan keyboard dengan posisi pergelangan tangan dan lengan bawah paralel dengan lantai. Di samping itu, siku sebaiknya tetap dekat sisi tubuh sehingga lengan tampak membentuk huruf L.

3. Perhatikan pula posisi kaki

Bagaimana cara duduk yang baik saat bekerja dengan komputer berikutnya adalah dengan memastikan kaki menginjak lantai dengan posisi telapak datar. Jangan biarkan kaki bergelantungan atau jinjit karena posisi semacam ini jelas tidak nyaman.

Jika kursi dan meja terlalu tinggi, maka gunakan penyangga kaki sehingga tubuh tetap nyaman. Hindari menyilangkan kaki saat duduk bekerja karena kebiasaan buruk ini dapat merusak postur tubuh.

4. Layar komputer sejajar mata

Sementara untuk layar komputernya, posisinya disarankan tepat di depan tubuh. Selain itu, monitor sebaiknya diletakkan sejauh rentangan lengan, dengan bagian atas layar sejajar dengan mata. Tidak mengapa bila tidak ada monitor stand, yang penting usahakan agar posisi layarnya tidak terlalu tinggi atau rendah agar leher tetap nyaman.

 5. Posisi keyboard lurus di depan dada

Bagaimana cara duduk yang baik saat bekerja dengan komputer selanjutnya adalah dengan meletakkan keyboard sejajar dengan dada. Beri jarak antara keyboard dengan ujung meja sehingga pergelangan tangan tetap tersanggah saat mengetik.

6. Mouse harus tetap dekat

Mouse kura kura hijau
Mouse kura kura hijau (dx.com)

Hal serupa berlaku untuk mouse. Letakkan itu sedekat mungkin agar pergelangan tangan tetap lurus dan tidak tertekuk tanpa sadar sewaktu menggunakannya.

7. Pasang pelindung layar

Pelindung layar komputer
Pelindung layar komputer (amazon.com)

Bagaimana cara duduk yang baik saat bekerja dengan komputer berikutnya adalah dengan memasang lapisan anti silau pada monitor. Lebih dari itu, posisikan pula layar komputer agar tidak sampai memantulkan cahaya lampu atau sinar matahari. Tips lain mengenai layar komputer adalah dengan mengatur tingkat kecerahan dan kontras monitor sehingga ramah di mata.

8. Jangan pakai kacamata dengan lensa ganda

Ketika bekerja dengan komputer, hindari mengenakan kacamata bifocal (lensa plus minus). Alasannya supaya Anda dapat menatap keseluruhan monitor dengan mudah tanpa mendongakkan atau menganggukkan kepala.

9. Dekatkan benda-benda yang sering dipakai

Dekatkan pula benda yang sering dipakai, misalnya telepon, gelas minum, stapler, atau lainnya agar mudah dijangkau selagi bekerja. Hal ini dapat mencegah tubuh meregang atau terpelintir tanpa arah saat mengambil barang.

10. Gunakan handset saat menelepon

Bila karir menuntut Anda sering bekerja di depan komputer sambil menggunakan telepon, maka gunakan bantuan earphone, handset atau speaker. Jangan sesekali apalagi membiasakan diri menjepit gagang telepon dengan telinga dan bahu agar postur tubuh tetap terjaga kesehatannya.

11. Rutin Istirahat

Memang sangat mudah untuk terlena dalam pekerjaan sampai lupa break. Namun bila belakangan Anda merasakan nyeri otot, kini saatnya untuk rutin break di tengah waktu kerja. Rutin beristirahat di tengah kesibukan dapat:

  • Mencegah Anda duduk di posisi yang sama dalam waktu terlalu lama.
  • Mengingatkan agar postur tubuh saat duduk tetap tegak, tidak condong ke depan maupun bersandar ke belakang.
  • Memberi kesempatan otot tubuh untuk rileks.
  • Memberi kesempatan bagi mata untuk beristirahat.
  • Mengingatkan untuk minum sehingga tubuh tidak dehidrasi.

Karenanya setiap 1 jam kerja, ambillah waktu break beberapa menit. Hindari beristirahat dalam posisi tetap duduk. Sebaliknya, berdirilah, lakukan peregangan, kemudian berjalanlah, misal untuk mengambil air minum, menemui rekan kerja, menyerahkan berkas, atau melakukan panggilan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *