Bagaimana Cara Diet Sehat dan Murah?

Diet Sehat dan Murah

Apakah Anda benar – benar memahami makna diet?

Diet sendiri terkait dengan pengaturan jumlah makanan atau nutrisi yang akan dikonsumsi oleh tubuh. Diet bukan halnya berhubungan dengan penurunan berat badan, namun orang sakit pun memerlukan diet untuk memulihkan kondisinya.

Pemahaman tentang diet ini harus dirubah. Kebanyakan orang jika mendengar kata Diet maka identik dengan penurunan berat badan. Padahal tidak semua tujuan diet untuk menurunkan berat badan.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai bagaimana cara diet yang sehat dan murah untuk menurunkan berat badan.

1. Tetap Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Diet untuk menurunkan berat badan bukan berarti tidak makan ya. Diet ini dilakukan dengan tetap memperhatikan kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Anda harus tetap makan. Namun, porsinya saja yang harus diatur.
Ketika Anda melakukan diet menurunkan berat badan maka itu artinya kalori yang dibutuhkan tubuh sesuai dengan kalori berat badan ideal Anda. Berkonsultasilah pada dokter atau ahli gizi agar diet yang Anda lakukan tidak membahayakan kesehatan.

Ada sedikit tips bagi Anda yang sedang melakukan diet penurunan berat badan. Dalam melakukan diet ini Anda harus mengurangi asupan lemak. Hindari makanan yang digoreng dan memilih yang direbus atau dipanggang. Memperbanyak asupan serat agar Anda merasakan kenyang yang lebih lama.

Selalu Variasikan Jenis Pangan Yang Dikonsumsi

Jika memang Anda ingin mengurangi lemak, namun jangan kemudian Anda tidak mengkonsumsi lemak sama sekali. prinsip dasar diet yang sehat adalah selalu melakukan variasi jenis pangan yang hendak Anda konsumsi.

Tetap ada karbohidrat, protein, lemak, vitamin, serta mineral. Kemudian Anda atur dan kontrol setiap jenis pangan yang ada. Manakah yang mengandung lemak tinggi dan mana yang mengandung lemak rendah. Seperti itu adalah perencanaan diet yang terbilang cerdas. Bukan mengurangi atau menghilangkan.

Susu Rendah Lemak

Susu rendah lemak 8494933
Susu rendah lemak (weareeaton.com)

Susu memang mengandung lemak, terutama susu full cream. Bagi Anda yang ingin mengkonsumsi susu atau yoghurt, lebih baik pilihlah yang rendah lemak atau bebas lemak. Susu yang rendah lemak yang dikonsumsi sebanyak 3 – 4 kali sehari dapat mengusir 70% lemak dari dalam tubuh Anda. Dalam hal ini, susu memiliki kandungan kalsium yang berfungsi tombol untuk memerintahkan tubuh dalam pembakaran lemak yang berlebih. Oleh karena itu, usahakan untuk mengkonsumsi susu rendah lemak atau bebas lemak ketika sarapan. Lalu segelas yoghurt rendah lemak di siang hari dan segelas susu yang tidak mengandung lemak di sore harinya.

2. Mengunyah dengan Benar

Mengapa harus mengunyah dengan benar?

Dengan mengunyah dengan benar akan membantu Anda merasa kenyang. Makanan akan lebih mudah dicerna dengan baik. Seseorang biasanya tidak sabar dan mengunyah makanan dengan cepat.

Ketika Anda makan dengan durasi yang cepat. Maka perut tidak dapat mengirimkan sinyal pada otak bahwa sudah merasa kenyang.

3. Mengatur Jadwal Makan

Untuk menghindari tubuh kelaparan, maka Anda bisa mengatur jadwal makan Anda. Jangan biarkan tubuh Anda kelaparan. Tapi sebisa mungkin diatur seperti makan biasa sesuai pada umumnya. Namun, yang perlu diperhatikan yaitu porsi dan asupan makanan yang dikonsumsi.

Hal yang perlu diperhatikan juga adalah mengatur snack yang dikonsumsi. Mungkin Anda sudah mengurangi porsi makan utama. Akan tetapi, masih suka lupa ngemil snack dalam porsi yang banyak. Terlebih jika banyak mengandung gula dan garam.

4. Dampak Negatif Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji tidak dianjurkan bagi Anda yang sedang melakukan diet. Lebih baik memasak makanan sendiri di rumah. Hal ini akan lebih sehat dan menu makanannya juga bisa beragam.

Makanan cepat saji juga mengandung natrium yang tinggi. Mengkonsumsi natrium yang tinggi ketika melakukan diet tidak disarankan. Perlu diketahui bahwa natrium bersifat mengikat air. Sehingga tubuh akan kelebihan air.

Makanan cepat saji 928n982u3
Makanan cepat saji (images.unsplash.com)

Selain itu, makanan cepat saji biasanya mengandung lemak yang cukup tinggi. Selama Anda diet, maka tidak boleh makan makanan yang tinggi lemak. Hal ini akan memperbanyak lemak dalam tubuh Anda.

Apalagi jika Anda suka mengkonsumsi kulit ayam, seharusnya mulai dihindari. Perlu diketahui bahwa kulit ayam ini mengandung tinggi lemak dan termasuk lemak jenuh. Lemak ini tidak baik untuk tubuh. Bahkan bisa menimbulkan penyakit tidak menular seperti hipertensi, tinggi kolesterol, dan stroke.

5. Manfaat Perbanyak Minum Air Putih

Ketika Anda melakukan diet jangan sampai tubuh kekurangan cairan. Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup akan membantu sistem pencernaan dalam tubuh.

Perlu diketahui bahwa tubuh sebagian besar terdiri dari cairan. Oleh karena itu, jika tubuh kekurangan cairan maka akan ada fungsi organ yang tidak akan berjalan dengan baik. Jangan sampai Anda lupa untuk minum air putih. Apalagi sampai lupa tidak minum ketika selesai makan.

Di zaman modern ini, sudah banyak aplikasi pengingat untuk minum yang rutin. Dalam aplikasi tersebut biasanya terdapat pengingat agar Anda minum air putih. Tentunya hal ini sangat efektif bagi Anda yang sering lupa minum. Anda bisa menginstal aplikasi ini pada Handpone Android Anda masing – masing.

6. Olahraga Teratur

Olahraga teratur akan membantu menurunkan berat badan. Olahraga ini dilakukan untuk membakar kalori dalam tubuh. Mungkin hasilnya tidak akan langsung terlihat. Akan tetapi jika Anda rutin dan rajin berolahraga maka lemak dalam tubuh ikut terbakar ketika Anda berolahraga.

Olahraga juga bisa dikatakan sebagai latihan fisik. Dimana harus dilakukan secara teratur dan terstruktur. Latihan fisik ini dapat dilakukan dari 15 – 60 menit setiap harinya. Latihan fisik ini diantaranya, jalan santai, bersepeda, berenang, lari, maupun aerobik.

Olahraga teratur bersama u9d2093
Olahraga teratur bersama (images.unsplash.com)

Jika Anda pekerja kantor yang sibuk maka Anda bisa melakukan olahraga ini dengan cara parkir yang agak jauh dari tempat kerja. Anda juga bisa lebih memilih menggunakan tangga daripada lift. Jangan lupa juga agar meluangkan waktu sejenak untuk merileksasikan tubuh setelah berjam – jam duduk di kursi kantor

7. Istirahat yang Cukup

Tubuh memerlukan istirahat yang cukup agar proses metabolisme dalam tubuh tidak terhambat. Jangan sering begadang dan istirahat yang cukup sekitar 6 – 8 jam. Sekeras apapun Anda melakukan diet. Tetapi tidak memperhatikan pola tidur maka akan sia – sia.

Mungkin bagi Anda yang sibuk dengan pekerjaan dan sering begadang. Maka pandai – pandailah dalam mengatur waktu. Menyelesaikan pekerjaan lebih awal. Jika benar – benar niat maka semuanya bisa dilewati.

8. Menjaga Kebersihan Diri Sendiri Dan Lingkungan

Apakah ada hubungannya menjaga kebersihan dengan diet?

Jika diri sendiri saja tidak pandai menjaga kebersihan, maka saat diet, Anda akan jatuh sakit. Makanan dan minuman yang Anda konsumsi tidak diperhatikan apakah diolah dengan cara yang benar atau tidak.

Karena kecuekan Anda, saat mengolah pangan dalam keadaan yang kurang bersih, Anda sedang diet yang otomatis terjadi perubahan dalam pola makan sebelumnya akan membuat drop. Begitu juga ketika Anda tidak pandai menjaga kebersihan lingkungan. Rumah, halaman, kotor. Udara yang ada disekeliling Anda penuh kuman penyakit. Bagaimana bisa rencana diet Anda berhasil dan sehat jika demikian. Rencana diet yang mengedepankan prinsip dasar itu pandai menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan.

9. Menghilangkan Stres 

Ketika stress, hormon Cortisol akan keluar dari dalam tubuh Anda sehingga dapat membuat nafsu makan Anda pun menjadi meningkat. Sistem metabolisme Anda pada akhirnya pun terhambat dan memicu terjadinya peningkatan penumpukan lemak di perut.

Berikan relaksasi pada diri Anda seperti mendengarkan musik, tertawa bersama teman-teman, yoga, pijat, jalan-jalan di alam terbuka bisa membantu Anda dalam mengurangi stres. Lakukan aktivitas tersebut setidaknya 10 – 15 menit per hari. Lakukan secara rutin dan pilihlah salah satu saja mana yang paling Anda sukai.

Nah, itulah pembahasan mengenai cara diet yang sehat. Anda bisa tetap diet dengan hal sewajarnya. Anda tidak perlu memaksakan dan menyiksa diri dengan diet yang ketat. Jadikan diet tersebut tetap menyenangkan. Pikiran yang tidak stress juga akan menjadi hal yang positif untuk diet yang Anda jalani.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *