Friday , October 23 2020

Bagaimana Cara Darurat Redakan Sakit Gigi Sebelum Jadwal Periksa Tiba?!

Lirik lagu “Lebih Baik Sakit Gigi” yang dibawakan Meggy Z agaknya tak berlaku bagi beberapa orang. Faktanya, sakit gigi itu sama menderitanya seperti patah hati.

Nah bila saat membaca ulasan ini, kamu sedang merintih kesakitan akibat gigi berlubang atau infeksi sinus, maka cobalah beberapa cara alami meredakan sakit gigi berikut:

1.Minyak cengkeh

Minyak cengkeh memiliki banyak manfaat, tapi yang paling terkenal adalah untuk meredakan nyeri gigi. Dalam ilmu pengobatan China, minyak ini digunakan agar saraf kebas/ mati rasa. Semua itu berkat kandungan Eugenol yang merupakan anestesi alami.

Meski begitu, minyak cengkeh harus digunakan secara hati-hati. Jangan menuangkan minyaknya langsung ke gigi yang sakit karena bisa memperparah gejala dan mengiritasi lidah maupun gusi sensitif.

Sebaliknya, bubuhkan 2 tetes minyak cengkeh di atas cotton pad, lalu letakkan itu di gigi hingga sakitnya mereda. Alternatif lain adalah dengan mengambil cengkehnya dan menaruh itu di atas gigi yang sakit. Kunyah sebagian menggunakan gigi tersebut agar keluar minyaknya dan tinggalkan sebagian lagi di atas gigi selama 30 menit, sampai nyerinya reda.

2.Garam laut

Garam laut memang sering dipakai untuk berkumur ketika sakit gigi. Tindakan ini memang tepat, mengingat garam laut kaya manfaat seperti membangun sistem imun, meregulasi detak jantung dan tekanan darah, memberi sifat alkali pada tubuh, serta meredakan nyeri gigi.

Tak hanya mengandung agen antibakterial yang mampu meredakan nyeri gigi akibat penyakit gusi serta membunuh bakteri penyebab infeksi, garam laut juga mengandung lebih dari 60 mineral yang bisa mempercepat proses penyembuhan luka.

3.Teh peppermint

Kantong teh peppermint bisa membuat saraf gigi mati rasa. Yang bekas pakai sekalipun bahkan sering dipakai untuk menenangkan kulit maupun gusi sensitif. Efek kebas yang diberikannya serupa seperti minyak cengkeh tadi.

Di samping itu, teh peppermint sarat akan tannin, agen antibakterial dan anti radang alami. Cara memakainya adalah dinginkan lebih dulu (boleh dimasukkan freezer selama beberapa menit) kantong tehnya, lalu tempatkan pada gigi yang sakit selama 30 menit.

4.Bawang bombay

Bawang bombay kaya kandungan agen antimikroba dan antiradang yang ampuh membunuh kuman pada gigi berlubang sehingga mencegahnya menyebar dan merusak gigi lainnya. Selain ampuh membunuh bakteri, bawang bombay juga efektif menghentikan pendarahan gusi.

Lebih dari itu, bila kandungan sulfurnya bercampur dengan air liur, maka akan terbentuk asam sulfat yang dapat membuat gigi mati rasa. Cara pakainya adalah dengan memotong dan mulai mengunyah bawang bombay menggunakan gigi yang sakit hingga citarasa pedasnya hilang. Ulangi hingga nyerinya reda.

5.Kompres dingin

Kompres dingin juga efektif mengebaskan saraf sekaligus mengurangi bengkak dan radang. Tak hanya itu saja, es juga menciutkan pembuluh darah sehingga nyeri jadi berkurang.

Walau begitu, jangan meletakkan langsung esnya di atas gigi karena ini justru bikin sakitnya tambah parah. Sebaliknya bungkus bongkahan es dengan kain/ handuk, lalu tempelkan di pipi selama 20 menit. Ulangi setiap beberapa jam sekali.

6.Thyme

Tanaman herbal yang berasal dari keluarga mint inipun tinggi agen antimikroba maupun antibakterialnya. Karena dapat dimanfaatkan sebagai antiseptik dan disinfektan, maka thyme ampuh bunuh kuman dan redakan nyeri. Oleh sebab itu tak heran bila salah satu merk mouthwash terkenal menggunakan thyme sebagai bahan utamanya. Hasil studi terkini bahkan menyebutkan thyme merupakan versi alaminya ibuprofen.

Kamu tinggal membubuhkan 4 tetes minyak thyme ke cotton pad, lalu tambahkan 2 tetes air di atasnya. Aplikasikan ke gigi nyeri selama 10 menit.

7.Bawang putih

Satu lagi varietas bawang yang ampuh redakan nyeri gigi. Bawang putih kaya akan fitokemikal yang ampuh menangkal berbagai infeksi dan membantu mendongkrak sistem kekebalan tubuh. Tak hanya efektif membunuh bakteri berbahaya penyebab plak, bawang putih juga dapat redakan nyeri. Lebih dari itu, bawang putih mengandung alisin yang terbukti mampu mencegah kerusakan gigi serta membunuh kuman penyebab lubang.

Untuk mendapatkan sederet manfaat tadi, ambil 1 butir bawang, kemudian kunyah menggunakan gigi yang sakit. Ulangi 2 kali bila perlu hingga sakitnya reda.

Nah itulah tadi beberapa cara darurat redakan sakit gigi sebelum jadwal periksa tiba. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh!

About megsaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *