Bagaimana Cara Agar Cepat Haid?

Ada berbagai alasan mengapa seorang wanita ingin datang bulan lebih cepat. Mungkin karena ia ingin menstruasinya segera berakhir sebelum liburan dimulai. Alasan lain bisa juga karena siklus bulanannya selama ini tidak teratur sehingga sulit untuk merencanakan kehamilan.

Apapun alasannya, untungnya ada cara agar cepat haid. Namun sebelum mencobanya, ketahuilah bahwa cara agar cepat haid berikut ini tidak disarankan untuk ibu hamil karena dapat meningkatkan risiko keguguran.

1. Vitamin C

Beberapa kalangan percaya vitamin C atau asam askorbat dapat merangsang datangnya haid. Vitamin C dikatakan mampu mendongkrak kadar estrogen dan menurunkan progesteron. Kondisi ini menyebabkan rahim berkontraksi dan lapisan dinding rahimnya luruh sehingga memicu menstruasi. Sayangnya, belum ada bukti ilmiah yang mendukung kepercayaan tersebut.

Namun tidak ada salahnya untuk mencobanya, sebab vitamin C juga baik untuk sistem kekebalan tubuh. Anda tinggal minum suplemen vitamin C atau mengkonsumsi makanan sumbernya seperti buah jeruk, berry, brokoli, bayam, paprika, atau tomat. Namun pastikan, kadarnya tidak berlebihan karena kelebihan vitamin C juga berbahaya.

2. Nanas

Nanas berbuah
Nanas berbuah (britannica.com)

Nanas kaya akan bromelain, enzim yang dipercaya berdampak pada estrogen dan jenis hormon lainnya. Hasil studi tahun 2017 menyebutkan bromelain mampu menurunkan risiko radang, salah satu faktor yang kerap menyebabkan tidak teraturnya siklus datang bulan. Meski demikian, belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan keampuhan nanas atau bromelain sebagai cara mempercepat menstruasi.

3. Jahe

Alasan mengapa jahe termasuk salah satu cara agar cepat haid adalah karena rempah super tersebut dipercaya dapat merangsang kontraksi rahim. Namun lagi-lagi, metode ini masih belum teruji secara klinis.

4. Peterseli

Peterseli mengandung vitamin C dan apiol yang dapat merangsang kontraksi rahim. Akan tetapi, apiol juga bersifat toksin bila dikonsumsi dalam kadar tertentu, dan sangat berbahaya bagi ibu hamil. Oleh sebab itu, konsumsi peterseli tidak dianjurkan bagi bumil dan menyusui, serta penderita gangguan ginjal.

5. Kunyit

kunyit utuh dan serbuk halus
kunyit utuh dan serbuk halus (hiltonherbs.com)

Cara agar cepat haid selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi kunyit. Walau belum ada penelitian yang mendukungnya, tapi salah satu bumbu masakan tersebut dipercaya mempengaruhi kadar estrogen dan progesteron dalam tubuh.

6. Relaksasi

Stres seringkali menyebabkan menstruasi datang terlambat atau bahkan berhenti. Ketika stres, tubuh mengeluarkan kortisol dan adrenalin. Kedua hormon ini dapat menghalangi produksi estrogen dan progesteron yang berperan penting dalam siklus bulanan.

Oleh karena itu, segera lakukan relaksasi saat stres, misalnya dengan:

  • Mengurangi lembur.
  • Menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga.
  • Berolahraga.
  • Melakukan hobi.
  • Meditasi.
  • Berendam air hangat.
  • Dll.

7. Kompres atau mandi air hangat

Tidak hanya meredakan stres secara piskis, mandi air hangat juga efektif merilekskan otot tegang. Selain itu, suhu panas dari air mandi maupun kompres terbukti mampu melancarkan peredaran darah. Mungkin inilah alasan mengapa kompres atau mandi air hangat termasuk salah satu cara agar cepat haid.

8. Aktivitas seksual

Melakukan aktivitas seksual dapat mempercepat datang bulan dalam beberapa cara, seperti:

  • Melebarnya leher rahim akibat orgasme – kondisi ini seolah menciptakan ruang hampa yang dapat menarik turunnya darah menstruasi.
  • Berkurangnya stres.
  • Meningkatnya keseimbangan kadar hormon dalam tubuh.

9. Mengurangi intensitas latihan untuk para atlet

Terlalu banyak berolahraga dapat menyebabkan haid tidak teratur atau bahkan berhenti sama sekali. Penyebabnya karena olahraga mampu menurunkan kadar estrogen dalam tubuh. Kondisi ini umumnya dialami oleh para atlet.

10. Olahraga

Berbeda dengan cara agar cepat haid sebelumnya, olahraga dengan intensitas ringan dapat melemaskan otot dan merangsang datangnya menstruasi. Walau belum terbukti secara ilmiah, cara agar cepat haid satu ini tetap patut dicoba, mengingat olahraga juga baik bagi kesehatan.

11. Kontrasepsi hormonal

Solusi jangka panjang untuk mengatasi haid tidak teratur adalah dengan menggunakan kontrasepsi hormonal. Namun sayangnya, kontrasepsi yang berfungsi mengendalikan kadar hormon dalam tubuh ini juga mengandung efek samping. Karenanya, diskusikan lebih dulu dengan dokter sebelum memutuskan menggunakannya.

12. Mencapai berat badan ideal

Perubahan berat badan dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Kondisi tubuh yang terlalu kurus misalnya, berpotensi menyebabkan haid tidak teratur atau bahkan berhenti total. Hal ini dikarenakan tubuh memerlukan sejumlah lemak untuk memproduksi hormon menstruasi.

Selain itu, kegemukan atau perubahan berat badan secara tiba-tiba juga dapat memicu ketidakteraturan siklus bulanan. Oleh sebab itu penting sekali untuk menjaga berat badan tetap ideal jika ingin segera haid.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *