Saturday , October 24 2020

Backpacker ke Vietnam, Ini 7 Makanan yang Wajib Kamu Coba

Backpacker ke suatu negara tak lengkap bila belum mencicipi makanan khas negara tersebut. Begitu pula ketika kamu ke Vietnam, tak lengkap rasanya tanpa makan makanan yang biasa dikonsumsi penduduk sekitar. Tapi bagi para backpacker yang ragu harus menghemat pengeluaranmu soal makanan, tenang saja di Vietnam makanan yang akan diulas nanti bisa kamu temukan di pedagang kaki lima. Buat kamu yang penasaran makanan khas apa saja yang bisa kamu coba di sini, simak ulasan dari kami.

1. Pho

Makanan ini jadi makanan yang paling wajib kamu coba ketika sarapan. Pho ini memang merupakan menu makan pagi orang Vietnam. Pho ini sebenarnya mie beras yang disajikan dengan kuah kaldu dan tauge. Kemudian di dalamnya juga ada potongan ayam atau daging. Kalau di Indonesia, makanan ini mirip kwetiau berkuah. Hanya saja bumbunya berbeda, Pho kaya akan rempah-empah seperti kayu manis dan kapulaga.

2. Goi cuon

Goi cuon ini sebenarnya merupakan food street. Ini adalah lumpia ala Vietnam. Kalau di Indonesia aneka sayuran itu digulung di dalam lembaran dari tepung, lain halnya di Vietnam. Goi cuon ini digulang dengan kertas beras dan nggak perlu digoreng. Kamu hanya perlu sedikit membasahinya dengan air sebelum digunakan untuk menggulung. Kemudian memakannya begitu saja setelah dicelupkan ke dalam saus ikan. Untuk isiannya pun terdiri dari daging, udang, sayuran, bihun, dan lain sebagainya. Setelah kenyang makan, kamu bisa membeli ini untuk jajananmu.

3. Bahn Mi

Bahn mi ini adalah sandwich khas Vietnam. Roti yang digunakan adalah roti baguette. Ini karena Vietnam dulu pernah dijajah Perancis yang merupakan tempat asal baguette. Isiannya adalah aneka sayuran dan daging. Dilansir dari CNN Travel, isiannya tergantung dengan dimana kamu membelinya. Seperti di Vietnam bagian selatan dimana isiannya lebih beragam dibandingkan Vietnam Utara karena kamu bisa menambahkan keju dan telur.

4. Banh khot

Mau cari jajanan lain selain Bahn Mi, cobalah Banh Khot yang merupakan mini pancake ala Vietnam. Rasanya nggak manis kayak pancake kebanyakan, tapi gurih. Sebab, pancakenya ini dibuat dari tepung beras yang telah dicampur santan dan kunyit. Sedangkan toppingnya pada umumnya adalah udang, bawang prei, dan santan. Renyahnya pancake ini dijamin akan membuat kamu ketagihan mencoba kuliner Vietnam satu ini.

5. Ga nuong

Untuk makan siang, cicipi makanan satu ini. Ga nuong bukan ayam panggang biasa, ini ayam panggang khas Vietnam. Sebelum dipanggang, ayam ini dilumuri saus manis yang mengandung madu kemudian dibiarkan beberapa lama. Alhasil, daging ayam pun sangat empuk dengan kulitnya yang renyah. Kalau di Indonesia, Ga nuong ini mirip dengan ayam bakar madu.

6. Com Tam

Com Tam ini dibuat dari beras yang nggak lolos sortiran karena patah. Inilah mengapa Com Tam sering disebut broken rice. Meski beras seperti ini harganya murah dan untuk menengah ke bawah, Com Tam justru digemari dan dicari para wisatawan. Cara makannya pun seperti nasi biasanya kemudian dicampur lauk, mirip seperti nasi campur.

7. Banh cuon

Banh cuon ini kue berasnya Vietnam. Meskipun sama-sama kue beras, tapi nggak sama dengan yang ada di Korea. Karena berupa potongan daging yang dibalut lembaran kue beras. Makanan ini kemudian disajikan dengan tauge, potongan kemangi dan saus ikan. Kelembutan kue beras ini dipadu dengan saus ikan tadi dijamin nggak akan mengecewakan lidahmu.

Itulah tadi tujuh makanan yang harus banget kamu coba kalau ke Vietnam. Bikin ngiler, kan? Selamat mencoba!

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *