Saturday , October 31 2020

Ayo Tebak! Apa Manfaat Dahsyatnya Bila 18 Makanan Berikut Dikonsumsi Bersamaan?!

Kamu mungkin setuju bahwa teh susu itu nikmat. Akan tetapi faktanya, teh dan susu sebenarnya tidak boleh dikonsumsi bersamaan. Alasannya karena protein dari susu menghalangi kinerja catechin dalam teh, sehingga gampangnya, tidak ada ‘gizi’ yang bisa diperoleh dari minuman tersebut.

Untungnya, kasus teh susu tidak sama dengan 18 makanan berikut. Sebaliknya, jika deretan makanan berikut dikonsumsi bersamaan, justru manfaat dahsyat lah yang bisa kamu peroleh. Apa sajakah itu?!

1.Apel dan coklat hitam

Enzim catechin dalam apel dan antioksidan quercetin dari cokelat hitam ternyata bekerja bahu-membahu untuk meningkatkan imun tubuh, menstimulasi aktivitas otak, memperbaiki jantung dan pembuluh darah, serta mengurangi risiko kanker.

2.Oatmeal dan jus jeruk segar

Dalam hal ini, jus jeruknya harus benar-benar segar. Jika ya, maka baik oatmeal maupun jus jeruk, keduanya merupakan sumber fenol, yakni komponen yang mampu memperbaiki sistem pencernaan dan membantu detoksifikasi tubuh. Jadi, bila menurutmu citarasa oatmeal kurang menggugah selera, tambahkan saja jus jeruk segar ke dalamnya sebagai penambah rasa.

3.Tomat dan hati

Defisiensi zat besi dapat memicu kurang enak badan, kelelahan kronis, rendahnya tingkat metabolisme, serta gangguan jantung dan pembuluh darah.

Akan tetapi, walau sudah mengkonsumsi hati, zat besi di dalamnya tetap butuh bantuan vitamin C agar mampu terserap sempurna dalam tubuh. Untungnya tomat bisa melakukan tugas itu berkat kandungan asam askorbatnya.

4.Peterseli dan lemon

Zat besi dalam peterseli berguna untuk memaksimalkan penyerapan vitamin C dari lemon ke pembuluh darah. Seperti kita ketahui, vitamin ini sangat penting untuk sistem kekebalan dan metabolisme tubuh.

5.Sayuran dan yogurt

Yogurt di sini adalah yang tidak mengandung zat tambahan, apakah pewarna, pengawet, maupun pemanis. Dan karena yogurt merupakan sumber kalsium yang dapat memperbaiki fungsi perut dan mengidealkan mikroflora usus, maka kombinasikan konsumsinya dengan sayuran seperti wortel atau seledri. Biarkan serat dalam sayuran memaksimalkan penyerapan kalsiumnya.

6.Alpukat dan bayam

Bayam memang kaya vitamin A dan lutein, namun nutrisi ini akan lebih dahsyat dampaknya bagi kesehatan bila dikombinasikan dengan lemak yang terdapat dalam alpukat. Mengonsumsi keduanya bersamaan bisa meningkatkan kesehatan sistem pencernaan secara dramatis. Coba saja!

7.Teh hijau dan lemon

Minum teh hijau dan lemon bersamaan tak hanya ampuh memuaskan dahaga saja, tapi juga memulihkan energi dan menguatkan sistem imun. Semua berkat catechin dalam teh, serta vitamin C dari lemon.

8.Tomat dan minyak zaitun

Kombinasi bercitarasa lezat ini sangat digemari orang Italia. Karenanya tak heran bila mereka jarang sekali menderita penyakit kardiovaskular.

Semua itu berkat likopen dari tomat yang berguna untuk memperbaiki jantung serta pembuluh darah, sekaligus mencegah aterosklerosis serta pembentukan tumor ganas. Bila dikonsumsi bersamaan dengan lemak dari zaitun, maka likopen bisa terserap lebih maksimal dalam tubuh.

9.Daging dan rosemary

Jangan anti makan daging, mengingat ini merupakan sumber protein. Yang terpenting adalah pahami bagaimana cara terbaik untuk mengolahnya.

Para ahli gizi menyarankan daging sebaiknya diolah dengan cara direbus (stewing atau braising), karena menggoreng atau memanggangnya hanya akan memicu munculnya efek karsinogen (kanker) dalam daging.

Walau begitu, mustahil rasanya untuk tidak makan daging goreng atau panggang sama sekali. Untuk itu, tangkal efek negatif tadi dengan mengawetkan dagingnya menggunakan rosemary sebelum dimasak. Biarkan antioksidan di dalamnya mencegah terbentuknya substansi berbahaya saat daging sedang dalam proses pemanggangan.

Jadi itulah tadi beberapa makanan yang dampaknya semakin dahsyat jika dikonsumsi bersamaan. Favoritmu yang mana nih?!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *