Thursday , October 22 2020

Mie dan 8 Makanan ini akan Rusak dan Tidak Boleh disimpan di Kulkas

Kulkas diciptakan dengan tujuan untuk menjaga ketahanan makanan agar tidak cepat rusak. Namun tahukah kamu, ternyata ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh disimpan di kulkas loh. Kira-kira apa saja? Ini dia rangkumannya!

  1. Bawang

Apakah kamu sering menyimpan bawang di kulkas? Faktanya bawang tidak dianjurkan untuk disimpan di kulkas loh. Suhu kulkas yang lembab dapat mempercepat pembusukan bawang, bahkan memicu pertumbuhan jamur. Maka itu, sebaiknya bawang diletakkan di suhu ruang saja. Dan pastikan tidak terpapar matahari secara langsung.

  1. Kentang

Jenis makanan kedua yang enggak boleh disimpan di kulkas adalah kentang. Sebenarnya bukan tidak boleh sih, tapi lebih tepatnya tidak dianjurkan ya! Sebab kentang yang tersimpan dalam ruang dingin maka kandungan pati-nya akan cepat terurai menjadi gula. Sehingga menyebabkan rasa kentang itu menjadi manis dan ini tidak baik untuk kesehatan.

Selain itu, kentang yang diletakkan dalam kulkas berhari-hari juga akan mengalami perubahan tekstur menjadi lebih keras. Jadi lebih baik simpan saja kulkas di tempat yang kering pada suhu ruang.

  1. Tomat

Sayuran kaya vitamin A ini sebaiknya juga disimpan di suhu ruang saja. Sebab menaruh tomat dalam kulkas hanya akan merubah tekstur tomat menjadi cepat kusut dan tidak segar. Tak hanya itu saja, kurangnya sirkulasi udara bisa juga mempengaruhi cita rasa tomat. Semakin lama kamu simpan tomat di kulkas maka rasa manisnya akan semakin memudar.

  1. Minyak

Kamu pernah menyimpan mie instan dalam kulkas? Jika iya, coba deh perhatikan apa yang terjadi pada bumbu minyak di dalamnya. Biasanya sih minyak yang semula cair akan berubah menjadi beku dan mengumpal. Oleh sebab itu, kamu enggak disarankan menaruh minyak dalam kulkas. Baik itu minyak goreng, minyak kelapa, minyak zaitun, ataupun jenis minyak lainnya.

Dan untuk mie instan, sebaiknya juga jangan disimpan di kulkas agar tekstur bumbu minyak tidak berubah.

  1. Pisang

Pisang adalah buah sejuta umat. Dari kalangan rakyat biasa sampai para pejabat tinggi enggak ada yang tidak suka pisang. Bahkan buah pisang juga sering diolah menjadi cake.

Nah, ternyata buah bewarna kuning ini tidak dianjurkan disimpan dalam kulkas. Menurut penelitian buah pisang yang diletakkan dalam suhu dingin terlalu lama maka efeknya jadi sulit masak. Kulitnya juga cenderung berubah menjadi kecoklatan. Maka itu, lebih baik letakkan saja pisang di suhu ruang, misal di almari makanan atau digantung di tembok rumah.

  1. Alpukat

Sama halnya dengan pisang, buah berwarna hijau ini juga bakalan sulit masak jika disimpan terlalu lama di kulkas. Selain itu, teksturnya menjadi lebih keras. Oleh sebab itu, daripada disimpan di lemari es, mending letakkan saja buah alpukat di suhu ruang.

  1. Roti

Roti adalah salah satu makanan yang cepat banget mengalami pembusukan. Biasanya orang menyimpan roti di kulkas untuk menekan pertumbuhan jamur. Namun apakah itu baik? Sebenarnya boleh-boleh saja menaruh roti dalam kulkas. Tapi hal itu juga membuat tekstur roti menjadi lebih keras, sehingga kurang enak dikonsumsi. Di samping itu, perlu diperhatikan juga. Walaupun disimpan dalam kulkas, kamu tetap tidak boleh membiarkan roti terlalu lama. Maksimal 3 hari saja.

  1. Kopi

Biji kopi sangat mudah terkontaminasi oleh bau. Jika kamu meletakkan biji kopi di dalam kulkas yang juga berisi sayuran, buah dan bumbu masak lainnya, maka kopi akan langsung menyerap bau dari makanan-makanan tersebut. Sehingga menyebabkan aroma dan rasanya tak lagi sempurna.

  1. Melon

Makanan terakhir yang sebaiknya enggak kamu simpan di kulkas adalah melon. Kenapa? Menurut penelitian buah melon yang tersimpan dalam kulkas akan mengalami penurunan kadar antioksidan.  Hal ini berarti nutrisinya tak lagi lengkap. Sehingga lebih disarankan menyimpan buah melon di suhu ruang saja,

 

Jadi itulah beberapa jenis makanan yang akan rusak dan tidak boleh disimpan di kulkas. Semoga info ini bisa membantu ibu-ibu dalam mewujudkan gaya hidup yang lebih sehat. Ingat, kesehatan tubuh dimulai dari dapur, loh!

About Bas