Tuesday , October 20 2020

Awas! Diabetes Dapat Menyerang Usia Muda, Ini 6 Pemicunya

Jangan pernah meremehkan penyakit diabetes! Penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula darah ini tak hanya rentan diderita orang berusia lanjut. Faktanya di zaman sekarang, tak sedikit orang berusia muda yang terdiagnosis diabetes. Beberapa diantara mereka bahkan masih belasan tahun!

Well, tentunya hal ini harus sangat diwaspadai! Sebab diabetes bisa menjadi awal mula dari beragam penyakit lainnya, seperti gagal ginjal, kelumpuhan hingga kematian. Ngeri banget, kan?

Maka sebab itu, untuk menghindari risiko diabetes maka Kamu juga harus bisa mengehentikan kebiasaan-kebiasaan di bawah ini! Walau terkesan sepele, tapi kebiasaan ini dapat memicu kenaikan gula darah.

  1. Kurang Gerak

Pesatnya perkembangan teknologi di zaman sekarang tak hanya memberikan dampak positif, tapi juga negatif. Salah satu yang kerap terlihat yakni kebiasaan masyarakat yang tampak makin malas.

Mau beli makanan pesan online, mau belanja juga pesan online. Sehari-hari hanya duduk menatap laptop, bermain ponsel atau menonton televisi. Kebiasaan yang demikian itu tentunya kurang baik bagi kesehatan. Sebab kurangnya aktivitas membuat proses metabolisme jadi melambat.

Sehingga pengaruhnya terhadap kenaikan gula darah dan meningkatkan risiko diabetes di usia muda.

  1. Merokok

Bagi Kamu yang gemar merokok, ketahuilah bahwa rokok itu benar-benar bahaya bagi kesehatan. Mungkin efek buruknya tak akan langsung terlihat. Tapi zat-zat beracun yang terakumulasi di dalam tubuhmu lama-kelamaan bisa menjadi pemicu beragam penyakit, salah satunya diabetes!

Menurut penelitian, senyawa nikotin yang terkandung dalam rokok akan menganggu kerja pankreas sekaligus menyebabkan resistensi hormon insulin. Apabila hal itu terjadi maka dampaknya kadar gula darah akan meningkat sehingga memicu penyakit diabetes mellitus tipe 2.

  1. Obesitas

Kegemukan atau obesitas juga menjadi salah satu penyebab tingginya risiko diabetes di usia muda. Biasanya, orang-orang yang kelebihan berat badan rentan mengalami resistensi insulin, yang mana itu bisa menimbulkan kenaikan gula darah.

Tentunya kondisi ini harus segera diatasi. Terlebih lagi mengingat orang obesitas juga rentan terserang gangguan jantung, hipertensi dan kenaikan kolesterol. Bila sudah terjadi komplikasi maka efeknya akan sulit disembuhkan. Oleh karenanya, langkah terbaik yakni dengan membiasakan pola hidup sehat sedini mungkin. Usahakan juga, menjaga badan tetap ideal. Tidak terlalu gemuk atatupu kurus!

  1. Faktor keturunan

Beberapa penilitian menyebutkan bahwa penyakit diabetes juga dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan. Jadi apabila keluargamu memiliki riwayat diabetes, entah itu orang tua, kakek, nenek atau saudara, maka Kamu pun berpeluang menderita penyakit yang sama.

  1. Kebiasaan Jajan di Luar

Tak banyak orang menyadari bahwa kebiasaan jajan di luar tak hanya menguras kantong, tapi juga sangat berbahaya bagi kesehatan! Pasalnya, makanan dan minuman yang dijual saat ini cenderung mengandung tinggi gula dan kalori. Khususnya makanan cepat saji nih, seperti burger, kentang goreng, pizza, ayam crispy, soda, es krim, makanna kemasan, dan sejenisnya.

Makanan-makanan tersebut memang memiliki cita rasa yang lezat. Tapi usahakan jangan mengonsumsinya berlebihan. Percayalah, junk food dan berbagai makanan manis bisa merusak kesehatanmu. Tidak sekedar meningkatkan risiko diabetes, namun juga hipertensi, jantung dan penyakit degeneratif lainnya.

Lebih baik, Kamu memasak sendiri di rumah. Jangan lupa, imbangi dengan konsumsi buah-buahan dan sayuran. Yang demikian itu jauh lebih sehat dan aman bagi kesehatan tubuhmu.

  1. Kebiasaan Begadang

Siapa nih yang gemar begadang di malam hari? Awas loh, ternyata begadang juga mengambil sumbangsih cukup besar sebagai penyebab dari diabetes.

Ketika Kamu terbiasa begadang di malam hari maka produksi hormon dalam tubuh jadi terganggu, termasuk insulin. Sehingga dampaknya kadar gula darah pun sulit terkontrol dan memicu diabetes.

Intinya, untuk mencegah diabetes, Kamu harus benar-benar memperhatikan pola makan dan kebiasaanmu sehari-hari. Perbanyak aktivitas bergerak dan kurangi jajan di luar rumah. Ingat, diebetes adalah penyakit berbahaya! Terjadinya lonjakan darah mendadak bisa berisiko terhadap kerusakan organ tubuh lainnya, mulai dari ginjal hingga mata.

Jadi sayangi dirimu mulai dari sekarang, sebelum terlambat!

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *