Sakit kepala memang sering kali membuat kondisi tubuh kita menurun. Ingin melakukan aktivitas apapun rasanya enggan apalagi jika diminta untuk berpikir. Kepalanya rasanya seperti ingin pecah.

Sakit kepala biasanya ditimbulkan oleh beragam penyebab. Salah satunya adalah stres, kurang istirahat atau kurang tidur. Sakit kepala pun rasanya benar-benar mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas.

Apabila Anda sering mengalami hal tersebut, cobalah untuk kenali beragam penyebabnya. Caranya adalah dengan memperhatikan setiap jenis dari makanan yang Anda konsumsi. Selain itu, perhatikan pula kegiatan apa saja yang baru dilakukan sehingga dapat memicu timbulnya rasa sakit pada kepala Anda.

Apabila Anda telah mengenali beberapa penyebabnya, coba lakukan beberapa hal berikut untuk mengatasi dan menjauhkan Anda dari risiko penyakit kepala yang terlalu sering atau berlebihan.

 

Lakukan Istirahat Meskipun Sejenak

Beristirahat bisa membantu Anda mengurangi rasa sakit kepala yang bisa menyerang Anda kapan saja dan dimana saja. Oleh karena itu, apabila kepala Anda mulai terasa sakit atau nyeri, cobalah untuk istirahat sejenak.

Hal tersebut bisa saja disebabkan karena terlalu padatnya pekerjaan Anda sehingga membuat kepala Anda terasa pusing atau sakit. Cara sederhananya adalah dengan menutup mata sekitar lima menit. Tujuannya untuk menyegarkan mata kembali.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan jalan-jalan sejenak di sekitar ruangan atau di luar kantor untuk melihat sesuatu yang dapat menyegarkan mata. Apabila Anda bosan dengan cara tersebut, Anda bisa mengalihkannya dengan mendengarkan musik favorit. Pasalnya, musik bisa membantu Anda untuk menghilangkan rasa stress ataupun sakit kepala.

 

Konsumsi Camilan Sehat

Ngemil di saat jam kerja memang sangat tidak dianjurkan karena hal tersebut bisa memicu peningkatan berat badan yang tidak terkontrol.

Tapi Anda juga perlu berwaspada, sakit kepala sering kali disebabkan oleh gula darah rendah atau tekanan darah rendah. Oleh karena itu memilih camilan sehat yang mengandung banyak protein dan magnesium agar tubuh Anda selalu fit setiap saat.

 

Lakukan Pemijatan

Apabila kepala Anda mulai terasa sakit, ada baiknya untuk mulai melakukan pemijatan di sekitar area kepala selama lima belas menit. Anda tidak perlu membayar mahal untuk melakukan hal ini.

Pasalnya, memijat kepala merupakan salah satu cara yang baik untuk membantu Anda menghindari atau meredakan sakit kepala yang menyerang. Pijatan yang dilakukan dapat membuat otot-otot di sekitar kepala menjadi kendur. Rasa sakit kepala yang Anda alami bisa berangsur menghilang dan pulih jika Anda selalu melakukannya dengan cara yang rutin.

 

Penuhi Cairan Tubuh Anda

Supaya Anda tidak mudah mengalami sakit kepala, coba perhatikan cairan yang masuk ke tubuh Anda, baik air mineral yang Anda konsumsi setiap harinya. Pasalnya, dehidrasi juga ternyata dapat mengakibatkan sakit kepala.

Apabila Anda mengalami kekurangan air selama seharian penuh dan dilakukan secara berulang-ulang bisa mengakibatkan dehidrasi dan membuat Anda mengalami sakit kepala. Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, coba konsumsi air putih dan teh hijau yang dapat mengurangi rasa sakit kepala yang menyerang Anda.

 

Berhenti Bekerja dan Singkirkan Laptop

Tahukah Anda? Bekerja terlalu lama juga bisa membuat Anda sakit kepala. Pasalnya, pekerjaan yang menuntut Anda untuk duduk di depan layar laptop selama berjam-jam bisa jadi sangat melelahkan.

Tidak hanya mata saja yang mengalami ketegangan karena terlalu lama duduk dihadapan layar laptop, kepala Anda pun bisa mengalami rasa sakit yang berlebihan jika dipaksakan secara terus menerus. Hal tersebut juga bisa menyebabkan otot di area leher bisa mengalami kekakuan. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak lupa beristirahat dari layar laptop setidaknya 5 hingga 10 menit setiap dua jam sekali.

 

Olahraga Teratur

Supaya tubuh Anda rentan terhadap penyakit, usahakan untuk selalu berolahraga. Olahraga dapat membantu Anda terhindar dari berbagai macam jenis penyakit. Selain itu, tubuh Anda pun bisa menjadi lebih fleksibel dan rasa nyeri atau kaku pada otot yang dapat mengakibatkan rasa sakit kepala pun hilang secara perlahan.

Olahraga sangat membantu tingkat suplai oksigen ke otak. Oleh karena itu, olahraga memiliki peran yang sangat penting dalam membantu menghilangkan rasa sakit di kepala. Bagi Anda yang tidak suka dengan olahraga terlalu berat, coba lakukan olahraga yang ringan seperti jogging. Lakukan secara teratur selama 30 menit agar tubuh tepat segar, sehat dan bugar.

 

Hindari Rokok dan Alkohol

Bagi Anda yang sudah terbiasa mengkonsumsi rokok dan alcohol, cobalah pelan-pelan untuk berhenti mengkonsumsi kedua hal tersebut. Pasalnya, rokok dan alkohol bisa menyebabkan rasa sakit kepala berlebihan.

Rokok juga bisa menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Sedangkan alkohol bisa menyebabkan masalah pada tekanan darah Anda. Kedua hal tersebut memang sudah selayaknya untuk dihindari agar kondisi kesehatan tubuh Anda tetap dapat terjaga.