Wednesday , October 28 2020

Atasi Otot Pegal Akibat Duduk Terlalu Lama

Bekerja memang tidak ada habisnya. Apalagi jika pekerjaan yang Anda miliki jumlahnya banyak, Anda pasti akan berusaha untuk segera menyelesaikan. Terutama bagi Anda para pekerja kantoran yang diharuskan untuk duduk di depan PC setiap hari. Secara otomatis, Anda sudah pasti akan merasa kelelahan. Tubuh pun menjadi pegal-pegal. Ditambah lagi otot yang terasa kaku. Bahu dan punggung pun ikut merasakan sakit. Selain membosankan, duduk seharian akan lebih melelahkan jika dibanding dengan yang bekerja di lapangan.

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi otot yang terasa pegal. Pilihlah beberapa cara berikut ini yang menurut Anda paling mudah dilakukan. Sesuaikan juga dengan kebutuhan Anda.

Gerakkan Tubuh Anda

Agar Anda tidak merasa pegal dan bosan karena terlalu lama bekerja di depan PC, ada baiknya untuk jalan kaki beberapa menit. Tujuannya untuk merenggangkan otot-otot yang terasa kaku. Lakukanlah beberapa kali dalam sehari. Selain aliran darah bisa menjadi lancar, oksigen pun bisa mengalir ke otot sehingga dapat menguraikan asam laktat. Sebelum Anda bekerja di depan PC selama berjam-jam, lakukan perengangan otot dan pemanasan sejenak.

Siram dengan Air Es

Apabila tubuh Anda terasa letih dan otot terasa pegal, siramlah bagian tubuh yang terasa pegal dan letih tersebut dengan air es. Awalnya akan terasa sakit. Jika Anda bisa menerapkannya, akan membuat sirkulasi darah bisa menjadi lebih lancar dan pegal pun hilang perlahan.

Pijat dengan Bola Tenis

Jika Anda tidak sempat meminta bantuan orang lain untuk memijat tubuh, gunakanlah bola tenis. Caranya cukup mudah. Hanya dengan memijat di area tubuh yang terasa pegal secara perlahan dengan gerakan memutar.

Siram dengan Air Es dan Hangat Secara Bergantian

Ternyata air hangat juga mampu menghilangkan rasa pegal. Caranya dengan menyiramkan air hangat lalu diamkan selama 2 menit. Lalu setelah itu, siramlah dengan air es dan diamkan selama 30 detik. Ulangi sebanyak 5 kali. Cara ini bisa membantu membuka dan menutup pembuluh darah, yang dapat mengeluarkan asam laktat dari otot pegal.

Selain dari cara-cara di atas, sebaiknya cukupi kebutuhan air putih untuk tubuh Anda. Mengkonsumsi air putih dapat mencegah resiko terjadinya dehidrasi. Pasalnya, dehidrasi akan membuat tubuh semakin kram dan rasa pegal semakin parah. Jadi, sesibuk apapun diri Anda, tetap jaga kondisi tubuh. Banyak cara yang bisa kita lakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar.