Pasti rasanya risih jika ada orang yang menggali segala informasi tentang kita, sampai ke kehidupan pribadi kita dan bahkan lebih fantastisnya, mereka bisa mengetahui sesuatu dari kita yang kita mungkin tidak tahu sebelumnya. Gawat, bukan?

Sudah banyak kasus yang mengungkapkan tentang hal-hal mengerikan dari diikuti oleh orang-orang yang terobsesi dengan seseorang atau suatu grup. Misalkan di Korea Selatan, tak jarang para boysband dan girlsband sering diteror oleh para penggemar mereka. Mulai dari ditelepon setiap malam, dikirimi surat setiap hari, sampai ada penggemar yang berhasil memegang kunci kamar apartemen idolanya.

Bukan hanya orang-orang terkenal atau entertainer saja yang diperlakukan seperti itu, di lingkungan yang biasa saja pun bahkan bisa terjadi. Kita memang tidak akan pernah bisa menerka fikiran setiap orang, namun gerak-gerik mereka cukup untuk dijadikan pedoman bagi kita, bahwa orang ini sepertinya terobsesi dengan kita, dan tentunya kita harus lebih mawas diri dengan ini semua.

Tidak hanya di dunia offline atau nyata. Di dunia maya pun, ancaman akan selalu menghampiri kita. Terlebih dengan adanya berbagai macam fasilitas teknologi yang memadai hampir di tiap sudut kehidupan kita. Di artikel ini juga, kami akan membahas aplikasi atau tool untuk gadget yang bisa membantu seseorang melacak keberadaan seseorang yang mereka cari.

Mungkin Google Maps menjadi salah satu aplikasi yang bisa mencari suatu tempat dengan mudah, namun tidak untuk seseorang. Google Chrome, menjadi salah satu aplikasi yang bisa melacak lokasi seseorang. Dengan menggunakan aplikasi pesan Facebook Messenger, Google Chrome memungkinkan penggunanya melacak lokasi kontak Facebook temannya dimanapun dan kapanpun.

Mirror.co.uk menjelaskan bahwa aplikasi ini ditujukan untuk membuat para pengguna Facebook mencari jejak seseorang dan bahkan mengetahui lokasi akurat dari pengguna lainnya, sekalipun yang tidak termasuk dalam kontak anda. Bagaimana bisa? Ya, lewat aplikasi pesan Facebook Messenger, Facebook secara otomatis akan mengambil posisi anda dan bisa terlacak oleh kemampuan GPS. Sebenarnya, hal ini juga bisa dicegah dengan mengubah toggle setting lokasi Facebook anda. Cukup cantumkan tempat yang berbeda dari PC atau komputer anda, dari aplikasi Facebook yang ada di handphone anda.

Aplikasi ini setelah ditelusuri lebih jauh lagi sangat menguntungkan suatu pekerjaan yang berhubungan dengan lokasi client, sehingga bisa memudahkan pekerjaan mereka. Namun, banyak tangan-tangan usil yang tidak bisa mencegah keinginan mereka untuk menjahili orang lain. Seperti peribahasa pisau ditangan anda, entah digunakan memasak atau membunuh, aplikasi ini juga akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat jika digunakan dengan baik. Sebaliknya, aplikasi ini akan menjadi sesuatu yang mengundang bahaya jika diperlakukan dengan salah.