Tuesday , October 20 2020

Apa Yang Terjadi Bila Kamu Rutin Makan 13 ‘Biji Ajaib’ Ini Setiap Hari?!

Orang sehat itu cerewet soal makanannya. Mereka takkan sembarangan memasukkan apapun dalam mulutnya, hanya karena itu gratis atau murah. Pada umumnya, mereka lebih mengutamakan kualitas makanannya, meski kalau itu harus merogoh kocek agak mahal.

Lantas kira-kira apa ya yang mereka cemil jika bukan keripik atau semacamnya? Berikut 13 ‘biji ajaib’ yang terbukti berdampak positif bagi tubuh jika dikonsumsi setiap hari.

1.Flax seeds (biji rami)

Memang sih, flax seeds bukanlah cemilan dalam arti sesungguhnya. Untuk mengkonsumsinya, kamu harus mencampurkannya ke dalam makanan.

Menurut hasil penelitian, flax seeds mengandung hormon alami fitoestrogen yang efektif menangkal berbagai tumor, khususnya kanker payudara dan prostat. Serat di dalamnya juga bisa melapisi serta melindungi lambung dari inflamasi.

Sesendok flax seeds (yang sudah digerus) mengandung hampir 2 gr asam omega-3, sehingga biji inipun juga sehat untuk sistem kardiovaskular.

2.Sesame seeds (biji wijen)

Biji yang biasanya menempel di kulit onde-onde ini ternyata bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah sehingga penyakit berbahaya seperti stroke, serangan jantung, dan gagal ginjal bisa dicegah.

Antioksidan dalam wijen sangat banyak dan ini bermanfaat untuk menurunkan kolesterol darah. Sedangkan kandungan minyak alaminya mampu memperbaiki kondisi kulit, rambut, serta kuku.

3.Pumpkin seeds (biji labu)

Biji labu sarat akan arginin, jenis asam amino yang membantu melebarkan pembuluh darah dan memperbaiki sirkulasi darah sehingga hipertensi bisa dicegah.

Walau memuat banyak kalori, namun kadar proteinnya juga tinggi dan itu mudah sekali diserap tubuh sehingga ampuh menormalkan kadar gula dalam darah.

Biji labu juga kaya vitamin A dan E, yang berperan penting untuk keelastisan kulit. Tak heran biji ini sering dipakai sebagai bahan kosmetik juga.

4.Almond

Almond bermanfaat untuk menormalkan kadar lipid dalam darah sehingga risiko penyakit kardiovaskular bagi pasien diabetes bisa dicegah. Kalau dimakan sebagai snack atau sebelum makanan utama, kacang ini bisa menurunkan kadar lemak dalam tubuh.

Sifat almond juga mengenyangkan sehingga cocok sebagai alternatif sumber protein bagi kaum vegan.

5.Walnut

Walnut tak hanya menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan jantung koroner, tapi juga efektif meminimalisir gejala ‘penyakit tua’. Kandungan ‘tocopherol’ di dalamnya mampu mencegah kanker prostat.

6.Sunflower seeds (biji bunga matahari)

Kita sering menyebutnya kuaci. Tak hanya kaya sulfur, biji bunga matahari juga sarat protein sehingga baik untuk otot dan jaringan tulang. Sumber antioksidan ini juga bersifat antimikroba dan antiradang sehingga cocok untuk mencegah infeksi paru-paru dan tenggorokan.

7.Pistachio

Dibanding kacang lainnya, pistachio lebih rendah lemak serta kalorinya, namun kadar asam, potasium, dan karotennya paling tinggi. Sumber antioksidan dan antiradang ini merupakan cemilan ideal bagi kamu yang diet karena efeknya membantu mengontrol berat badan.

8.Mede

Mede banyak memuat zat besi yang penting untuk pencegahan anemia. Selain berfungsi menormalkan kadar gula dalam darah (khususnya bagi penderita diabetes), kacang ini juga memuat fosfor dan tiamin yang mencegah seseorang mudah lelah. Efek antiradang dari mede dapat membantu melindungi tubuh dari flu karena sifatnya yang memperkuat sistem imun tubuh.

9.Hazelnut

Karena kaya vitamin B, maka tulang dan otot otomatis lebih kuat usai mengkonsumsi kacang satu ini. Selain itu, asam organiknya juga efektif meningkatkan kolesterol baik dalam darah sekaligus mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular.

10.Kacang tanah

Kacang tanah mengandung polifenol yang membantu sel tubuh dari radikal bebas berbahaya sehingga kamu tetap awet muda. Belum lagi asam linoleatnya ternyata juga ampuh turunkan kolesterol dan mencegah sklerosis.

11.Brazil nuts (kacang brazil)

Berkat kandungan seratnya yang tinggi, kacang ini dapat membersihkan usus sehingga kesehatan pencernaan meningkat. Selenium di dalamnya juga membantu memproduksi sel-sel yang penting bagi imun tubuh. Kacang brazil juga mengandung lemak tak jenuh yang ampuh turunkan kadar gula dalam darah, mencegah diabetes dan aterosklerosis.

12.Pecan

Karena memuat banyak kalori, pecan dapat dijadikan sebagai salah satu makanan sumber energi. Tak hanya itu saja, kandungan vitamin E-nya juga dapat membantu melindungi tubuh dari efek negatif lingkungan dan radiasi matahari. Pecan juga sarat vitamin B yang efektif memperbaiki kuku, kulit, maupun rambut. Komposisi zat kimia di dalamnya dapat meregulasi kadar testosteron sehingga baik untuk sistem reproduksi.

13.Chia seeds

Biji mungil ini mengandung asam lemak omega 3 dan 6 yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah karena dapat menurunkan kolesterol sekaligus mencegah penyumbatan.

Sementara itu vitamin B-nya ampuh melindungi tubuh dari penyakit kulit.
Kesimpulannya, bila ingin sehat, ayo mulai ngemil deretan kacang dan biji-bijian tadi. Namun jangan juga melebihi 30 gr/ hari ya karena rata-rata tinggi kalorinya.

About megsaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *