Salah satu daerah tujuan wisata di Jawa Barat yang sangat terkenal adalah Bogor. Kota ini sendiri memiliki julukan sebagai Kota Hujan. Udara bersih yang sejuk dengan pemandangan indah adalah tujuannya. Namun, dari beragam kekhasan tersebut, ada beberapa tempat wisata terkenal di Bogor yang wajib Anda kunjungi. Wisata Bogor Anda baru sah, jika tempat-tempat ini telah Anda singgahi.

Mari Kita Jelajahi Apa Saja Tempat Wisata Asyik di Bogor :

1. Taman Safari

Jangan mengaku sudah ke Bogor kalau belum ke Taman Safari. Tempatnya wisata alam, petualangan, pendidikan, dan keluarga ini berada di wilayah Cisarua, desa Cibereum. Tema wisata disini bisa dikatakan lengkap. Anda bisa menemukan hewan beraktivitas di habitatnya langsung pada siang hari hingga malam hari, tanpa kandang. Bagi anak-anak tentu ini akan menjadi salah satu penambah ilmu pengetahuan. Anda bisa menghabiskan waktu liburan dengan quality time yang bermanfaat di sini.

Kepopulerannya membuat Anda mudah menemukan tempat wisata yang satu ini. Apalagi wilayah Cisarua ini tepat berada di daerah puncak. Cuaca sejuk mulai dari 16 hingga 24 oC akan menyapa hari Anda. Cuaca sejuk ini, selain karena berada di wilayah puncak, Taman Safari juga menyangga wilayah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Saat memasuki kawasan wisata untuk bersafari menyaksikan hewan-hewan tersebut, kita diwajibkan menggunakan mobil sebagai kendaraan. Karena, tidak semua hewan bisa kita ajak berinteraksi langsung. Hanya ada beberapa saja misalnya jerapah atau rusa. Hewan yang buas yang tidak boleh kita ajak interaksi langsung dari dalam mobil, mobil harus tertutup semua jendelanya misalnya singa, harimau, dan macan.

Luas Taman Safari sendiri mencapai 50 ha. Selain kawasan safari yang bisa kita lihat dengan mobil, beberapa hewan dengan pengawasan bisa kita saksikan langsung karena telah dijinakan. Misalnya singa, buaya, singa laut, orang utan, dan beberapa hewan lainnya yang sangat cocok dijadikan bagian dari wisata siang Anda bersama keluarga di Taman Safari tersebut. Hiburan bagi anak-anak juga disediakan berbagai macam permainan seperti bombom car, gocart area, komidi putar, hingga atraksi sirkus serta sulap.

Mumpung ke Bogor dan ke Taman Safari, sebaiknya Anda juga tidak melewatkan safari malamnya yang hanya bisa Anda temukan di sini. Kita akan diajak berkeliling menggunakan kereta dengan bentuk yang lucu. Suasana menegangkan yang menantang akan dirasakan karena penerangan dan guide tidak ada. Pengalaman berada di alam liar sebenarnya akan menjadi pengalaman tersendiri yang tidak mungkin Anda dan keluarga lupakan. Aktivitas binatang di malam hari, dimana mereka tidur di habitatnya bisa Anda saksikan langsung. Keretanya sendiri tanpa kaca. Wisata malam juga bernilai pendidikan karena pesan terakhir yang akan diberikannya yaitu jangan memburu hewan-hewan tersebut.

2. Taman Buah Mekar Sari

Letaknya hanya 45 menit dari Jakarta yaitu din daerah Cileungsi. Taman seluas 264 hektar merupakan pusat pelestarian buah-buahan tropis yang dikumpulkan dari semua daerah di Indonesia. Mekar Sari juga berusaha untuk menemukan varietas unggul yang akan memperkaya koleksi buah milik bangsa Indonesia.

3. Danau Situ Gede

Puas bersafari menyaksikan kehidupan hewan, jangan lupa untuk berkunjung ke tempat wisata asyik di Bogor yang kedua yaitu Danau Situ Gede. Suasana hangat namun menyegarkan akan Anda dan keluarga rasakan di tempat ini. Kenyamanan yang dirasakan akan membuat Anda betah berlama-lama. Menikmati udara dan pemandangannya tidak hanya bisa Anda lakukan dari depan saja. Tersedia perahu yang disewakan untuk Anda naiki hingga ke tengahnya. Suasana liburan bersama keluarga juga bisa Anda nikmati dengan memancing di danau ini. Jika takut ke tengahnya. Di tepian pun tidak akan membosankan. Ada sekelompok rusa yang hidup di sini yang bisa Anda ajak bermain.

4. Kampung Budaya Sindang Barang

Berkunjung ke suatu kota tanpa mempelajari budayanya pasti kurang berkesan. Di Bogor, untuk mempelajari budaya Sunda kita bisa mendatangi Kampung Budaya Sindang Barang. Tempat wisata terkenal di Bogor yang satu ini tepatnya berada di Pasir Eurih, Tamansari. Berdiri sebagai kampung yang tertua yang berada di Bogor, kampung ini menyajikan berbagai macam pengetahuan selain dari segi budaya juga dalam hal sejarah. Peninggalan sejarah sejak jaman kerajaan Padjajaran bisa Anda temukan di tempat ini. Alam pedesaannya juga bisa menjadi bagian wisata alam yang memanjakan mata Anda.

5. Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Berwisata seharian tentu menuntut tubuh untuk beristirahat. Menikmati istirahat bisa dilakukan dengan berendam air panas di Tirta Sanita Ciseeng. Anda dan keluarga bisa bermain sambil merilekskan tubuh. Pemandangan alam yang indah juga akan membantu menghilangkan stress Anda sebelum kembali ke aktivitas setelah liburan usai. Wisata air di Bogor, Marcopolo Water Adventure tempatnya. Berbagai wahana permainan air dengan water boomnya akan membuat anak-anak khususnya senang. Bahkan, untuk bayi pun ada fasilitasnya tersendiri. Air panas hingga kolam renang biasa tersedia. Bermain menggunakan sepeda dan balon air pun bisa anak-anak Anda nikmati disini.

6. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor, dibangun pada masa kolonial Belanda, Bogor yang terletak 63 km dari selatan Jakarta. Kebun Raya Bogor adalah salah satu tempat peristirahatan favorit bagi para pejabat Belanda. Gubenur Jendral Van Imholf membuka kawasan perkebunan bernama Buitenzorg (tempat yang bebas dari gangguan) pada tahun 1745. Seiring berjalannya waktu, Buintenzorg berkembang menjadi tempat peristirahatan yang disukai banyak pejabat Belanda.

Kebun Raya Bogor adalah kebun seluas 87 hektar yang berada di tengah Kota Bogor. Pada akhir pekan atau hari libur kawasan Kebun Raya Bogor ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah dan turis mancanegara. Tiket masuk Kebun Raya Bogor hanya Rp 15 ribu, sudah termasuk tiket terusan ke Museum Zoologi, dan biaya asuransi. Kebun Raya Bogor Buka dari pukul 08.00 s/d 17.00 WIB. Terdapat empat pintu masuk ke Kebun Raya Bogor yaitu :

  1. Dekat Gedung LIPI, Pasar Bogor.
  2. Dekat RS PMI Bogor.
  3. Dekat Gedung Plaza Pangrango.
  4. Dekat Kantor Pos, Bogor, Jl. Juanda.

Kebun Raya Bogor (KRB) merupakan tempat yang cocok untuk rekreasi dan pendidikan. Di sana juga terdapat perpustakaan, museum zoologi, koleksi taman anggrek, serta Istana Presiden yang boleh dikunjungi pada hari menjelang ulang tahun Bogor, yaitu setiap tanggal 3 Juni, pusat riset dan pengembangan biologi, serta ribuan koleksi spesies tanaman tropis yang dikelompokkan sesuai dengan jenisnya. Misalnya : kebun palem, taman kaktus meksiko, pohon bambu, dan juga pohon-pohon yang umurnya telah ratusan tahun.

Bukan cuma tumbuhan besar saja yang ada di Kebun Raya Bogor, tetapi pepohonan yang kecil dan sedang dengan bunga-bunga yang indah pun ada di sana. Di sana terdapat bunga bangkai atau Raflesia Arnoldi, ada juga fragnant frangipani yang akarnya selalu keluar dari tanah, serta bunga lily jawa yang langka di dunia.

Hal menarik lainnya adalah pohon-pohon besar yang dijadikan rumah kelelawar yang bergelantungan. Kita juga dapat melihat bajing berloncatan dari pohon ke pohon. Sementara itu, di sekitar istana Bogor, pengunjung dapat keteduhan deretan pohon kenari yang rindang, karena pada awalnya Kebun Raya Bogor merupakan bagian dari halaman istana. Meskipun sekarang kedua tempat itu dipisahkan namun pengunjung dapat melihat istana Bogor dari pagar pembatas di dekat danau gunting yang berada di Kebun Raya Bogor.

Untuk mengunjungi Kebun Raya Bogor, dapat ditempuh dengan berjalan kaki sambil menikmati udara sejuk atau Anda dapat berkeliling Kebun Raya Bogor dengan mobil wisata. Tiketnya hanya 15 ribu per orang. Dalam mobil wisata ini Anda akan ditemani seorang tour guide, ia akan bercerita banyak tentang sejarah Kebun Raya Bogor.

Di dekat jalan Astrid terdapat pula tanaman warna hitam, merah, dan kuning, yang sengaja ditanam untuk mengesankan warna bendera Belgia, sebagai penghormatan terhadap Ratu Astrid yang datang untuk meresmikan bagian taman yang tertunda pada tahun 1928. Kemudian, tak jauh dari danau ada dua patung yang merupakan duplikat dari patung yang ada di Kopenhagen dan Stoholm, yakni Patung Putri Duyung dan Patung Tangan Tuhan , serta monumen Lady Raffles yang meninggal karena sakit tifus dan bernama asli Olivia Rafless, beliau dikenal sebagai Ibu Negara Jawa.

Coba perhatikan pohon tertua di KRB yaitu pohon Leci dari Cina, ditanam dekat danau gunting di KRB pada tahun 1823, dan tetap di sana sampai hari ini. Ada juga pohon Raja dari Kalimantan dan pohon tersebut di sebut pohon Raja karena raja di Kalimantan suka mengoleksi pohon tersebut untuk menarik lebah yang kemudian diambil madunya.

KRB berjarak lebih kurang 63 km dari Jakarta. Pengunjung dari Jakarta dapat menggunakan bis menuju Terminal Bis Baranangsiang Bogor, atau kereta ke Stasiun Bogor. Bagi Anda yang mengendarai mobil pribadi dapat memalui jalan tol Jagorawi menuju Kota Bogor, begitu keluar pintu tol Bogor, arahkan mobil Anda ke jalan Pajajaran dan Anda dapat masuk dari pintu 4, yang terletak di jalan Juanda (dekat kantor pos besar, Bogor). Pada hari Senin s/d Jumat mobil boleh masuk dengan tiket khusus, kecuali hari Sabtu dan Minggu.