Thursday , October 29 2020

Apa Saja Penyebab Kulit Anda Kering ?

Untuk menjaga kelembaban kulit atau mengatasi kondisi kulit kering, berikut ini ada beberapa poin penting yang bisa Anda simak untuk meminimalisasi kemungkinan yang akan terjadi.

1. Berlebihan Terpapar Sinar Matahari

Sinar matahari memang sangat baik untuk tubuh kita dalam menghasilkan vitamin D. Namun, usahakan kulit tidak terpapar sinar matahari secara berlebihan. Pasalnya, sinar matahari yang merupakan sumber radiasi ultraviolet yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh. Pemaparan yang berlebihan itu bisa mengakibatkan luka bakar akibat matahari.

2. Berada di Dalam Ruangan Ber-AC Terlalu Lama

Ruangan ber-AC seperti di kantor, mobil, pusat perbelanjaan ataupun kamar tidur sebetulnya tidak baik untuk kondisi kulit tubuh. AC mensirkulasikan udara yang dingin tapi kering. Dampaknya bisa memicu terjadinya kerusakan pada kulit dan rambut. Pasalnya, AC telah menyerap kelembaban dalam sebuah ruangan sehingga terasa begitu kering.

3. Angin Kencang dan Kering

Ternyata suhu atau iklim juga dapat berpengaruh pada kulit. Musim dingin ditambah tiupan angin kencang bisa membuat kulit terasa lebih kering. Hal tersebut dapat memicu berkurangnya kadar kelembaban pada kulit.

4. Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Minuman yang mengandung alkohol telah diketahui memang memiliki dampak yang tidak baik untuk kesehatan ataupun kecantikan kulit. Alkohol bisa membuat ginjal bekerja lebih keras dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Jumlah vitamin A pun menjadi berkurang sehingga kulit mengalami dehidrasi. Kulit pun akan menjadi lebih kering dan mudah keriput.

5. Terlalu Lama Berendam atau Mandi

Apabila Anda ingin berendam sebaiknya gunakan air hangat daripada air dingin untuk mandi. Jangan terlalu sering membasuh wajah. Untuk kulit wajah yang sangat kering, lebih baik gunakan sabun pembersih wajah hanya sekali sehari dan gunakan pada malam hari.

6. Gunakan Sabun Mandi Yang Tidak Membuat Kulit Kering

Bagi Anda yang sudah mengetahui atau mengenali jenis kulit Anda sendiri, lebih baik gunakan sabun mandi yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Usahakan untuk menggunakan sabun mandi yang cocok supaya kulit Anda tidak mudah kering.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja penyebab kulit kering? Lakukan beberapa cara di atas. Namun, jangan lupa juga agar Anda selalu mengatur pola makan supaya kelembaban dan kekuatan kulit tetap terjaga. Beberapa di antaranya seperti sayuran, buah, minyak zaitun, kacang kenari dan sebagainya. Gunakanlah selalu lotion untuk menjaga kelembaban kulit Anda. Selamat mencoba! Semoga beberapa cara di atas dapat memberikan manfaat.