Thursday , October 29 2020

Apa Saja Keuntungan dan Resiko Memiliki Kartu Kredit?

Kartu kredit sering dianggap sebagai alat pembayaran pengganti uang tunai yang lebih praktis dan efisien. Namun,  setiap hal pasti memiliki sisi baik dan buruk, kartu kredit juga bisa menguntungkan dan merugikan, tergantung bagaimana sang pemilik kartu memanfaatkan fasilitas ini.

Jadi, apa saja keuntungan dan kerugian memiliki kartu kredit? Benarkah kartu kredit yang bisa memudahkan pembayaran akan berbalik menyerang dengan berbagai tagihan?

Sebelum mempertimbangkan risiko yang dapat disebabkan oleh kartu kredit, simak terlebih dahulu tiga keuntungan utama memiliki kartu kredit di bawah ini..

Keuntungan

1. Media pembayaran yang mudah dan praktis

 

Dibandingkan dengan uang tunai, kartu kredit menjadi alat pembayaran yang mudah dan praktis. Saat bepergian, misalnya, Anda yang memiliki kartu kredit tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar, karena keperluan perjalanan maupun akomodasi yang harus dibayar dapat dipenuhi hanya dengan gesekan kartu saja.

Selain memudahkan Anda ketika sedang dalam perjalanan, kartu kredit juga menjadi media pembayaran yang praktis digunakan saat berbelanja di toko online. Baik di dalam maupun luar negeri, Anda dapat memesan barang atau jasa yang diinginkan dan membayarnya dengan hanya memasukkan seri kartu kredit yang Anda miliki.

2. Fasilitas diskon khusus dan berbagai keuntungan lain

Memiliki kartu kredit bisa menguntungkan dalam berbagai situasi. Anda dapat memanfaatkan diskon atau potongan harga yang ditawarkan kepada pemegang kartu kredit bank tertentu. Beberapa bank penyedia kartu kredit biasanya membangun mitra dengan sejumlah fasilitas publik seperti pusat perbelanjaan, restoran, dan hotel, agar dapat memberikan diskon bagi nasabah.

3. Mendapatkan hak istimewa untuk cicilan atau pinjaman dana

Di samping potongan harga, keuntungan lain memiliki kartu kredit adalah kemudahan cicilan. Terdapat sejumlah program cicilan yang diperuntukkan khusus bagi pemilik kartu kredit, seperti promo cicilan ringan atau bunga cicilan 0%.

Keuntungan ini akan didapatkan oleh seorang pengguna kartu kredit yang bijak dan bertanggung jawab. Dalam artian, pengguna tersebut memiliki anggaran pengeluaran kartu kredit yang seimbang atau relatif rendah, serta selalu tepat waktu saat membayar tagihan rutin.

Risiko

Di samping tiga keuntungan di atas, inilah tiga risiko yang bisa ditimbulkan oleh kartu kredit jika tidak digunakan secara benar dan bijak.

1. Beban tagihan yang cukup tinggi

Salah satu kerugian yang dapat ditimbulkan oleh penggunaan kartu kredit adalah bunga kredit yang tinggi. Jika seseorang memiliki tagihan yang tidak dibayarkan secara penuh ketika menggunakan kartu kredit miliknya, pemilik tersebut akan dikenakan bunga untuk menutupi tagihan. Bunga kredit akan dibebankan pada tagihan berikutnya.

Hal ini menjadi masalah ketika tagihan tidak dibayar tepat waktu. Tagihan yang harus dibayar akan semakin membengkak karena dihitung pula dengan bunga tagihan, sisa tagihan, dan denda keterlambatan pembayaran. Jika pembayaran tidak segera diurus dengan benar, maka tagihan kartu kredit akan terus meningkat setiap bulan.

2. Rawan kecurangan dan penipuan

Menggunakan kartu kredit tidak berarti Anda akan sepenuhnya terbebas dari kejahatan pencurian atau pencopetan yang mungkin terjadi ketika membawa uang tunai. Kartu kredit juga memiliki risiko keamanannya sendiri, yakni kecurangan yang sering dilakukan oleh pihak penjual yang tidak bertanggung jawab.

Penjual toko bisa melakukan penggesekan ganda pada kartu kredit untuk mencuri data dan memalsukan tagihan bagi transaksi yang tidak Anda lakukan. Berbelanja di toko online yang tidak terpercaya dengan memanfaatkan kartu kredit juga bisa merugikan Anda. Solusinya, berhati-hatilah saat menggunakan kartu kredit dalam transaksi jual-beli di dunia nyata maupun melalui internet.

3. Cenderung menimbulkan perilaku konsumtif

Kemudahan dalam bertransaksi yang ditawarkan kartu kredit memang dikategorikan sebagai salah satu keuntungan. Namun, kemudahan yang dimanfaatkan dengan kurang bijak justru akan membuat keuntungan tersebut berbalik menjadi sebuah kerugian.

Karena begitu mudahnya melakukan pembelanjaan, kartu kredit cenderung membuat pemiliknya menjadi konsumtif dan semakin sering berbelanja. Hasilnya, pengaturan keuangan pun menjadi sulit untuk dikendalikan.

Itulah pembahasan mengenai keuntungan dan kerugian memiliki kartu kredit. Kartu kredit memang bisa bermanfaat dan memudahkan segala transaksi. Jika Anda berencana untuk memiliki atau sudah menjadi pemegang kartu kredit, pahami dengan baik syarat dan ketentuan saat mengajukan kartu kredit dan gunakan kartu kredit yang telah dimiliki secara bijak.

Dengan demikian, Anda dapat menikmati keuntungan yang ditawarkan serta menghindari kerugian yang mungkin timbul dari penggunaan kartu kredit yang kurang bijak.