Saturday , October 24 2020

Apa Saja Keuntungan dan Kekurangan Mengikuti Asuransi?

Jika suatu saat ada orang dari perusahaan menawarkan Asuransi, apakah yang akan Anda putuskan ? Untung atau rugi sih mengikuti hal itu ?

Asuransi bukan lagi hal yang asing bagi masyarakat modern. Hampir semua orang mengenal asuransi meskipun dalam bentuk yang berbeda-beda. Contohnya adalah asuransi kesehatan, jiwa, pendidikan dll.

Lalu, apa saja keuntungan dan kerugian mengikuti asuransi yang lain?

 

KEUNTUNGAN

1. Hidup Dalam Ketenangan

Tidak ada orang yang menginginkan bencana terjadi dalam hidupnya. Justru sebaliknya, setiap orang ingin hidup dalam kedamaian, kesehatan, dan kesejahteraan. Namun, segala sesuatu rupanya tidak bisa semulus itu. Ada-ada saja peristiwa yang bisa membuat kita terjatuh atau dirugikan.

Saat peristiwa-peristiwa buruk itu terjadi, dukungan dan topangan dari orang lain tentu sangat berarti. Peran inilah yang dipenuhi oleh asuransi. Mereka menempatkan diri menjadi solusi dan penolong ketika seseorang mengalami masalah.

Dengan kehadiran jaminan asuransi tersebut, tidak salah jika kita akhirnya menjadi tenang dan lega. Contohnya, bila sakit, kita bisa mengandalkan asuransi kesehatan. Bila ingin menyekolahkan anak, kita bisa mengandalkan asuransi pendidikan. Bila ingin pensiun dengan tenang, kita bisa memanfaatkan asuransi hari tua.

Jadi, poin utama yang ditawarkan asuransi adalah jaminan dan kepastian yang akan kita dapatkan, bahkan saat hal-hal buruk terjadi.

2. Memiliki Tabungan Jangka Panjang

Cara kerja asuransi adalah dengan mewajibkan pemilik asuransi membayar premi dalam jumlah tertentu secara rutin. Secara tidak langsung, kita menabung dari premi bulanan yang dibayarkan. Premi tersebut bisa dicairkan sesuai dengan ketentuan yang sebelumnya sudah ada.

Biasanya, saat jatuh tempo pencairan, nilai tabungan bisa lebih besar daripada setoran bulanan. Ini disebabkan oleh berbagai hal, misalnya karena suku bunga yang lebih tinggi. Inilah salah satu keuntungan menggunakan asuransi daripada hanya menabung dengan konsep biasa.

3. Masalah Tertanggulangi Dengan Baik

 

“Sebenarnya, saya punya uang, hanya saja bukan sekarang.” Mungkin itulah yang ada di benak kita saat ini. Namun, prinsip itu tak lagi berguna jika kita terlanjur berhadapan dengan situasi yang mendesak dan butuh penyelesaian segera.

Di sinilah peran asuransi muncul dan maksimal. Asuransilah yang akan membayarkan terlebih dahulu kebutuhan-kebutuhan kita tersebut. Setelah semua masalah beres, barulah kita menjalankan kewajiban untuk menyelesaikan pembayaran dengan cara rutin melakukan setoran premi bulanan.

Bandingkan jika kita tidak memiliki asuransi. Ketika sakit, kita harus meminjam ke mana-mana supaya bisa membayar biaya pengobatan. Bahkan, karena terlalu terdesak, kita mungkin harus meminjam uang dengan bunga yang sangat besar. Akibatnya, kita harus menanggung beban hutang yang berat.

 

KERUGIAN / KEKURANGAN

1. Kurang Mendapatkan Informasi Yang Jelas

Sebenarnya, ini bukan sebuah kerugian, melainkan kekurangan atau kelemahan yang dimiliki oleh asuransi. Pada kenyataannya, masyarakat tidak begitu mengenal asuransi secara mendetail. Oleh karena itu, banyak orang yang merasa terjebak bahkan merasa tertipu. Padahal, mungkin saja poin-poin penjelasan tersebut yang belum dipahami dengan jelas oleh pihak pembeli asuransi. Maka dari itu sebelum Anda mengikuti program Asuransi, maka Anda harus bertanya sejelas jelasnya kepada pihak pemberi Asuransi tentang apa saja Hak-hak dan Kewajiban Anda selama mengikuti Asuransi tersebut.

2. Bersifat Jangka Panjang Atau Seumur Hidup

Sebagian besar asuransi adalah komitmen seumur hidup. Jangka waktu yang harus dijalani bisa mencapai 20 tahun. Tentu ini bukan hal yang gampang, khususnya untuk membayar premi asuransi secara rutin dan konsisten. Jadi Anda harus menyisihkan uang tiap bulan yang akan Anda bayarkan kepada pihak Asuransi, yang jumlah dan waktunya telah disepakati bersama.

Jadi, jika Anda ingin menjadi salah satu pengguna produk asuransi, bertanya tentang apa saja keuntungan dan kelemahan mengikuti asuransi adalah hal yang wajib. Dengan demikian, kita sudah siap menghadapi segala risiko.

About Bas