Thursday , October 22 2020

Apa Saja Efek Buruk Akibat Kurang Tidur ?

Gaya hidup dalam menerapkan “Work Hard, Play Hard” bisa membuat Anda mengalami kurang tidur. Berdasarkan sebuah penelitian menyatakan bahwa seseorang yang mengalami kurang tidur inilah yang bisa menyebabkan meningkatnya resiko depresi di masa tua. Kepuasan hidup Anda pun akan menjadi lebih rendah di usia tua akibatnya kurang tidur di masa muda karena kerja terlalu keras.

Kualitas dan kuantitas dari kurang tidur dipercaya bisa menghantui Anda di kemudian hari. Dalam hal ini kualitas ketika tidur diartikan seberapa sering Anda mengalami gangguan di saat tidur. Sedangkan kuantitas, berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk tidur dan seberapa sering Anda bisa tidur setiap harinya.

Kekurangan tidur bisa membuat seseorang memiliki perasaan khawatir dan cemas yang berlebihan. Terkadang orang yang mengalami kurang tidur kerap mengalami kebingungan karena kondisi pikiran belum sepenuhnya stabil. Tubuh pun menjadi kurang bersemangat dan mudah lelah. Bahkan rasa pusing di kepala bisa menjadi konsumsi Anda setiap harinya.

 

Adanya kualitas dan kuantitas tidur yang baik itu sangat penting. Kepuasan hidup seseorang saling terkait oleh kualitas dan kuantitas tidur pada masing-masing orang. Orang yang memiliki kualitas dan kuantitas tidur yang baik atau cukup bisa membuat kondisi tubuh membaik. Adanya perbaikan dalam kualitas dan kuantitas tidur bisa membuat tubuh kembali normal atau stabil.

Faktanya, orang-orang yang hidup atau tinggal di kota-kota besar dengan aktivitas yang menumpuk cenderung kurang memiliki kualitas dan kuantitas tidur yang baik. Kira-kira hampir seperempat orang yang mengalami kekurangan tidur, kurang dari 6 jam setiap malam bisa menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya seperti penyakit jantung dan pembuluh darah. Detak jantung pun menjadi tidak normal, munculnya penyumbatan pada pembuluh darah dan masih banyak lagi. Kurang tidur dalam panjang bisa mengakibatkan seseorang meningkat lebih cepat.

Berikut ini ada beberapa efek buruk yang bisa terjadi pada fisik Anda jika mengalami kekurangan tidur setiap hari:

1. Gerakan Refleks

Kinerja motorik kognitif dalam tubuh Anda akan setara dengan mengkonsumsi 5 alkohol apabila tidak tidur dalam 24 jam. Jika Anda mengalami masalah ini, minumlah kopi kemudian tidurlah selama 20 menit untuk menyiasati efek dari kurang tidur ini. Trik ini kerap digunakan oleh para sopir yang kelelahan bekerja dan rasa ngantuk yang menyerang. Meskipun demikian, hal tersebut tidak baik jika Anda lakukan setiap hari.

2. Munculnya Gangguan Pada Perut

Produksi leptin akan berkurang sebesar 15,5  persen jika Anda tidur kurang dari 6 jam. Padahal hormon tersebut bisa membuat Anda kenyang dan mengatur penyimpanan lemak dalam tubuh. Jadi wajar saja jika mengalami kekurangan tidur, perut pun akan menjadi mudah lapar. Oleh karena itu, Anda akan mengkonsumsi makanan terus menerus hingga mengakibatkan tubuh mengalami kegemukan.

3. Lingkar Pinggang Membesar

Anda yang kurang tidur setiap hari akan memiliki indeks masa tubuh sebesar 3,6 persen lebih besar dari rata-rata. Lemak di dalam tubuh pun akan semakin menumpuk bagi Anda yang tidur kurang dari 5 jam.

4. Tekanan Darah Meningkat

Bagi Anda yang pria, tidur kurang dari 6 jam juga tidak baik untuk kondisi tubuh. Ada berbagai permasalahan yang muncul salah satunya seperti meningkatnya kenana darah hingga 132. Padahal seorang manusia memiliki tekanan darah normal kurang dari 120. Hal tersebut disinyalir kurangnya tidur bisa mengakibatkan hormon kortisol dalam tubuh meningkat.

5. Gangguan Pada Pankreas

Kurang tidur pada pria bisa membuat risiko diabetes dalam tubuh pun meningkat. Terutama bagi mereka yang tidur kurang dari 6 jam setiap harinya.

6. Gangguan Pada Otak

Begadang atau kurang tidur selama hampir 19 jam selama tiga hari dan dilakukan secara berturut-turut bisa membuat sel otak rusak bahkan mengalami kematian. Ada beberapa penelitian yang pernah membuktikan hal tersebut pada hewan. Para penelitian beranggapan hal tersebut juga bisa terjadi oleh manusia. Ketika kita tidak tidur atau mengalami kesulitan tidur karena bekerja terlalu keras, otak tidak bisa membersihkan protein yang mengakibatkan plak penyebab penyakit alzheimer dan demensia.

Tidak mau kan dampak tersebut terjadi pada diri Anda? Oleh karena itu, mulailah untuk menyayangi tubuh Anda sekarang juga ya. Supaya bisa tetap sehat hingga hari tua.

About Bas