Sunday , October 25 2020

Apa Saja Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala?

Ada orang yang terbiasa tidur dengan lampu menyala dan tidak bisa tidur ketika lampu padam. Namun, ada juga orang yang malah tidak bisa tidur ketika lampu dalam keadaan menyala dan hanya bisa tidur ketika kondisi lampu padam.

Ketika tidur manusia akan mengistirahatkan fisiknya setelah seharian penuh kelelahan akibat aktivitasnya yang menumpuk. Salah satu cara agar tubuh bisa bekerja kembali keesokkan harinya adalah dengan cara tidur. Selama tidur, biasanya tubuh secara otomatis akan membentuk dan meregenerasi sel, mendukung dan mengoptimalkan fungsi otak dan energi dalam tubuh pun dapat terisi kembali.

Lalu apakah kondisi tersebut dapat berpengaruh pada kesehatan? Kira-kira apa efeknya? Apakah hal itu mempengaruhi kesehatan? Sebetulnya ada beberapa bahaya yang perlu Anda ketahui jika tidur dalam kondisi lampu menyala. Yuk, simak dulu infonya berikut ini!

 

1. Kurangnya Produksi Melatonin di Dalam Tubuh Manusia

Hormon melatonin merupakan salah satu hormon yang memiliki peran penting dalam mencegah serta memperlambat tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, tidur dalam kondisi lampu mati sangat dianjurkan. Tujuannya agar hormon melatonin di dalam tubuh bisa diproduksi secara maksimal dan tidak terhambat.

2. Resiko Terkena Kanker Payudara dan Kanker Usus Besar Lebih Besar

Lampu yang menyala dalam kondisi sedang tidur dipercaya dapat memicu terjadinya penyakit seperti kanker. Terutama bagi Anda para wanita sangat harus mewaspadai hal tersebut. Pasalnya, tidur dengan kondisi lampu menyala bisa membuka peluang berkembangnya penyakit kanker payudara dan kanker usus besar.

3. Menyebabkan Obesitas

Menurut salah satu penelitian, wanita yang tidur dengan kondisi kamar yang lebih terang akan memiliki resiko bertambahnya berat badan lebih tinggi dan ukuran lingkar pinggang yang lebih besar dibanding wanita yang tidur dalam kondisi kamar gelap. Apabila Anda belum terbiasa, coba siasati dengan cara menggunakan tutup mata. Lalu jangan menyalakan lampu kamar jika terbangun di malam hari.

4. Menyebabkan Depresi

Ternyata orang yang sering terpapar cahaya lampu pada malam hari dipercaya akan mudah mengalami depresi. Untuk menyiasati hal tersebut, cobalah untuk mengimbanginya dengan cara berjemur selama beberapa menit di pagi hari. Pasalnya, paparan sinar matahari di siang hari bisa membantu meningkatkan pelepasan hormon melatonin di malam hari.

5. Diabetes Tipe 2

Orang yang menderita diabetes dipercaya lebih sering terpapar cahaya minimal empat jam sebelum tidur. Akibatnya hormon melatonin yang terdapat pada tubuh Anda menjadi terganggu sehingga produksi hormon yang mengatur selera makan dan glukosa dalam tubuh pun terhambat. Solusinya adalah mulailah untuk menggunakan bola lampu dengan watt kecil, kurangi penggunaan TV, ponsel dan komputer pada malam hari.

6. Menyebabkan Terjadinya Insomnia

Bagi Anda yang sering menggunakan gadget seperti ponsel, tablet, laptop atau komputer, cobalah berlatih untuk mengurangi penggunaannya di malam hari. Cahaya lampu yang terlalu terang pada kamar bisa menyebabkan Anda kesulitan tidur di malam hari atau yang dikenal dengan insomnia. Apabila Anda belum terbiasa, cobalah menggunakan lampu yang bercahaya redup. Tujuannya untuk menekan produksi melatonin agar tidak merusak pola tidur.

7. Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi

Sebuah penelitian mengatakan bahwa orang yang terpapar cahaya lampu di malam hari akan memiliki tekanan darah yang lebih tinggi dibanding tidur di dalam kamar dengan kondisi gelap. Oleh karena itu, matikan seluruh peralatan elektronik. Usahakan untuk tidak mengisi ulang baterai gadget karena biasanya akan mengeluarkan cahaya. Tidurlah di kamar dalam kondisi gelap untuk mencegah munculnya penyakit darah tinggi.

Kini Anda sudah tahu bahayanya lampu menyala dalam kondisi tidur. Oleh karena itu, mulailah belajar membiasakan diri tidur dengan lampu padam agar kesehatan tubuh Anda tetap terjaga.

About Bas