Apa Penyebab dan Cara Mengatasi Leher Bergelambir (Double Chin)?!

Gelambir pada leher (double chin) merupakan lipatan lemak yang tampak di bagian bawah rahang. Kondisi ini tak hanya merusak penampilan, namun juga menjadikan wajah tampak kurang sehat, gemuk, serta bengkak.

Untungnya ada cara untuk mengatasi kondisi tersebut. Namun sebelumnya mari kita cari tahu dulu apa penyebab double chin itu.

Penyebab double chin

Faktanya, bahkan gadis muda yang bertubuh langsing sekalipun bisa memiliki double chin. Kalau ini yang terjadi, penyebabnya mungkin faktor genetik, dimana sudut antara garis leher dan dagu kecil saja. Di samping itu, masih ada penyebab leher bergelambir lainnya seperti:

  • Usia – perempuan usia 45 tahun ke atas biasanya paling berisiko karena pada umur ini, kulit telah kehilangan elastisitasnya (prosesnya disebut gravitational ptosis).
  • Berat badan berubah, baik bertambah maupun berkurang drastis.
  • Nutrisi yang tidak seimbang.
    .Kebiasaan buruk – contohnya sering bungkuk atau menunduk (ketika main HP misalnya).
  • Gangguan tidur – bantalnya terlalu tinggi.
  • Kehamilan.

Cara mengatasi double chin

leher bergelambir

https://www.priveaesthetics.com/blog/get-a-double-chin-reduction-today/

Setelah tahu penyebabnya, kini saatnya mencari tahu bagaimana cara mengatasi, atau paling tidak, meminimalisir double chin.

1. Senam wajah

Walau yang paling sederhana dan gratis, metode ini juga paling efektif lho. Melakukan senam wajah tak hanya memengaruhi kulit, tapi juga otot. Hasilnya bahkan langsung terlihat setelah 1 minggu berlatih (dengan konsisten tentunya).

  • Pertama-tama, sediakan buku tebal dengan cover tebal pula. Letakkan itu di atas kepala, kemudian berjalanlah selama 10 menit setiap hari. Seiring berjalannya waktu, ganti bukunya dengan yang lebih berat.
  • Bayangkan ada beban berat tergantung di rahang bawah. Cobalah untuk menahan itu dengan meregangkan otot-otot wajah sambil menjaga kepala tetap tegak. Ulangi hingga 5 kali.
  • Berikutnya, coba sentuh ujung hidung dengan lidah, dan setelahnya, usahakan menyentuh rahang bawah dengan lidah. Ulangi gerakan ini sebanyak 5 kali.
  • Buka mulut lebar, dan ‘tulis’ angka 8 sebesar mungkin menggunakan lidah, lakukan sebanyak 10 kali.
  • Letakkan kedua siku di meja, sandarkan dagu di atas kepalan tangan. Tekuk kepala ke depan namun tetap tahan tangan di wajah semaksimal mungkin.
  • Terakhir, kencangkan otot wajah dengan menggumamkan huruf vokal: “u” (seperti ketika membaca ‘sun’), “o” (pot), “ee” (see), dan “e” (bed).

2. Pijatan

Tak hanya efektif mengatasi leher bergelambir, pijatan juga melancarkan sirkulasi darah, mengencangkan otot wajah, serta membantu detoksifikasi kulit.

Sebelum melakukannya, cuci tangan dengan sabun dan keringkan benar. Oleskan krim, gel, minyak, atau madu alami di bagian bawah wajah. Perlahan gulirkan tangan (tak perlu terlalu ditekan) di sepanjang rahang bawah dengan arah dari cuping ke dagu. Lakukan juga ke arah sebaliknya. Setiap kali melakukannya, tingkatkan baik kecepatan maupun tekanannya.

Selanjutnya, ganti gerakan ‘meluncur’ tadi dengan tepukan, dan ‘menjewer’. Akhiri pijatan dengan usapan lembut.

3. Bantuan alat khusus

Kamu juga bisa menggunakan masker untuk mengencangkan leher bergelambir. Cukup campur 3 sdm clay (tanah liat) dengan air hangat, lalu oleskan ke area bergelambir 1-2 kali seminggu. Untuk yang kulitnya kering, coba tambahkan beberapa tetes minyak esensial sebagai pelembab.

Alternatif lain adalah dengan mengenakan bandage atau kerah servikal. Kedua alat ini tak hanya mampu mengencangkan otot, namun juga menghilangkan ketegangannya, menghaluskan permukaan kulit, serta memperbaiki serat otot.

4. Pilih baju yang tepat

Busana dengan kerah moderate (sedang) dapat mengalihkan perhatian dari leher bergelambir.

5. Optimalkan tatanan rambut

Tata rambut sedemikian rupa sehingga area leher terbuka. Jangan sampai ada helaian rambut dekat dagu, apalagi bila teksturnya keriting karena justru membuat double chin tampak seperti triple chin.

6. Samarkan dengan makeup

Cara alami terakhir adalah dengan ‘memahat’ wajah menggunakan makeup. Fokuslah pada area tulang pipi, pipi, dan mata. Kamu juga bisa mengalihkan perhatian dari dagu ke bibir yang dipolesi lipstik terang atau lip gloss.
Selamat mencoba kawan!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *