Kadangkala bukan hanya wajah saja yang ditumbuhi jerawat, melainkan bagian tubuh lainnya juga seperti punggung, bahu, dada, leher, lengan, bahkan kaki. Meski dapat ditutupi oleh pakaian, tapi keberadaan jerawat di area tersebut seringkali bikin tidak nyaman.

Karenanya daripada sekedar menutupinya saja, lebih baik kita cari tahu apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi jerawatnya.

Untuk itu, yuk perhatikan apa saja penyebab jerawat di bagian tubuh tertentu berikut, dan bagaimana pula cara mengatasinya (khususnya secara alami)?!

1.Punggung dan bahu

Munculnya jerawat di punggung dapat dipicu oleh gesekan antara kulit dengan tali ransel, atau baju berbahan sintetis yang terlalu ketat. Namun bila jerawatnya kecil-kecil dan merah, maka itu biasanya timbul karena kulit bereaksi dengan zat kimia dalam produk pembersih, entah itu sabun atau detergen. Penyebab jerawat di punggung dan bahu lainnya adalah terlalu banyak mengkonsumsi gorengan dan makanan berlemak.

Tentunya untuk mengatasinya, kamu harus meminimalisir penyebabnya tadi. Selain itu, jerawat semacam ini juga ampuh diatasi dengan mandi air garam seminggu sekali, atau bila tidak sempat, cukup seka kulit dengan larutan cuka apel (terdiri dari campuran 1 bagian cuka apel dan 2 bagian air).

2.Dada

Penyebab paling umum timbulnya jerawat di dada adalah karena reaksi alergi terhadap detergen atau sabun mandi. Walau demikian, minuman dingin, rempah-rempah tertentu, serta seafood juga dapat jadi pemicunya.

Cara mengatasi jerawat di area tersebut adalah dengan mencampurkan baking soda dan sedikit air sehingga terbentuk semacam bubur, lalu gosokkan itu ke kulit. Setelah itu, baru bilas dengan air hangat. Lakukan rutin hingga jerawatnya hilang.

3.Leher

Tak perlu galau jika mendadak muncul jerawat di leher. Kamu cukup menyekanya dengan cotton pad yang sudah direndam dalam air lemon atau jeruk nipis, diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Tapi ngomong-ngomong, apa saja sih penyebab jerawat di leher itu?! Pertama-tama adalah kerah baju yang terlalu ketat sehingga sering bergesekan dengan kulit. Kedua, bisa juga karena reaksi alergi terhadap sampo atau produk perawatan rambut lainnya. Terakhir, jerawat di leher juga dapat disebabkan keringat berlebih. Oleh karenanya, untuk mencegah munculnya jerawat di leher, hindarilah beberapa penyebab tadi.

4.Lengan

Gangguan pencernaan, reaksi alergi terhadap deterjen, serta efek penggunaan antibiotik, semua ini mampu memicu munculnya jerawat pada bagian lengan.

Di samping itu, jika kamu berenang, sauna, atau nge-gym, kamu mungkin pernah mengalami infeksi jamur yang meradang dan menyebabkan jerawat. Untuk jerawat akibat jamur tentunya dapat diatasi dengan bantuan krim anti-jamur.

Namun bila jerawatnya bukan karena jamur, maka itu dapat dihilangkan dengan mudah menggunakan air kentang. Cara mengatasinya cukup dengan menggosokkan potongan kentang ke area bermasalah, lalu 30 menit kemudian, bilas kulit sampai bersih.

5.Kaki

Kurangnya menjaga kebersihan, atau akibat pemakaian celana maupun stoking yang terlalu ketat (plus terbuat dari bahan sintetis), semua ini biasanya yang memicu jerawat di kaki. Meski begitu, jerawat di area tersebut juga bisa muncul setelah mencukur, terutama bila arah mencukurnya tadi berlawanan dengan arah pertumbuhan rambut, atau kalau pisau cukurnya tumpul.

Guna mengatasinya, coba tambahkan 5-6 tetes tea tree oil ke dalam shower gel, lalu mandilah seperti biasanya.

So, kawan, itulah tadi beberapa penyebab munculnya jerawat di area tubuh tertentu berikut cara alami mengatasinya. Semoga bermanfaat!