Saturday , October 24 2020

Apa Keuntungan dan Kerugian Diet Bebas Gluten?!

Belakangan ini, di pasaran memang marak beredar produk makanan bebas gluten. Sayangnya hanya sedikit yang paham tentang apa sebenarnya gluten itu, dan apa pula keuntungan serta kerugian mengkonsumsi makanan bebas gluten. Lebih dari itu, tak banyak yang tahu kalau sebenarnya makanan bebas gluten itu diperuntukkan bagi penderita penyakit celiac.

Apa itu gluten? Gluten merupakan protein alami yang terkandung dalam beberapa jenis bahan makanan, khususnya grain (padi-padian) seperti terigu, barley (jali-jali), gandum hitam, dan lain sebagainya. Fungsi gluten adalah sebagai pengikat sehingga tekstur makanan jadi elastis, contohnya seperti adonan donat.

Ketika memulai diet bebas gluten, penderitanya mungkin akan mengalami berbagai efek samping. Beberapa dianggap positif, namun tidak dengan lainnya.

Keuntungan diet bebas gluten

Berikut adalah beberapa keuntungan yang diperoleh saat menjalani diet bebas gluten:

Berat badan jadi ideal

Terlepas dari apakah kamu underweight atau overweight ketika didiagnosa menderita penyakit celiac, berat badan umumnya akan normal setelah memulai diet bebas gluten.

Ini artinya, penderita celiac yang sebelumnya underweight akan bertambah gemuk, yang obesitas atau overweight menjadi kurus, sedangkan yang berat badannya normal bakal tetap seperti itu. Asyik kan?!

Walau begitu, bila kamu kebanyakan ngemil snack bebas gluten (yang biasanya tinggi kalori dan rendah nutrisi), maka berat badan juga bisa tak terkendali karenanya. Jadi tetaplah hati-hati!

Intoleransi laktosa membaik

Mayoritas pasien yang baru didiagnosa celiac tidak mampu mencerna laktosa, gula yang terdapat dalam susu dan produk turunannya seperti es krim dan yogurt. Hal ini dikarenakan usus telah rusak (kondisi ini disebut atrofi vili) oleh penyakit tersebut.

Nah nanti bila atrofi vilinya sembuh, maka tubuh bakal mampu lagi menoleransi laktosa. Tentunya hal ini memerlukan proses, khususnya bila intoleransi laktosa sebelumnya sangat parah. Kamu tinggal mencoba sejumlah kecil susu/ produk turunannya sambil melihat bagaimana reaksi tubuh.

Gejala intoleransi laktosa lainnya adalah diare dan kembung. Dalam hal ini, kamu tinggal mengamati saja reaksi setelah mengonsumsi produk susu. Jika mengalami diare dan kembung, maka cobalah beralih ke produk susu bebas laktosa, terus amati lagi. Hal ini penting, mengingat susu merupakan salah satu sumber kalsium utama bagi tubuh.

Kerugian Diet Free-Gluten

Setelah melihat 2 keuntungan diet bebas gluten, sekarang waktunya menilik kerugiannya.

Tubuh jadi sensitif terhadap gluten

Setelah lama tidak makan gluten, tubuh biasanya jadi sensitif terhadap protein ini. Akibatnya, makan gluten misalnya tanpa sengaja sedikit saja, sudah menimbulkan gangguan perut seperti diare, konstipasi, sakit perut, asam lambung, kembung, hingga muntah.

Reaksi ini bisa dirasakan segera (dalam waktu 30 menit), atau keesokan harinya. Efek lainnya adalah kelelahan, nyeri sendiri, brain fog, hingga depresi.

Kurang serat

Karena padi-padian yang disebutkan di awal tadi merupakan salah satu sumber serat bagi tubuh, maka mengeliminasinya dari piring otomatis akan mengurangi asupan nutrisi penting tersebut. Nah, karena kebanyakan roti dan kue bebas gluten mengandung sedikit serat saja, maka timbullah efek lain yakni konstipasi.

Solusi untuk ini adalah dengan memperbanyak asupan sumber serat lainnya, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, buah segar, dan sayuran. Tapi jangan berlebihan juga agar sistem pencernaan tidak kembung karenanya.

Ancaman defisiensi vitamin B dan zat besi

Faktanya, makanan yang mengandung gluten itu kaya vitamin, khususnya B dan zat besi. Hal ini membuat penderita penyakit celiac rugi, mengingat kebanyakan produk bebas gluten tidak difortifikasi dengan tambahan mineral atau vitamin.

Oleh karenanya, seseorang harus benar-benar memerhatikan asupan vitamin B (thiamin, riboflavin, niasin, serta asam folat) dan zat besi supaya terhindar dari defisiensi. Jalan keluar untuk efek merugikan ini adalah:

  • Meningkatkan asupan buah segar dan sayuran (banyak kok yang mengandung vitamin B).
  • Membeli sereal bebas gluten yang sudah difortifikasi.
  • Minum suplemen tambahan.

Jadi itulah tadi sedikit informasi mengenai keuntungan dan kerugian diet bebas gluten. Semoga bermanfaat!

About megsaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *